Life

Agar Oatmeal Lebih Nikmat Disantap

Agar Oatmeal Lebih Nikmat Disantap

Oatmeal memang makanan yang sehat dan banyak disarankan orang untuk sering dikonsumsi. Makanan ini kaya akan nutrisi dan serat, baik untuk kesehatan jantung, mengurangi resiko darah tinggi, menurunkan kolesterol dan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Namun seringkali yang kita keluhkan adalah rasa oatmeal yang kurang enak sehingga terkadang membuat kita malas untuk menyantapnya. Mencium baunya saja bisa membuat kita kurang berselera. Lalu bagaimana supaya oatmeal lebih enak untuk dikonsumsi?

Sebenarnya, ada beberapa bahan makanan yang dapat kita campurkan saat kita mengolah oatmeal, namun karena yang kita cari adalah makanan sehat, maka bahan makanan yang menemani oatmeal sebaiknya juga dipilih yang sehat atau berguna bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa pilihan bahan makanan yang dapat Anda konsumsi bersama oatmeal sehingga membuat Anda semakin bersemangat dan lahap menyantapnya.

PILIHAN CAIRAN UNTUK DIMASAK BERSAMA OATMEAL

AIR PUTIH

Jika Anda tetap ingin mempertahankan oatmeal Anda tidak bertambah kadar kalorinya, sebaiknya memang Anda memilih air putih biasa untuk dicampurkan pada oatmeal saat akan diolah. Meskipun dengan demikian, rasa oatmeal tidak tertutupi atau tidak berubah sama sekali.

SUSU ALMOND

Anda bisa menggunakan susu Almond jika menginginkan rasa yang berbeda pada oatmeal, namun tetap dengan kalori yang cukup rendah. Susu almond memiliki kalori 50% lebih rendah dari susu sapi, tidak mengandung kolesterol dan sangat cocok untuk Anda yang sedang berdiet atau vegan. Susu Almond juga mengandung unsur anti laktosa. Meski demikian, susu almond tidak memiliki banyak protein dan kalsium seperti layaknya susu sapi.

SUSU SAPI

Jika Anda menginginkan susu sapi untuk campuran oatmeal Anda, sebaiknya gunakan susu rendah lemak dan bukan susu skim. Susu rendah lemak selain memberikan rasa gurih juga membuat oatmeal menjadi lebih creamy dan kandungan lemak tetap rendah.

JUS BUAH

Apabila Anda menginginkan rasa manis pada oatmeal Anda, maka campuran terbaik adalah jus buah. Anda dapat menggunakan jus mangga, jus buah delima, jus jeruk atau jus buah apapun yang Anda inginkan kecuali buah yang menghasilkan jus yang pekat seperti nanas contohnya. Namun jika Anda tetap menginginkan jus nanas, maka Anda harus menambahkan air.

KUAH SAYUR atau AIR KALDU

Bagi Anda yang menginginkan oatmeal Anda gurih tanpa topping apapun, maka mengolahnya dengan memanfaatkan kuah sayur atau air kaldu adalah pilihan yang tepat.

TOPPING dan BAHAN TAMBAHAN

KACANG-KACANGAN

Bahan tambahan yang dapat Anda campurkan saat oatmeal Anda telah siap disantap salah satunya adalah kacang-kacangan. Selain memberikan rasa gurih, kacang-kacangan juga berguna bagi tubuh. Anda bisa memilih kacang tanah, pistachio atau almond.

BIJI KAKAO

Biji kakao yang merupakan bahan utama cokelat ini juga dapat dijadikian pilihan topping atau campuran oatmeal. Selain gurih dan crunchy, biji kakao juga mengandung nutrisi dan antioksidan. Selain itu, biji kakao juga dapat menurunkan tekanan darah serta mencegah kelelahan kronis. Biji kakao mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh seperti misalanya magnesium, belerang, kalsium, zat besi, seng, kalium dan mangan.

BIJI RAMI dan SELASIH

Kedua bahan ini mengandung omega-3 dan protein. Untuk biji rami lebih baik lagi jika Anda giling untuk memperoleh nutrisi maksimal yang dikandungnya.

YOGHURT DAN COTTAGE CHEESE

Untuk memberikan kesan creamy dan gurih, yoghurt dan cottage cheese atau keju lembut asam yang terbuat dari susu kerbau dapat Anda pilih. Keju ini mengandung banyak protein namun rendah kalori. Tambahkan madu untuk menambah kenikmatannya.

BUAH-BUAHAN KERING

Inilah bahan yang paling cocok untuk dicampurkan dengan oatmeal. Anda bisa memilih aneka macam buah kering seperti mangga, blueberry, cranberry, cherry atau apricot. Aneka buah kering bukan hanya lebih sehat daripada gula, namun juga memberbanyak serat juga mineral dan vitamin serta tentu saja, rasa yang lezat.

KAYU MANIS/ROTI KAYU MANIS DAN KISMIS

Keduanya termasuk salah satu yang paling pas untuk dicampurkan pada oatmeal. Jika kayu manis terlalu aneh jika dicampurkan begitu saja, maka roti atau biskuit kayu manis dapat menjadi pilihan. Biskuit kayu manis dan kismis bisa Anda pilih salah satunya atau padukan keduannya langsung pada oatmeal Anda dan akan didapatkan rasa gurih dan bau yang harum.

ANEKA SELAI DAN TOPPING SYRUP

Bagi Anda yang memilih kepraktisan, maka dapat dipilih aneka selai atau topping dalam bentuk syrup yang Anda suka. Tinggal mencampurkan ke oatmeal Anda, beres.

BUAH SEGAR

Buah-buahan memang nikmat dan berguna bagi tubuh, namun seringkali kita mengeluhkan bahwa jika mengkonsumsinya maka kita cenderung cepat lapar. Untuk itu, mencampurkannya dengan oatmeal rasanya sangat tepat.

KEJU CHEDDAR dan DAGING ASAP

Bagi yang menginginkan topping gurih, maka Anda dapat memilih keju cheddar dan daging asap. Tidak terlalu sehat memang, tetapi jika sesekali yang seperti ini mengundang selera makan Anda atau jika Anda seorang newbie sehingga perlu melatih lidah untuk dapat menyantap oatmeal, maka tidak ada salahnya untuk dicoba

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top