Life

Masih Suka Grogi di Depan Umum? Coba 7 Tips Ampuh Atasi Nervous Berikut Yuk!

tips ampuh atasi nervous

Tips Ampuh Atasi Nervous – Hayo siapa yang meskipun melakukan aktivitas online tetapi masih sering grogi ketika berbicara di depan orang banyak? Eiits maksudnya selama pandemi ini berbicara di depan layar ya. 

Namun sejatinya aktivitas online seperti ini cukup mendukung para introvert untuk berkembang. Meskipun demikian, masih ada sebagian dari mereka yang takut untuk maju, takut mengemukakan pendapat di muka umum. Alhasil, ketika diminta berpendapat, mereka cenderung grogi dan bisa keringat dingin ya?  

Tenang, semuanya bisa dipelajari kok. Karena skill public speaking atau kemampuan berbicara di depan orang banyak adalah hal yang sangat penting, kamu tidak boleh mengabaikan tips berikut. Yuk disimak! 

1. Aturlah Napasmu agar Kamu Lebih Tenang 

Pertama, tips ampuh atasi nervous yang harus kamu terapkan adalah mengatur napas. Ketika kamu grogi satu hal yang menjadikanmu tenang adalah dirimu sendiri. Untuk itu kamu perlu mengatur kondisi fisikmu agar tetap tenang. 

Biasanya ketika kamu grogi misalnya saat akan tampil di panggung, orang di sekitar memberikan saran untuk menarik napas dalam-dalam. Ternyata hal ini terbukti membuatmu lebih tenang dibandingkan sebelumnya. 

Nah sebagai tambahan, kamu juga bisa menyiapkan minum agar lebih memiliki kendali diri. Selain itu, tegukan air putih membuat kamu lebih fokus. Hal ini penting dilakukan karena ketika kamu nervous, kamu cenderung blank dan sulit mengingat apa yang sudah kamu persiapkan. 

2. Biasakan Berpikir Positif 

Selanjutnya, aturlah pikiranmu. Kamu tentu sudah tahu kalau segala sesuatu berawal dari pikiran bukan? Sebuah pepatah Yunani mengatakan bahwa “jika kamu berpikir kamu bisa, kamu pasti bisa”, pun sebaliknya. 

Maka dari itu, tips ampuh atasi nervous adalah menata ulang pikiranmu. Coba identifikasi dahulu apa yang membuatmu grogi. Biasanya hal ini disebabkan oleh pikiran yang membayangkan hal-hal buruk yang sebenarnya belum tentu terjadi. 

Baca Juga : Penyebab dan Cara Menghilangkan Berpikir Negatif

Atau grogi juga bisa karena takut pada sesuatu yang terjadi di depan. Padahal kalau kita sudah mempersiapkan diri, yakinlah bahwa diri kita bisa. Nah yuk mulai tanamkan kalimat-kalimat positif pada dirimu, terutama ketika kamu akan menghadapi suatu hal besar. Jangan grogi, kamu hebat, kamu pasti bisa. Begitu contoh kalimatnya guys, afirmasikan selalu ya! 

3. Jangan Lupa Membaca Doa Sebelum Berkegiatan 

Nah setelah berbicara tips ampuh atasi nervous dengan memberikan asupan positif pada pikiran, yang tidak kalah penting adalah afirmasi melalui doa. Sebagian besar dari kita tentu meyakini kekuatan doa itu sangat besar. 

Bisa jadi kamu kurang persiapan tetapi akhirnya kamu berhasil. Hal ini bisa karena banyak orang-orang yang mendoakan kesuksesanmu, atau bahkan kamu sendiri yang terus berdoa. Oleh karenanya, selalulah membaca doa sebelum melakukan kegiatan. 

4. Becanda Sedikit untuk Mengurangi Rasa Grogi 

Eits ternyata untuk mengatasi rasa nervous atau grogi tidak hanya tentang bagaimana tips mengatasinya secara serius. Ada juga tips untuk becanda dengan teman di sekitarmu. Biasanya ketika kamu sudah tertawa, kamu akan merasa rileks dan lebih santai. 

Cara ini cukup manjur untuk menghilangkan sementara pikiranmu yang berfokus pada grogi tersebut. Cobalah mengobrol dengan teman agar lebih tenang juga. Selain itu, kamu bisa membahas topik lain yang ringan sehingga kamu lupa dengan nervous yang kamu rasakan sekarang. 

Meskipun begitu, becanda atau mengobrolnya jangan terlalu berlebihan ya. Tahukah kamu kalau becanda berlebihan kamu bisa kehilangan hafalan lho! Nah ini yang sering dihindari oleh para pelajar ketika akan menghadapi ujian. Ingat, fokus tapi tetap santai. 

5. Menyibukkan Diri dengan Menyanyi Sesuka Hati 

Selain sedikit becanda, melakukan hal yang kamu sukai tanpa harus berpikir panjang dapat menjadi salah satu tips ampuh atasi nervous lho! Contohnya ketika kamu memang gemar menyanyi, cobalah hilangkan rasa grogimu dengan sedikit alunan nada. 

Biasanya seorang yang senang menyanyi akan lebih enjoy ketika dirinya sedang melakukan hobi tersebut. Selain itu, dari sisi musik sendiri, ternyata musik terbukti menenangkan lho! Buktinya banyak orang yang mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik atau sengaja mencari hiburan dengan bermusik.  

6. Tetap Percaya Diri 

Untuk mengatasi grogi yang berlebihan, cobalah tetap percaya pada dirimu. Yakinlah bahwa kamu bisa melakukannya. Toh kamu sudah menyiapkan diri dengan baik bukan? Berhenti berpikir bahwa kamu tidak dapat melakukannya. Sebaliknya, mulailah menatap ke depan dengan penuh rasa optimis. 

Ingat, banyak pihak yang mendukung kamu. Jadi, kamu harus percaya diri dan yakin bahwa kamu bisa menghadapi hari ini. Satu lagi, ingatlah selalu bahwa segala hal akan berlalu, segalanya akan baik-baik saja. 

7. Persiapan Matang dan Lakukan Simulasi 

Agar kamu lebih tenang dan dapat mengatasi nervous yang sebenarnya merupakan hal yang wajar, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan matang. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi kesalahan yang mungkin terjadi. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan simulasi kegiatan yang akan kamu lakukan. Simulasi ini cukup memberikan gambaran nyata kejadian yang sudah kita rencanakan. Jangan lupa juga untuk memikirkan kondisi-kondisi terburuk sehingga kamu sudah tahu cara menyelesaikannya. 

Nah itulah tujuh tips ampuh atasi nervous. Gugup, grogi, atau nervous merupakan hal yang wajar. Namun kamu perlu mengatasinya agar tidak terjadi secara berlebihan. Selalu percaya pada diri sendiri dan jangan lupa terapkan tipsnya guys! 

To Top