Life

7 Hal Tentang Planet Jupiter yang Punya 79 Satelit

Fakta Planet Jupiter

Planet Jupiter merupakan planet gas didalamnya terdapat berbagai macam badai, apalagi pada lapisan atmosfernya.

Letak planet Jupiter yaitu di antara Mars dan Saturnus dan menjadi urutan kelima paling dekat dengan Matahari. Nama Jupiter diketahui diambil dari nama Dewa Jupiter dalam mitologi Romawi. Nah, berikut tujuh fakta tentangnya yang menarik untuk disimak.

1. Planet Terbesar di Tata Surya

Dengan diameter 142.984 km, Jupiter menjadi planet terbesar di tata surya. Ukuran tersebut sama dengan 11 kali Bumi. Mengutip Nasa Solar System Exploration, ukuran Jupiter dua kali lebih besar dari tujuh planet di tata surya jika digabungkan.

Karena ukurannya itu, membuatnya bisa dilihat dari Bumi meski letaknya berjauhan. Jupiter juga terlihat seperti bintang karena menjadi yang paling terang kedua setelah planet Venus.

Lihat JugaMuncul 19 Tahun Sekali, Fenomena Langka Konjungsi Agung Jupiter Saturnus

2. Hari Paling Pendek di Planet Jupiter

Di antara planet lainnya dalam tata surya, Jupiter memiliki hari paling pendek, yaitu hanya 9 jam 55 menit 30 detik menurut waktu Bumi.

Dapat disimpulkan bahwa setengah hari di Bumi sama dengan satu hari di Jupiter. Hal ini karena kecepatan orientasi Jupiter sebesar 12,6 km per detik.

3. Tidak Bisa Dipijak

Beda dengan Bumi, permukaan Jupiter tidak dapat dipijak. Sebab, Sebagian besar planet ini terbentuk dari cairan dan gas.

Jika berdiri di atas permukaannya, maka akan langsung terjatuh ke dalam inti planet. Karena jauh dari Matahari, permukaannya pun lebih dingin ketimbang Bumi.

Melansir NASA, suhu permukaan Jupiter yakni -145 derajat Celcius sementara suhu intinya mencapai 24.000 derajat Celcius yang artinya lebih panas dari permukaan Matahari.

4. Memiliki Banyak Satelit

Tercatat ada 79 satelit, 53 di antaranya sudah dikonfirmasi dan 26 sisanya hingga kini masih dipelajari.

Jika manusia dapat berdiri di permukaan Jupiter, makai a bisa melihat puluhan bulan di langit. Ini karena jumlah satelit di Planet Jupiter sangat banyak. Hal itu sama seperti saat manusia berada di Bumi, di mana kita bisa melihat satu bulan pada malam hari karena Bumi hanya punya satu satelit.

Lihat JugaSistem Tata Surya dan Susunan Planet

5. Pernah Melindungi Bumi

Jupiter adalah planet dengan gravitasi terkuat di tata surya. Dengan begitu, ia mampu merusak komet, meteorit hingga asteroid yang melintasinya.

Hal itu sangat menguntungkan planet di sekitarnya, termasuk Bumi. Seperti yang pernah terjadi pada tahun 1994 lalu, saat itu komet Shoemaker-Levy 9 diprediksi bakal menabrak Bumi.

Namun belum sampai mendekati Bumi, komet ini sudah lebih dulu melintasi Jupiter yang kemudian komet tersebut tertarik ke planet terbesar ini. Akhirnya, komet ini pun menabrak Jupiter.

6. Waktu Revolusi Lebih Lama

Meski rotasinya lebih cepat, Jupiter ternyata memiliki waktu revolusi lebih lama dari bumi. Revolusi merupakan waktu yang dibutuhkan sebuah planet untuk mengelilingi Matahari dalam orbitnya. Revolusi bisa dikatakan waktu satu tahun dari planet tersebut.

Untuk berevolusi, Jupiter perlu waktu 11,8 tahun waktu bumi. Hal ini karena jaraknya yang lebih jauh dengan Matahari.

7. Memiliki Cincin

Selama ini kita mengira kalau planet bercincin hanyalah Saturnus. Padahal sebetulnya planet Jupiter juga dikelilingi cincin.

Cincin pada Jupiter memang tidak sebesar Saturnus karena berasal dari sisa material satelit yang mengorbitnya.

Lihat JugaKenapa Matahari Menjadi Pusat Tata Surya?

Cincin Jupiter terbagi jadi tiga bagian. Bagian terdalam disebut halo, bagian tengah yang merupakan paling terang dan paling luar Bernama gossamer ring. Cincin ini membentang hingga 225.000 km dari planet dengan ketebalan 2.000-12.500 km.

Nah, bagaimana menurutmu tentang 7 fakta planet Jupiter di atas?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top