Life

Yang Manakah Kamu dari 7 Tipe Pelajar Ini?

Sudah hampir pertengahan tahun, itu artinya sebentar lagi tahun ajaran baru akan dimulai dan semua pelajar di seluruh Indonesia pasti sudah mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi ujian, baik ujian kenaikan kelas atau ujian kelulusan. Tahukan kamu bahwa dengan mengetahui tipe pelajar seperti apa dirimu akan dapat membantu menyerap pelajaran dengan lebih baik? Oleh karena itu coba pelajari 7 tipe pelajar berikut ini dan metode belajar seperti apa yang paling tepat untuk masing-masing tipe, temukan tipe yang manakah kamu?

  1. Visual – Spatial

Tipe pelajar seperti ini akan lebih suka menggunakan gambar, foto atau bentuk dalam memahami sesuatu.

Metode Belajar:

Jika kamu adalah tipe visual maka cobalah belajar dengan menggunakan metode pewarnaan, gambaran, diagram. Orang yang memiliki tipe ini biasanya lebih suka menghighlight materi-materi penting di buku pelajaran mereka dengan warna-warna cerah karena dengan begitu mereka lebih mudah mengingatnya nanti.

  1. Aural – Audio dan Musik

Tipe pelajar aural adalah tipe pelajar yang lebih gampang menyerap pelajaran jika disampaikan lewat media audio atau suara.

Metode Belajar:

Yang unik dari pelajar tipe aural adalah mereka lebih mudah mengingat informasi jika terasosiasi dengan suara. Cobalah membuat hapalan-hapalan yang digabungkan dengan lagu-lagu berirama.

  1. Verbal – Linguistik

Tipe verbal adalah tipe pelajar yang lebih suka belajar melalui media verbal dalam bentuk kata-kata baik dalam bentuk perkataan ataupun tulisan.

Metode Belajar:

Metode belajar secara verbal mungkin yang paling sering digunakan karena memang paling mudah diterapkan tapi tidak semua orang bisa dengan mudah mengaplikasikannya. Pelajar dengan tipe ini bisa menghapal dan mempelajari sesuatu dengan mudah hanya dengan membacanya kuat-kuat agar bisa mereka ingat.

  1. Fisikal – Kinestetik

Tipe pelajar fisikal akan lebih mudah memahami pelajari jika materi disampaikan dengan bahasa tubuh terutama tangan.

Metode Belajar:

Metode fisikal lebih sering diterapkan pada bidang pelajaran yang membutuhkan praktik langsung misalnya teknik mesin dimana akan lebih mudah dipelajari jika langsung melihat seorang ahli mesin bekerja dengan mesin-mesin mereka.

  1. Logikal – Matematis

Seorang pelajar tipe logikal lebih suka mempelajari hal yang bisa menggunakan logika dan memiliki sistem yang jelas.

Metode Belajar:

Jika kamu suka matematika kemungkinan besar kamu adalah tipe logikal karena sistem matematika di seluruh dunia sama, tidak akan berubah dan bisa dibuktikan secara logis. Namun tentunya kamu tak hanya sekedar belajar matematika saja tapi tidak perlu khawatir, metode ini juga bisa diterapkan di mata pelajaran lain dengan menggunakan sistem daftar atau statistik.

  1. Sosial – Interpersonal

Tipe pelajar sosial adalah jenis pelajar yang lebih suka belajar dalam tim atau kelompok.

Metode Belajar:

Sangat mudah mengenali tipe pelajar ini. Jika kamu merasa sulit belajar sendiri cobalah belajar dalam kelompok, jika kamu bisa lebih mudah memahami suatu materi pelajaran jika belajar dalam kelompok maka kamu adalah tipe pelajar sosial. Cobalah bentuk kelompok belajar bersama teman-temanmu yang memiliki tujuan yang sama.

  1. Solitari – Intrapersonal

Kebalikan dari tipe pelajar sosial atau interpersonal, tipe pelajar solitari lebih suka belajar atau bekerja sendiri dibandingkan dalam kelompok atau grup belajar.

Metode Belajar:

Tipe pelajar ini bisa belajar dimana saja karena mereka lebih suka bekerja dan belajar sendiri. Namun yang sulit dari tipe ini adalah menentukan tujuan dan fokus karena semua bergantung pada diri sendiri, jika kamu adalah tipe yang mudah teralihkan perhatiannya, cobalah membuat target yang akan membawamu kembali ke jalur yang seharusnya kamu ambil.

Menggunakan metode belajar yang tepat akan membuatmu belajar dan memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Oleh karena itu cobalah bertanya pada dirimu sendiri tipe pelajar yang manakah kamu dari 7 tipe pelajar di atas?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top