Life

7 Afirmasi Positif yang Mesti Kamu Ucapkan Setiap Hari, Dampaknya Luar Biasa!

afirmasi positif

Afirmasi positif – Kamu sering merasa tidak yakin dengan kemampuan diri? Atau malah merasa bahwa apa yang kamu usahakan tidak membuahkan hasil karena kamu tidak berbakat? Hal ini harus segera diatasi karena membawa dampak buruk bagi dirimu.  

Cara mengatasinya adalah dengan afirmasi positif kepada diri sendiri. Bentuknya bisa self talk (berbicara kepada diri sendiri) ataupun penegasan dalam hati dan pikiran. 

Mengenal Afirmasi Positif 

Afirmasi adalah kalimat yang ditujukan untuk mempengaruhi pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Tujuannya adalah untuk bisa mempengaruhi pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan lingkungan.  

Sementara itu, KBBI mendefinisikan afirmasi sebagai penetapan yang positif, penegasan, dan peneguhan. Afirmasi bersifat dinamis dan praktis, jadi bukan hanya sekadar angan-angan belaka. 

Nah salah satu alasan afirmasi ini mampu bekerja hingga memiliki pengaruh yang besar adalah karena didasarkan pada kebenaran yang lebih tinggi dan mungkin kita belum mampu menyadari hal tersebut. 

Karena dampaknya yang sangat besar, semestinya afirmasi positif kamu tanamkan setiap harinya. Nah berikut ini 7 afirmasi positif untuk membangun dirimu. 

1. Aku bisa melakukan ini 

Afirmasi positif yang pertama adalah “aku bisa melakukan ini”. Penegasan positif ini membawa dampak yang sangat baik untuk usaha kamu, terutama mendukung kepercayaan dirimu1. 

Dengan mengucapkan kalimat tersebut, kamu telah berperan menanamkan mindset pada alam bawah sadar bahwa kamu mampu melakukannya. Meskipun hal yang akan kamu lakukan belum pernah kamu lakukan, dengan afirmasi tersebut kamu yakin pasti bisa. 

Nah kalimat ini juga powerful untuk menghilangkan rasa takut. Setiap akan mengerjakan sesuatu, tanamkanlah bahwa KAMU PASTI BISA. 

2. Aku adalah yang terbaik 

Selanjutnya katakanlah, “aku adalah yang terbaik”. Hal ini bisa mendorong kepercayaan dirimu dalam melakukan sebuah hal atau dalam berkompetisi. Ketika kamu telah berusaha dengan seoptimal usahamu, katakanlah afirmasi positif yang satu ini. 

Sebab ketika kamu dipertarungkan dengan orang lain, mentalmu akan diuji. Untuk itu, agar kamu tidak down di tengah jalan, bertahanlah karena kamu sudah berjuang sampai sekarang. Yakini bahwa kamu adalah yang terbaik. 

Kamu bisa melakukannya dan kamu akan mendapat hasil yang terbaik. Jaga optimis ini hingga akhir perjuanganmu. Namun jangan terlalu berlebihan hingga melupakan orang-orang hebat yang siap memberi masukan baik padamu. 

3. Aku akan bekerja keras untuk hari ini 

Untuk menguatkan prosesmu, kamu harus mengucapkan afirmasi positif yang satu ini, “aku akan bekerja keras untuk hari in”. Kalimat tersebut menunjukkan bahwa kamu siap untuk mencapai targetmu hari ini. 

Selain itu, afirmasi tersebut juga membuatmu tidak mudah menyerah. Dengan kata lain, kalimat itulah yang menjadikanmu untuk terus bertahan. Ibaratnya meskipun hari kemarin kamu gagal dan cukup terpuruk, kamu akan selalu bangkit untuk hari ini. 

Nah bagaimana apa kamu siap untuk selalu mengawali hari dengan afirmasi positif yang satu ini? Jangan pernah berhenti berusaha ya guys! 

4. Hari ini menjadi hari yang lebih baik daripada hari kemarin 

Pepatah mengatakan bahwa orang beruntung memiliki prinsip bahwa hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin. Sementara itu orang rugi akan menjadikan hari ini lebih buruk daripada hari kemarin. Pun orang yang tidak berkembang akan membuat harinya selalu sama. 

Untuk itu sangat penting menerapkan afirmasi bahwa hari ini menjadi hari yang lebih baik daripada hari kemarin. Dengan begitu kamu akan selalu terpicu untuk melakukan yang terbaik. Jika pun belum maksimal, kamu akan terus mengupayakan perbaikan untuk hari esok. 

Nah solusi agar kamu bisa menanamkan afirmasi ini adalah dengan membuat sebuah rencana. Rencana harian sangat penting sebagai acuan apa yang akan kamu kerjakan. Dengan rencana harian kamu dapat lebih mudah merencanakan kegiatan agar lebih baik daripada hari kemarin. 

5. Aku lahir untuk melakukan hal-hal besar 

“Aku lahir untuk melakukan hal-hal besar”. Bagaimana dengan afirmasi positif yang satu ini? Sekilas terdengar seperti visi jangka panjang bukan? Artinya kamu sudah memiliki mindset untuk menciptakan hal besar yang membawa perubahan di masa depan. 

Tentu saja semua orang menginginkan untuk menyebar manfaat yang lebih luas kepada orang lain. Karena hal itu, afirmasi positif tersebut bisa menjadi pendorongmu agar memiliki target besar untuk membawa perubahan. 

Hal ini akan sangat baik dan menjadikan dirimu selalu terpicu dalam mencapai tujuan. Ketika mindset tersebut telah kamu tanamkan, hari-harimu tidak lagi datar-datar saja. Pikiran bawah sadar akhirnya mendorong kamu untuk segera mewujudkannya. 

Alhasil kamu menjadi orang yang memiliki ambisi dalam konteks baik. Siap untuk menjadi orang hebat bukan? 

6. Hidup itu sangatlah berharga 

Adakah di antara kamu yang merasakan bahwa hidup tidak berharga? Padahal kamulah yang tidak menikmatinya. Mungkin saja kamu terlalu fokus pada hal-hal yang belum kamu dapatkan, kamu kurang dalam bersyukur. Alhasil apa pun yang berada di depanmu terasa tidak berharga. 

Untuk mengubah hal tersebut, marilah tanamkan afirmasi positif ini setiap paginya, “hidup itu sangatlah berharga” Ketika kamu sudah meyakini hal tersebut kamu menjadi lebih menghargai segala sesuatu di sekitarmu, segala yang telah kamu dapatkan. 

Selain itu kamu pun tidak lagi akan pernah menyia-nyiakan hal-hal yang selama ini kamu abaikan. Sebab hidup begitu berharga jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. 

7. Aku akan sukses hari ini 

Afirmasi positif yang terakhir adalah afirmasi yang sangat powerful. Afirmasi ini mendorong kita agar optimis bahwa kita akan sukses hari ini. Maksudnya segala apa yang kita upayakan hari ini akan membuahkan hasil. 

Baca Juga : Sering Dilupakan, Berikut 8 Faktor Pendorong Sukses

Yuk tanamkan, “Aku akan sukses hari ini” Ingat bahwa kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Jika kamu berpikir kamu akan sukses, kamu pasti sukses. 

Itulah deretan afirmasi positif yang mesti kamu ucapkan setiap harinya. Ubahlah hidupmu menjadi lebih baik dengan menanamkan afirmasi positif pada dirimu sendiri. Niscaya hasil yang kamu dapatkan akan selalu kamu pandang baik dan dapat kamu ambil hikmahnya. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top