8 Alasan Pentingnya Family Time

Pada era yang serba digital seperti saat ini, ternyata tidak selalu menimbulkan dampak positif di berbagai bidang. Misalnya mengenai keluarga. Zaman kecanggihan seperti sekarang bisa mengurangi interaksi atau kedekatan antaranggota keluarga. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menyadari pentingnya family time.

Tidak sedikit keluarga yang terkena dampak negatif dunia modernisasi tersebut. Contohnya saja seperti kurangnya kedekatan antaranggota keluarga. Dapat dipastikan, hal ini bisa menimbulkan dampak negatif dan bisa masuk ke kategori berbahaya jika dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Hal ini diungkapkan oleh seorang penulis dari Amerika, Gary Demonte Chapman. Ia mengungkapkan dalam salah satu bahasa terpenting dalam kehidupan berkeluarga adalah waktu. Hal ini Gary ungkapkan dalam salah satu serialnya berjudul “5 Bahasa Kasih”.

Menjadikan sebuah hubungan keluarga tetap akur dan rukun memerlukan usaha yang tidak mudah. Bukan hanya sekadar menyisihkan waktu guna saling berkomunikasi, tetapi lebih dari itu. Seperti melakukan aktivitas bersama sekeluarga merupakan kunci sukses keluarga yang rukun.

Dalam sebuah keluarga, menyisihkan sedikit waktu guna saling bercakap-cakap di tengah padatnya aktivitas memanglah tidak mudah. Akan tetapi, waktu bersama keluarga atau yang akrab disebut “Family Time” merupakan kebiasaan yang wajib dan rutin dilakukan.

Seorang psikolog dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengungkapkan pandangannya tentang family time. Ia menuturkan pendapatnya dalam acara peluncuran “I Klop U”. Ia mengatakan bahwasanya family time merupakan waktu yang dihabiskan bersama dengan anggota keluarga.

Pada saat ini, semua anggota keluarga secara kompak melakukan suatu aktivitas interaktif yang menyenangkan dan menimbulkan kesan istimewa. Oleh karena itu, waktu keluarga merupakan kunci utama terciptanya keluarga yang rukun. Berikut 8 alasan pentingnya family time. Yuk disimak!

Baca Juga : Memelihara kedekatan Keluarga dengan sifat kekeluargaan

Family Time

1. Meningkatkan Tingkat Bahagia Keluarga

Alasan yang pertama yaitu family time dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan kebahagiaan. Tingkat bahagia ini dirasakan oleh setiap anggota keluarga, khususnya anak. Mereka setidaknya akan merasa mendapatkan rasa kasih sayang yang tulus dari orang tua. Hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Banyak sekali bentuk family time yang bisa kita lakukan. Misalnya saja seperti makan bersama, melakukan piknik, hingga bermain bersama. Hal ini tidak harus dilakukan setiap saat. Setidaknya luangkan waktu minimal satu minggu sekali untuk berkumpul dengan keluarga. Alhasil, hal-hal positif selalu menaungi hubungan antaranggota keluarga.

2. Menciptakan Ikatan yang Kuat Antar Anggota Keluarga

Alasan berikutnya mengapa family time sangat penting yaitu karena kita bisa mempererat hubungan antaranggota keluarga. Hal ini family time bisa membuat hidup kita lebih bahagia.

Selain itu, fakta mengungkapkan bahwa ternyata keluarga merupakan tempat pertama yang akan kita datangi ketika bermasalah. Maka tidak heran jika ikatan baik antaranggota keluarga merupakan suatu hal yang sangat penting.

3. Inilah Pentingnya Family Time, Perhatian Orang Tua ke Anak Sangat Terasa

Family time merupakan salah satu bentuk perhatian orang tua ke anak mereka. Sebaliknya, anak pun akan mempunyai mindset bahwa momen saat family time sebagai bentuk perhatian dan wujud kasih sayang orang tua mereka.

Apalagi jika kedua orang tua mereka mempunyai kesibukan dalam pekerjaan setiap harinya. Oleh karena itu, menyisihkan waktu untuk keluarga pasti akan memberikan dampak positif ke anak. Perhatian yang diberikan saat family time akan menjadi kenangan terindah karena kualitas interaksi yang terjadi cukup bagus.

4. Mengajarkan Pelajaran Hidup ke Anak

Berperan sebagai orang tua tak hanya sekadar memberikan makan dan minum saja. Akan tetapi, memberikan pelajaran hidup ke anak merupakan salah satu kewajiban. Jika para orang tua tidak mengajari anaknya tentang hal ini, mungkin mereka akan belajar di tempat lain yang belum tentu benar.

Hal ini merupakan salah satu tugas orang tua, bukan orang lain. Yakni mempunyai tugas untuk menuntun anak ke jalan yang benar. Selain itu, orang tua juga harus memberikan pelajaran hidup ke anak agar kelak tidak menempuh jalan yang salah.

5. Menghilangkan Stres dan Tekanan

Canda dan tawa adalah suatu hal yang pasti terjadi saat kita melakukan family time. Hal Ini sangat bermanfaat untuk setiap anggota keluarga. Apalagi jika mereka mempunyai banyak tekanan di lingkungan lain. Misalnya seperti di lingkungan kerja atau sekolah.

Bagi orang tua, bisa melihat canda dan tawa anak pasti akan menimbulkan suatu kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Canda dan tawa yang terjadi saat family time juga akan mempunyai “rasa” yang sangat berbeda dibandingkan saat menjalani kegiatan sehari-hari.

6. Waktu yang Tepat untuk Saling Bercerita

Setiap anggota keluarga pasti mempunyai unek-unek atau cerita menarik saat menjalani kegiatan sehari-harinya. Cerita itu bisa tentang keluarga, sekolah, kerja, ataupun tentang dunia luar.

Nah, di sinilah pentingnya family time karena bisa menjadi wadah bagi anggota keluarga untuk saling berbagi cerita. Baik itu yang bersifat positif ataupun negatif. Family time merupakan waktu yang sangat pas untuk melakukan hal tersebut. Hal ini bisa membuat kita belajar untuk lebih terbuka pada anggota keluarga yang lain.

7. Belajar untuk Menerima Perbedaan

Sangat penting bagi kita untuk mempunyai rasa menghargai, mendorong, dan menghormati perbedaan antaranggota keluarga. Kita pastinya tahu bahwa setiap orang istimewa dengan cara mereka sendiri.

Biarkan anggota keluarga bersemangat dengan kepentingan pribadinya. Selain itu, kita harus menunjukkan rasa toleransi kepada mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan jangan memaksa anggota keluarga yang lain untuk menjadi seperti diri kita. Biarkan mereka bangga bisa menjadi diri mereka yang sebenarnya.

8. Pentingnya Family Time Bisa Mengetahui Perubahan yang Terjadi pada Anak

Rutin melakukan family time, setidaknya satu minggu sekali. Hal ini tentu mempunyai dampak positif. Di saat inilah orang tua bisa memperhatikan perubahan apa saja yang terjadi pada anak kita.

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya anak-anak yang sedang akan atau sedang ada di masa pubertas biasanya mempunyai banyak rahasia sendiri. Jika orang tua merasa ada perubahan ke arah yang negatif, maka sebaiknya sedini mungkin kita bisa mencegahnya. Alhasil, orang tua tidak akan terkejut dengan perubahan yang terjadi pada mereka.

This website uses cookies.