Life

7 Kebiasaan Sehari-hari Orang Kaya, Nomor 7 Jarang Dilakukan Orang Indonesia!

7 Kebiasaan Sehari-hari Orang Kaya

Masih suka kepo dan bertanya-tanya apa rahasia sukses orang-orang kaya? Mulai dari faktor pendorong sukses kamu ikuti, sampai dengan kebiasaan sehari-hari kamu cari-cari. Lantas bagaimana hasilnya? Mungkin kamu belum menemukan deretan habit berikut.  

Kebiasaan berikut terlihat sederhana tetapi jika dilakukan secara rutin akan membawa dampak yang luar biasa. Apa saja ya? Yuk disimak! 

1. Mempertahankan ketenangan diri 

Jika kamu ingin tahu cara menjadi kaya, mulailah dengan belajar mengendalikan emosi. Dilansir dari certified finansial planner dan CPA tom corley yang mewawancarai 128 orang miskin dan 233 orang kaya, sejak Maret 2004-Maret 2007, kemudian dituangkan dalam buku “Rich Habits”. 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa mempertahankan ketenangan diri adalah kebiasaan sehari-hari orang kaya. Ketenangan diri ini sangat penting untuk mampu mengontrol emosi dan menjadi kontrol diri.  

Baca Juga : Cara Sukses Meski Tak Berpendidikan Tinggi

Siapa pun yang memiliki kontrol diri yang baik, ia akan mudah mengendalikan dirinya dalam menghadapi situasi sekitar. Meskipun kondisi sedang tidak baik, mindsetnya selalu mengarah pada pikiran-pikiran positif. Nah seperti itulah bentuk ketenangan diri yang menjadi kebiasaan sehari-hari orang kaya. 

2. Merancang goal dengan baik 

Mencari tahu bagaimana menjadi kaya tidak terlepas dari merancang goal hidup kamu dan berpegang teguh pada hal itu. Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan bukan? 

Peran planning goal ini sangat penting untuk mendukung pencapaian tujuan kita. Jika kita tidak merencanakan dengan baik, hidup kita seperti tidak terarah dan hanya mengikuti waktu bak air mengalir saja. 

Sebagai calon orang sukses, kamu tidak boleh demikian. Kamu sudah harus memiliki tujuan yang jelas. Dalam lima tahun ke depan, kamu akan menjadi seperti apa? Sebenarnya kamu saat ini sangat mempengaruhi dirimu di masa depan. Setuju bukan?

3. Mengatur jadwal harian dengan baik 

Dalam buku “Rich Habits”, Corley mengemukakan temuan lainnya, yaitu membuat daftar pekerjaan harian adalah salah satu kebiasaan utama orang kaya. Faktanya 81% orang kaya memiliki daftar rencana harian jika dibandingkan dengan 19% orang miskin. 

Jika kamu ingin meniru habit seperti ini, mulailah menyusun jadwal harian. Tetapkan dahulu target harian yang ingin kamu capai. Perhatikan bahwa target harus realistis dan 80% mampu kamu selesaikan pada hari itu. 

Jangan sampai membuat jadwal terlalu banyak hingga memberatkan dirimu sendiri. Jadwal yang berat tersebut bisa membuatmu mudah lelah dan gampang sakit. Alhasil keesokan harinya kamu memiliki performa yang kurang baik dalam menjalani jadwal kamu selanjutnya. 

Prioritaskan jadwal harian yang telah kamu rancang kemudian tetapkan waktu untuk mengatasinya. Ketika hari berlalu, evaluasi daftar tugas. Hal ini akan memaksa dirimu lebih perhitungan lagi. 

4. Memperluas relasi/networking 

Relasi atau networking adalah salah satu rahasia jutawan teratas untuk sukses. Corley dalam bukunya mengungkap 79% orang kaya memiliki waktu untuk memperkuat relasi mereka setidaknya lima jam setiap bulannya. 

Untuk memperluas relasi kamu bisa menghubungi teman-teman sekolah, baik sekolah menengah maupun saat kuliah untuk dapat terhubung sebagai rekan kerja atau relasi lainnya. Bisa jadi mereka menjadi kontak yang berharga untukmu. 

Bayangkan jika kamu memiliki relasi yang luas, tentu kamu bisa dengan mudah bekerja sama dalam setiap bidang yang kamu butuhkan. Nah hal itulah yang mendukung kesuksesanmu nanti. Jangan pernah mengabaikan relasi ya! 

5. Mereka tahu kapan berhenti bekerja 

Menurut Murray Newlands, seorang pengusaha sekaligus penulis, kebiasaan orang kaya adalah mereka mengetahui kapan waktunya untuk berhenti bekerja. Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa lebih lama bekerja, hasil yang didapat pun semakin banyak. 

Sayangnya hal ini bukan menjadi orientasi mereka. Orang kaya tahu kapan harus berhenti bekerja. Lanjut Murray, “berhentilah bekerja pada jam 5 atau 6 malam dan jangan lakukan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan sampai pada hari berikutnya. 

Recharging pikiran dan tubuh adalah kebiasaan orang kaya. Namun tenang saja, kalau kamu ingin menirunya, tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal kok. Cukuo dengan istirahat yang cukup kamu bisa menemukan kembali kesegaran pikiran. 

6. Menerapkan pola hidup sehat 

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya apa saja yang dimakan oleh orang kaya? Apa mereka mengonsumsi makanan dengan harga yang mahal? Belum tentu demikian ya sob. 

Makan sehat menjadi kebiasaan banyak jutawan. Salah satunya ada kisah dari Tony Robbins, seorang pengusaha, penulis, dan ahli strategis bisnis. Dia selalu menerapkan pola hidup sehat, tanpa alkohol, nikotin, kafein, dan obat-obatan lainnya. 

Sekadar informasi, Business Insider mengungkapkan Robbins makan telur dan roti kelapa saat sarapan, salad hijau besar dengan alpukat ketika makan siang, dan protein organik bersih dengan kentang dan sayuran untuk makan malam. 

Intinya menjaga pola hidup sehat sangat penting. Jangan lupa selain makan makanan bergizi kamu juga harus rajin olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh ya. 

7. Para Jutawan Sadar Berinvestasi 

Berinvestasi masih terdengar asing di telinga kita, apalagi investasi saham bukan? Data terbaru dari Stockbit menunjukkan hanya 1,6 juta masyarakat Indonesia yang sudah memiliki SID (Single Investor Identification). Dari total investor saham tersebut baru mencapai 0,33 persen dari total penduduk Indonesia. 

Padahal saham merupakan instrumen investasi yang dibeli oleh kebanyakan orang kaya. Sebab mereka memahami pentingnya investasi demi mempertahankan kesuksesan mereka. Bahkan investasi dapat dikatakan sebagai kerja keras mereka yang digandakan. 

Dalam jangka panjang peran investasi sangat besar dalam mempengaruhi arus kekayaan seseorang. Kalau kamu ingin bertambah kaya, cobalah jalur investasi terpecaya, jangan asal investasi saja. 

To Top