Life

5 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Seiring perkembangan zaman, berbelanja melalui online shop semakin menjadi tren. Bagaimana tidak, online shop menawarkan beragam kemudahan dalam belanja dan efisiensi waktu. Berbelanja di onlie shop sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki waktu sempit seperti masyarakat perkotaan. Namun seiring menjamurnya online shop, tak sedikit pula kasus penipuan yang muncul dari online shop. Anda harus tetap berwaspada dalam berbelanja di online shop. Agar bisa belanja secara aman di online shop serta tidak tertipu, ada beberapa tips belanja online yang perlu diketahui. 5 tips di bawah ini bisa membantu Anda saat berbelanja online.

1. Pastikan barang sesuai dengan foto

Banyak pembeli yang merasa kecewa belanja di online shop karena barang yang didapat tidak sesuai dengan barang yang ada di dalam foto. Misalnya saja, warna tas yang ingin dibeli tidak sesuai dengan yang ada di foto karena efek cahaya. Sebaiknya sebelum memesan Anda harus benar-benar mengecek foto yang tertera di media sosial atau website online shop tersebut. Pastikan apakah foto di online shop tersebut asli atau sebaliknya. Kemudian cek juga apakah foto tersebut banyak editannya. Lebih baik lagi jika Anda langsung menanyakan kepada pembeli, berapa persen tingkat kecocokan barang asli dengan foto.

2. Pastikan harga dengan barang sesuai

Hal ini juga marak terjadi. Banyak penjual yang mengiming-iming pembeli melalui barang harga murah dengan kualitas yang tinggi. Jangan mudah percaya! Memang di online shop Anda akan sulit membedakan kualitas sebuah barang. Karena hanya ada sebuah foto yang bisa saja kenyataannya tidak sesuai. Agar tidak tertipu, jangan mudah percaya dengan bujuk rayu pembeli. Barang yang kualitasnya tinggi pasti dibanderol dengan harga yang cukup tinggi juga. Anda bisa membeli barang dengan harga yang rendah dulu, jangan yang terlalu mahal. Kecuali online shop tersebut benar-benar sudah terpercaya. Hal ini untuk meminimalisir rasa kecewa yang sering dirasakan pelanggan ketika belanja di online shop.

3. Mencari tahu kevalidan toko

Sebelum melakukan transaksi, Anda juga perlu mengenali toko tersebut terlebih dahulu untuk meminimalisir penipuan. Jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi. Anda bisa melihat kevalidan toko dari kejelasan nomor telepon, alamat, komunikasinya dengan pelanggan, dan testimoni. Namun Anda harus tetap berhati-hati, karena banyak online shop yang sering memasang testimoni palsu.

4. Memeriksa kembali pesanan

Jika Anda sudah yakin akan produk yang ingin dibeli, sebaiknya periksa kembali pesanan. Beberapa hal penting seperti nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor telepon harus tertulis dengan benar. Jangan sampai salah karena akan sangat berisiko. Selain itu, periksa kembali juga jenis dan ukuran barang yang dipesan agar tidak terjadi kesalahan pengiriman barang.

5. Menyimpan bukti transaksi

Setelah melakukan transaksi, sebaiknya Anda menyimpan bukti transaksi terlebih dahulu hingga barang sampai di tangan. Biasanya sering beberapa penjual ada yang menyatakan bahwa pembeli belum melakukan pembayaran, kesalahan pengiriman barang, dan masih banyak lainnya. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa menyimpan bukti-bukti transaksi pembelian seperti histori percakapan, tagihan invoice, dan resi transfer.

Kelima hal di atas sangat penting Anda perhatikan saat berbelanja online. Anda dituntut menjadi pembeli yang cerdas dan teliti ketika belanja di online shop. Happy shopping!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top