Life

9 Cara Menghilangkan Kantuk

Rasa kantuk cukup menganggu apabila datang pada waktu yang tidak tepat seperti saat sedang bekerja, belajar atau berkendara. Tubuh menjadi lemas dan pikiran tidak dapat berkonsentrasi. Akibatnya aktivitas terganggu dan itu cukup merugikan. Bila Anda ingin menghilangkan rasa kantuk yang melanda Anda, cobalah cara-cara berikut.

Mendengarkan Musik

Musik, seberapa besar pun volume-nya dan bagaimanapun temponya, berpengaruh besar dalam mengubah keadaan emosi dalam pikiran kita. Musik dapat meningkatkan energi Anda. Jika Anda terserang kantuk dan ingin segar kembali, cobalah nyalakan musik dalam playlist Anda untuk membantu Anda menghilangkan kantuk tersebut.

Latihan Pernapasan

Penyebab utama rasa kantuk adalah kurangnya asupan oksigen ke otak. Itulah mengapa, ketika Anda merasa lelah dan stres, Anda merasa mengantuk karena biasanya kita memang tidak melakukan pernapasan dengan baik ketika berada dalam dua kondisi tersebut. Jadi, jika Anda mengantuk, cobalah bernapas dengan benar. Cara bernapas yang benar adalah, menghirup dalam-dalam udara melalui hidung dan embuskan napas dari mulut secara perlahan dan rileks. Ulangi selama satu menit untuk membantu otak Anda mendapatkan oksigen yang cukup.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

Omega 3 merupakan deretan teratas dari daftar menu makanan yang dapat membuat Anda tetap berenergi. Ikan salmon dikenal sebagai makanan yang paling banyak mengandung omega 3. Jadi, mulailah memasukkan ikan salmon ke dalam menu makan siang Anda untuk membantu menghilangkan rasa kantuk saat sedang belajar atau bekerja. Atau, jika Anda tidak ingin bosan mengonsumsi ikan salmon setiap hari, Anda bisa mencoba meminum suplemen minyak ikan baik dalam kondisi tablet maupun liquid.

Mandi Atau Basuh Wajah Dengan Air Dingin

Cobalah mandi atau cukup basuh wajah Anda menggunakan air dingin ketika tubuh Anda lemas karena mengantuk. Reaksi tubuh dan pikiran Anda terhadap siraman air dingin dapat membantu aliran sirkulasi darah ke otak lebih lancar dan Anda dapat lebih berkonsentrasi dari kondisi Anda sebelumnya saat mengantuk. Sering ya, kita melihat adegan film seseorang disiram seember air ketika tidur dan sulit dibangunkan? Hal itu ternyata memang ampuh untuk menghilangkan kantuk seseorang.

Mengonsumsi Makanan Berserat

Setelah makanan tercerna, kandungan dalam makanan tersebut akan langsung melepaskan energi ke dalam tubuh Anda. Sementara, tubuh membutuhkan waktu sangat lama untuk membuat serat tercerna sempurna. Jadi, ketika Anda mengonsumsi serat, tubuh akan secara perlahan mencernanya dan energi dihasilkan akan keluar sedikit demi sedikit. Hal ini membantu tubuh Anda tetap memiliki pasokan energi seharian. Mengonsumsi makanan berserat, tubuh jadi lebih berenergi dan rasa kantuk tidak akan menghampiri.

Tidur Selama 20 Menit

Ya, Anda tidak salah membaca. Ketika Anda mengantuk pada siang hari dan pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda beristirahat lama, maka cukuplah Anda tidur selama 20 menit saja. Jika tidur siang yang terlalu lama dapat mengganggu kualitas tidur Anda di malam hari, maka beda halnya dengan tidur siang selama 20 menit. Tidur siang selama 20 menit dapat membantu memulihkan konsentrasi Anda. 20 menit adalah waktu yang cukup untuk tubuh Anda melepaskan stres dari kelelahan yang dapat menyebabkan rasa kantuk.

Mengonsumsi Magnesium

Tubuh lemas dan rasa kantuk yang berlebih dapat disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Sementara itu, magnesium mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Jika Anda kesulitan mengatur konsumsi magnesium dalam menu makanan keseharian Anda, cobalah mengonsumsi magnesium dalam bentuk suplemen yang banyak dijual di apotek.

Kurangi Stres

Lelah menjadi penyebab utama tubuh Anda terserang kantuk. Jika Anda stres, Anda akan mudah merasa lelah dan hal itu memicu timbulnya rasa kantuk.  Cobalah kurangi stres agar tubuh Anda tetap fokus dan bertenaga. Melatih pernapasan dengan cara yang sudah dipaparkan di atas mungkin dapat membantu mengurangi stres.

Hindari Lingkungan Sekitar Yang Terlalu Nyaman

Jika di atas kita banyak mengetahui bahwa tubuh bisa mengalami rasa kantuk karena kelelahan dan stres, maka begitupun halnya dengan tubuh yang merasa nyaman. Sofa yang empuk dan tempat tidur yang dipenuhi dengan selimut dan bantal yang nyaman, dapat membuat tubuh Anda terlampau rileks dan hal itu memicu kantuk datang menyerang. Cobalah untuk belajar atau bekerja dengan posisi tubuh tegak di depan meja kerja yang keras atau lakukanlah pekerjaan dan tugas Anda di luar rumah seperti coffee shop.

Selain memaparkan cara-cara menghilangkan kantuk di atas, kami juga sangat menyarankan bagi Anda untuk mewaspadai masalah kesehatan yang mungkin muncul. Pastikan Anda tidak mengalami gangguan kesehatan yang menyebabkan tubuh lemas dan merasa mengantuk terus-menerus seperti anemia. Segera kunjungi dokter Anda jika dirasa rasa kantuk yang Anda alami terjadi terus-menerus dan tidak wajar. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top