Life

5 Alasan Introvert Susah Jatuh Cinta

alasan introvert susah jatuh cinta

This post is also available in: English

Kehidupan percintaan memang menarik untuk dikulik. Ketika masa remaja, kaum muda memang ramai untuk berpacaran. Namun, ada yang berbeda di antara mereka. Segolongan introvert disinyalir jarang memiliki hubungan percintaan. 

Bahkan, saat beranjak dewasa pun mereka cenderung untuk jatuh cinta. Berbeda dengan karakter seorang ekstrovert yang terbuka, si introvert ini lebih hati-hati. Nah sebenarnya apa alasan yang membuat introvert susah jatuh cinta? Pasti ada hubungan dengan karakter introvert itu sendiri. Kenapa ya? 

Sudah biasa dengan kesendirian 

Pertama, karakter introvert yang cenderung tertutup membuat dirinya lebih suka menyendiri. Hal ini karena jika dalam keramaian, energi si introvert ini akan habis. Dengan kata lain, energinya terkuras untuk hal-hal tidak berguna. 

Bukan karena tidak mau gaul, tetapi si introvert paham bahwa berkumpul tidak penting hanya menghabiskan waktu mereka. Akhirnya ia cenderung memilih untuk mengerjakan banyak hal sendiri. Nah karakter ini memengaruhi hubungan asmaranya. 

Introvert memandang bahwa ia akan baik-baik saja meskipun sendirian. Ini sudah menjadi prinsip dan karakter yang melekat dalam dirinya. Alhasil, ia tidak terlalu mementingkan soal cinta yang hubungannya dengan lawan jenis. 

Selain itu, si introvert memandang bahwa cinta saja tidak cukup. Artinya, menjalin hubungan tidak hanya didasari karena rasa suka dan sayang saja. Akan tetapi, ia meyakini dalam sebuah hubungan butuh kecocokan baik dalam hal kepribadian, perilaku, dan kesukaan. 

Karena inilah, sendiri dan tanpa teman spesial bukan hal yang bermasalah bagi introvert. Terlalu sering melakukan semuanya sendiri membuat si introvert tidak terlalu membutuhkan dukungan khusus dari orang yang biasanya dianggap spesial. 

Mudah bosan menjadi salah satu alasan introvert susah jatuh cinta

Selain karakternya yang lebih senang melakukan sesuatu sendiri, introvert juga mudah bosan. Biasanya ketika akan memulai team work, ia berusaha mencari orang yang tepat. Terkadang juga pikirannya yang terlalu idealis membuat ia sulit menemukan orang yang tepat. 

Seorang introvert menginginkan seseorang yang memiliki pikiran dan semangat yang dalam. Orang seperti ini bisa digambarkan sebagai orang yang visioner dan hidupnya teratur. Dengan kata lain, ia memiliki plan jelas tentang tujuan hidupnya. 

Namun di lingkungan introvert, mereka sulit menemukan orang tersebut. Jika pun pernah menjalin hubungan asmara sebelumnya, ketika pasangannya dirasa tidak cocok, si introvert akan cepat bosan. Yang ada malah hubungan tersebut menghabiskan energinya. 

Si introvert butuh orang yang tepat, tetapi ia sangat jarang bertemu dengan orang tersebut. Alhasil, daripada bosan mencari, ia memilih untuk sendiri. Dalam jangka panjang, kondisi inilah yang menjadi alasan introvert susah jatuh cinta. 

Alasan introvert susah jatuh cinta bisa karena belum siap berkomitmen 

Memulai hubungan butuh kesiapan yang matang. Nah kesiapan di sini berarti setiap pasangan harus memiliki komitmen untuk menjalani sebuah hubungan. Padahal, menurut mereka, komitmen ini sulit dipahami dan diterapkan sehingga membuatnya sulit untuk jatuh cinta. 

Introvert yang cenderung bekerja mandiri belum benar-benar menyiapkan komitmen untuk menjalin hubungan. Mereka lebih memilih hidup secara bebas tanpa ada kekangan atau janji tertentu. Sebab, komitmen seperti ini harus disiapkan secara matang agar tidak ada kekecewaan. 

Daripada si introvert kecewa atau merasa menemukan orang yang tidak tepat, lebih baik ia tidak memulai hubungan. Dirinya akan berusaha berkomitmen pada waktu yang tepat. Namun, waktu ini tidak bisa diukur bagi seorang introvert. Karakter seperti inilah yang membuat mereka susah untuk jatuh cinta. 

Takut jatuh cinta lagi 

Dalam hubungan percintaan, dikhianati pasangan sudah sering dijumpai. Bisa jadi di tengah perjalanan mereka merasa tidak cocok dan sangat bertentangan. Alhasil, timbul pertengkaran hingga memutuskan untuk berpisah. 

Kondisi ini bisa saja dialami beberapa kali sepanjang hubungan asmara seseorang. Akhirnya ia pun cenderung trauma dan butuh waktu untuk mulai jatuh cinta lagi. Hal ini karena tidak ingin terluka untuk kesekian kalinya. 

Hal inilah yang dialami introvert. Memilih orang yang tepat bukanlah suatu keputusan yang mudah. Ketika mereka telah memilih, tetapi malah dikhianati, si introvert akan kapok memulai hubungan lagi. Sebab, mendapat kepercayaan dari introvert sangat sulit. 

Apalagi karakternya yang mandiri membuat introvert malas untuk jatuh cinta lagi jika hal yang sama kemungkinan akan terjadi. Nah, apakah kamu mengalami kasus seperti ini? 

Merasa rendah diri 

Introvert dengan karakternya yang tidak suka keramaian membuat mereka merasa tidak pantas untuk dicintai. Sebab, ketika memulai hubungan, mereka akan berkumpul dengan orang banyak, sering bersosialisasi, dan keramaian lainnya. 

Kondisi seperti itu bisa memakan banyak energi mereka. Jika membayangkan cinta yang sering berpesta dan lain sebagainya, si introvert merasa rendah diri. Meninjau karakternya, ia merasa enggan bergabung dengan pasangan lainnya. 

Karena hal inilah, si introvert memilih untuk mandiri dan memantaskan diri kembali. Ketika waktunya tiba, pasti mereka dapat growing up tanpa merasa minder lagi. 

Sendiri boleh, tetapi jangan merasa rendah diri. Dengan kemampuanmu bekerja mandiri, kamu justru bisa menambah skill. Kemampuan ini bisa kamu tunjukkan dengan percaya diri pada waktunya. Bahkan, tak jarang dengan multi talent, seorang introvert justru lebih menarik di mata orang lain. 

Introvert termasuk orang yang setia loh! Dengan sejumlah alasan introvert susah jatuh cinta tersebut berarti si introvert butuh keseriusan dalam hubungan. Ia tidak senang menjadikan orang lain sebagai pelampiasan. Namun, kelemahannya si introvert akan cepat bosan jika pasangan tidak sesuai harapan. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top