Life

5 Tips Membuat Rencana Harian

rencana harian atau To do list

5 Tips Membuat Rencana Harian – Manajemen waktu menjadi istilah yang tidak asing di telinga kita. Sebab, manajemen waktu itu sendiri sangat erat kaitannya dengan keseharian. Dengan kata lain, segala aktivitas perlu memiliki manajemen waktu yang baik. Hal ini menjadi penting karena ketika seseorang berhasil mengatur waktunya dengan baik, ia akan cenderung bekerja secara produktif. 

Namun, kamu yang membaca artikel ini tentu mengalami masalah dalam memanajemen waktu bukan? Tenang saja, kamu tidak sendiri. Sebenarnya, kemampuan manajemen waktu perlu dilatih. Hal ini disebabkan tidak semua orang dapat memanajemen waktu dengan baik. 

Salah satu caranya adalah dengan membuat rencana harian. Rencana harian merupakan daftar yang berisi kegiatan apa saja yang dijalankan dalam satu hari. Tujuannya agar hasil kegiatan dapat dilihat dan kamu menjadi lebih puas. Nah, supaya tidak bingung lagi, inilah tips membuat planning harian yang cocok kamu terapkan. 

1. Menentukan Goal Harian 

Goal merupakan hal terpenting bagi setiap orang. Dengan goal inilah hidup seseorang lebih terarah. Sebab, sebelumnya telah dilakukan perencanaan goal apa saja yang ingin dicapai. Agar semakin seru, yuk membuat goal harian dalam planningmu. Kalau kamu tidak punya goal, kamu akan bingung apa yang akan dilakukan dalam satu hari. 

Secara sederhananya, kamu cukup menentukan motivasi apa kamu di hari itu. Jangan sampai hidup tanpa motivasi ya. Sudah tentu kamu tidak memiliki semangat jika demikian. Nah, untuk menentukan goal, tentukan dulu yuk, motivasi apa yang mendasari tindakanmu? Dengan motivasi ini kamu dapat lebih tergerak karena ada keinginan yang mesti dicapai. 

2. Jangan Hanya Melihat Goal Harian Saja 

Loh, kalau menentukan goal itu penting, kenapa tidak boleh melihat goal harian? Bukankah hal ini selaras dengan daftar rencana harian yang akan disusun. Bukan begitu, maksudnya kamu harus melihat goal jangka panjang juga. Misalnya goal harian tersebut kamu akumulasikan dengan goal satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun. 

Dengan kata lain, goal harian seperti ini cocok dijadikan proses menuju goal jangka panjang. Ibaratnya kamu meniti langkah setiap harinya untuk mencapai tujuan di depan. Misalnya ketika dalam satu minggu kamu diharuskan untuk menyelesaikan 5 artikel. Berarti goal hariannya, minimal kamu menyelesaikan satu artikel dalam satu hari. Dengan begitu akan terjadi kesinambungan antargoal harian. 

3. Kategorikanlah Kegiatanmu dalam Membuat Rencana Harian

Terkadang, seseorang yang menetapkan goal harian terlalu fokus dengan pekerjaannya. Hal itu dapat dilihat dari cara ia bekerja. Misalnya karena terlalu padat, ia menetapkan jumlah kegiatan yang sangat banyak dalam satu hari. Alhasil, meskipun sudah diatur, jadwal tersebut kurang baik untuk kondisi fisiknya. 

Untuk itulah perlu diseimbangkan antara kegiatan untuk menyelesaikan tugas dengan waktu yang diberikan kepada diri sendiri. Contohnya istirahat, olahraga, dan refleksi diri. Waktu ini sangat penting dalam satu rangkaian padat pekerjaan. Dengan memerhatikan keperluan diri, ternyata setelah ini kamu lebih fokus lho! Sebab, selepas merefresh pikiran, seseorang cenderung kembali produktif. 

4. Plan Bersifat Fleksibel 

Dalam satu hari bisa saja terdapat kabar atau kegiatan tak terduga. Tiba-tiba saja ketika kamu telah memiliki jadwal, seseorang mengganggu jadwal tersebut. Contohnya ketika ada teman yang mengajak pergi ke mall. Tentu kamu tidak enak jika mau menolak bukan? Alhasil, jadwal harian harus kamu korbankan. 

Nah, hal tersebut menunjukkan bahwa rencana harian juga sifatnya fleksibel. Dengan kata lain, jika belum sesuai rencana, konsekuensinya kamu harus mengganti pada waktu yang lain. Misalnya ketika kamu diajak pergi ke mall waktu siang, akhirnya kamu harus mengganti jadwal harian yang terlewat tersebut, seperti menggantinya pada waktu malam hari. 

5. Bertahan dalam Keseimbangan 

Keseimbangan seperti apa ini? Biasanya keseimbangan hanya berkaitan dengan timbangan ya? Namun, pada keseimbangan kali ini maksudnya kamu harus seimbangkan jadwal kegiatanmu. Contohnya kegiatan yang lumayan berat dipadukan dengan kegiatan ringan. Ukuran ini ditentukan berdasarkan banyaknya tugas dan tingkat kesulitannya. 

Tujuannya agar kinerja kamu terus konsisten ya. Konsisten ini sangat penting untuk membangun keberlanjutan rencana harian yang kamu susun. Untuk konsisten itu susah lho! Akan tetapi, kamu selalu dapat belajar cara konsisten dengan mengambil tugas-tugas ringan dalam satu harinya. Setelah berhasil, imbangi dengan tugas berat yang mendorongmu untuk lebih bersemangat. 

Bentuk Planning Harian

Saat ini, kreativitas sangat membantu kamu untuk lebih bersemangat. Kamu dapat membuat rencana harian dengan menggunakan aplikasi seperti time table ataupun trello. Selain itu, tersedia banyak aplikasi lainnya yang dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan. Aplikasi tersebut sangat membantumu dalam membuat rencana harian. 

Pilihlah yang mudah kamu pahami. Selain dari segi tampilan konten, kamu juga bisa mengatur warna yang kamu inginkan. Sebisa mungkin pilihlah yang paling kamu suka. Tujuannya tak lain agar kamu selalu bersemangat ketika melihat daftar rencana tersebut. 

Selain Membuat Rencana Harian, Buatlah Goal Bulanan agar Lebih Seru 

Saat kamu sudah menikmati goal harian yang tercapai, tentu kamu merasa puas. Akhirnya, kamu ingin membuat goal-goal lain yang semakin mendukung produktivitasmu. Satu cara yang menarik dan lebih seru adalah membuat goal mingguan atau bulanan. Goal ini bisa kamu rancang setelah kamu berhasil melewati tahap pertama, goal harian. 

Dengan menyusun goal semacam ini, kamu dapat lebih tertantang. Menjalani hari-hari dengan produktif karena ada beragam goal yang ingin diwujudkan. Nah, kamu bisa mulai menceklis goal tersebut ketika satu per satu telah tercapai. Terdengar sangat menarik bukan? 

Siap mempraktikkan tips membuat rencana harian tersebut? Yuk berlatih memanajemen waktu dengan membuat rencana harian secara rutin. Jika kamu sudah berhasil, yuk ceritakan keseruan kamu dalam menjalani goal ini. Tulis di kolom komentar yaa 

To Top