Life

Agar Lebih Awet, 5 Alat Dapur Ini Sebaiknya Jangan Dicuci Dengan Baking Soda

Agar Lebih Awet, 5 Alat Dapur Ini Sebaiknya Jangan Dicuci Dengan Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai salah satu pembersih paling ampuh untuk menghapus noda. Selain digunakan dalam pembuatan makanan, bakin soda juga kerap dipakai untuk membersihkan peralatan. Senyawa yang terkandung di dalamnya dipercaya ampuh untuk menghapus noda membandel pada permukaan benda.

Namun ternyata beberapa benda yang terbuat dari bahan-bahan tertentu justru akan cepat rusak apabila dibersihkan dengan bakin soda. Apalagi jika dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya, baking soda akan membersihkan noda dengan lebih cepat dan kuat. Reaksi inilah yang dikhawatirkan bisa mengikis lapisan beberapa material tertentu dan membuatnya rapuh serta mudah cepat rusak. Berikut 5 peralatan dapur yang sebaiknya jangan dibersihkan dengan baking soda.

Wadah Kaca

Meskipun dapat merontokkan kotoran dengan cepat, namun bahan satu ini tak cukup baik untuk menjaga kualitas kebersihan peralatan yang terbuat dari kaca. Karena justru akan menimbulkan goresan halus yang membuat permukaan kaca pada peralatan dapur tak lagi mulus dan mudah rusak karena terkikis.

Panci Maupun Wajan Aluminium

Aluminium dapat menjaga panas dan tak membuat bahan makanan lengket di atasnya. Tidak heran kalau material ini kerap dipilih untuk menjadi bahan dasar pembuatan peralatan masak. Membersihkannya dengan baking soda sebenarnya tak dilarang, namun pastikan untuk membilasnya hingga benar-benar bersih dan tidak ada sisa baking soda yang tertinggal. Karena jika tak dibersihkan dengan baik, aluminium akan teroksidasi sehingga warnanya akan berubah kecokelatan.

Lihat Juga: 6 Manfaat Baking Soda bagi Kecantikan

Meja Marmer

Marmer juga menjadi bahan yang umum untuk dijadikan sebagai meja dapur. Tetapi masih banyak sekali yang tidak tahu cara membersihkan meja marmer. Senyawa aktif dalam baking soda dinilai dapat merusak lapisan marmer dan menjadikannya tergores sehingga akan mudah rapuh dan rusak jika dilakukan dalam jangka panjang.

Peralatan kayu

Banyak peralatan dapur yang terbuat dari kayu, seperti sutil, talenan, sendok maupun wadah-wadah. Namun untuk membersihkannya tak memerlukan baking soda karena akan merusak bagian penyambungnya. Bahan pembersih ini dinilai bisa merusak kerapatan pada permukaan kayu sehingga akan membuat kayu lebih cepat lapuk.

Keramik

Banyak sekali benda di dapur yang terbuat dari keramik. Sama seperti marmer dan kaca, keramik juga lebih baik tak dibersihkan dengan baking soda. Bahan pembersih ini akan membuat peralatan dapur berbahan keramik menjadi tergoren dan membuatnya tak lagi mulus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top