Life

7 Fakta Unik Trenggiling, Hewan Dilindungi tapi Paling Banyak Diperdagangkan di Dunia

Fakta Unik Trenggiling

Ingin tahu apa saja fakta unik trenggiling? Simak daftarnya di bawah ini!

Trenggiling adalah mamalia terancam punah dan masuk dalam daftar merah badan internasional pelestarian alam IUCN. Setiap menit, satu ekor trenggiling diambil dari habitat aslinya, membuat mereka jadi mamalia yang paling banyak diperdagangkan secara ilegal.

Hewan ini sering diburu untuk diambil kulitnya karena dipercaya bisa digunakan sebagai obat. Bahkan, di beberapa wilayah Afrika, trenggiling dihidangkan sebagai sajian mewah.

7 Fakta Unik Trenggiling

Ada beberapa fakta unik trenggiling yang perlu kamu tahu untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian dalam melestarikannya. Simak, ya!

1. Memiliki 8 Spesies, Dua di Antaranya Terancam Punah

Dari delapan spesies trenggiling, empat di antaranya hidup di afrika dan sisanya di Asia. Seluruh spesies tersebut tengah menghadapi ancaman kepunahan karena perdagangan liar.

Trenggiling Sunda atau trenggiling Jawa yang tinggal di pedalaman hutan Indonesia pun tidak luput dari ancaman kepunahan. Bahkan, trenggiling Sunda adalah satu dari dua spesies trenggiling yang krisis menurut daftar merah IUCN. Sedangkan satu spesies kritis terancam punah lainnya yaitu trenggiling Cina yang pada tahun 1990 lalu sudah hampir punah.

2. Memiliki Sisik Keras untuk Melindungi Diri

Fakta unik trenggiling berikutnya yaitu sisiknya yang khas dan berfungsi untuk melindungi diri dari serangan predator. Saat terancam, mereka akan menggulung diri seperti bola. Sisik ini sangat keras sampai predator besar seperti harimau, macan tutul dan singa menyerah untuk memangsanya.

Lihat Juga: Orangutan, Habitat dan Fakta Uniknya

Ironisnya, kuatnya pertahanan diri mereka tak bisa melindunginya dari manusia. Posisi defensif hewan ini justru membuatnya lebih mudah ditangkap manusia.

Sisik keras trenggiling tersebut terbuat dari keratin. Ini menjadikan mereka sebagai satu-satunya mamalia seluruh tubuhnya ditutupi keratin. Sekitar 20% jumlah bobot tubuh trenggiling berasal dari sisik. Keratin adalah salah satu material yang membentuk kuku kita. Meski begitu, banyak orang yang meyakini bahwa sisik hewan ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Memiliki Lidah Lebih Panjang dari Tubuh

Trenggiling memiliki lidah panjang yang membantu mereka mengambil makanan yang ada di dalam tanah. Lidah panjang dan air liur lengket trenggiling berguna untuk mencapai isi sarang serangga atau semur. Biasanya, lidah mereka bisa menjulur hingga lebih dari 40 cm, melebihi panjang tubuhnya.

4. Seekor Trenggiling Bisa Memakan 73 Juta Semut Per Tahun

Fakta unik trenggiling lainnya yaitu hewan ini bisa menghabiskan 73 juta semut setiap tahunnya. Sebagai pemakan serangga, mereka berperan untuk mengendalikan populasi rayap. Menurut Discover Wildlife, seekor trenggiling mampu memakan 20.000 semut tiap harinya.

5. Menelan Kerikil untuk Membantu Pencernaan

Trenggiling tidak memiliki gigi, karena itu mereka menelan kerikil atau batu-batu kecil untuk membantu mencerna serangga dan semut di dalam perut. Proses pencernaan ini terjadi dalam sebuah organ khusus yang juga dibungkus oleh keratin.

Lihat Juga: 10 Mahluk Laut Dalam Yang Menakutkan

6. Memiliki Bau Hampir Sama dengan Sigung

Hewan dilindungi satu ini mempunyai kelenjar di dekat anus yang dapat mengeluarkan cairan berbau. Hampir sama seperti sigung, mereka juga menggunakan cairan tersebut untuk menandai wilayah atau mempertahankan diri.

6. Setiap 5 Menit Seekor Trenggiling Diambil Secara Ilegal

Komisi Keselamatan Spesies Pangolin IUCN menyebut, setiap lima menitnya seekor trenggiling diambil secara ilegal dari habitatnya. Hal ini menjadikan trenggiling sebagai mamalia yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Untuk melindunginya, komisi tersebut menyarankan agar tidak membeli produk apapun yang terbuat dari trenggiling.

Lihat Juga: 9 Jenis Lobster Langka Yang Pernah Ada Di Dunia

Itu dia tujuh fakta unik trenggiling. Sekarang, tugas kita untuk melindungi kelestarian alam. Tentu sangat disayangkan jika trenggiling harus punah karena ulah manusia, apalagi mereka juga hidup di hutan Indonesia. Yuk, bantu lindungi mereka!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top