Life

Amalan dan Keistimewaan Bulan Rajab

Bulan Rajab

Di tahun 2021, bulan Rajab dimulai sejak Sabtu, 13 Februari hingga 14 Maret 2021. Di bulan yang mulia ini,  umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan setiap amalan. Dengan mengamalkannya, niscaya akan mendatangkan banyak pahala dan keberkahan karena begitu banyak keistimewaan doa di bulan Rajab ini.

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa “Rajab” menjadi momen penting dalam peristiwa Isra Miraj. Bulan Rajab adalah salah satu Asyurul Hurum. Bagi umat islam, bulan yang termasuk dimuliakan selain Ramadhan, Dzulqqidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Lalu, apa saja amalan-amalan di bulan Rajab yang dianjurkan untuk umat Islam di seluruh dunia dan apa pula keistimewaan yang dimiliki bulan mulia ini? yuk simak ulasannya di bawah ini.

Amalan-amalan di bulan Rajab                  

Melaksanakan puasa Rajab

puasa rajab

Amalan yang pertama adalah puasa. Puasa di bulan ini hukumnya sunnah. Ada beberapa keistimewaan yang didapatkan apabila seorang muslim melaksanakan puasa Rajab, diantaranya:

  • Berpuasa satu hari seperti melaksanakan puasa sebulan
  • Puasa di tanggal 27 Rajab, maka amalnya akan dicatat selama 60 bulan
  • Puasa selama 7 hari, maka akan menurup pintu neraka baginya
  • Jika seorang muslim puasa selama 8 hari, untuknya akan dibukakan 8 pintu surga
  • Seorang muslim yang puasa selama 10 hari, maka dosa-dosanya akan dihapus dan diganti dengan kebaikan
  • Puasa satu hari, maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga yang memiliki rasa manis melebihi madu

Memperbanyak istighfar

Memperbanyak istighfar

Bulan Rajab merupakan bulan permohonan ampun kepada Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak istighfar untuk memohon ampun atas segala dosa yang pernah diperbuat.

Berdasarkan Kitab Risalah ‘Amaliyah disebutkan bahwa “Barang siapa yang membaca Istighfar di bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan setiap hari antara salat Ashar dan Maghrib, maka Allah akan memerintahkan kepada dua Malaikat untuk merobek buku catatan dosa dan kesalahannya di masa hidupnya”.

Salat sunnah di malam bulan Rajab

shalat
Foto ilustrasi salat sunnah di malam hari

Sebagian ulama Imam Hanafi dan Imam Hambali menjelaskan bahwa sebagian malam-malam yang disunnahkan untuk melakukan salat sunnah adalah malam di awal Rajab. Hal itu dikarenakan malam bulan Rajab termasuk bagian dari lima malam yang apabila berdoa maka doanya tidak akan ditolak. Oleh karena itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan salat sunnah di malam Rajab.

Memperbanyak doa dan dzikir di bulan Rajab

doa bulan rajab
Foto ilustrasi berdoa dan berdzikir

Amalan lainnya yang diajurkan di bulan Rajab adalah perbanyak doa dan dzikir. Kedua hal tersebut termasuk amalan yang mulia karena senantiasa akan mengingat kebesaran Allah SWT (Asmaul Husna). Karena merupakan bulan terkabulnya permohonan dari setiap doa yang dipanjatkan, maka umat Islam sangat dianjurkan untuk perbanyak doa dan dzikir.

Keistimewaan Bulan Rajab

Keistimewaan Bulan Rajab
Foto Isra Mi’raj background

Bulan terjadinya Isra Mi’raj yang menjadi awal diperintahkan sholat 5 waktu bagi umat Islam

Di bulan Rajab ini terjadi peristiwa luar biasa yang dikenal dengan Isra Mi’raj. Peristiwa ini yang terjadi pada tanggal 27 Rajab ini tidak pernah dialami oleh Nabi-nabi lainnya. Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW atas perintah Allah SWT yang ditempuh hanya satu malam.

Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad menuju ke langit ketujuh yang dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad mengendarai hewan Buroq untuk melakukan perjalanan atas perintah Alla SWT.

Peristiwa ini termasuk salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Hal itu dikarenakan peristiwa , Nabi Muhammad SAW mendapat perintah menunaikan sholat lima waktu,

Bulan penuh damai

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan damai. Pada zaman dahulu, orang-orang akan berhenti berperang ketika Rajab tiba. Suasana akan terasa tenang, damai, dan menyejukkan hati. Tidak hanya itu, bulan mulia ini digunakan sebagai bulan untuk mencari solusi damai untuk masalah apapun, bahkan sekecil apapun masalah itu, akan segera teratasi.

Bulan dengan imbalan surga

Semua pasti tahu bahwa manusia tidak luput dari suatu kesalahan atau dosa. Barangsiapa yang berpuasa dan beribadah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menutup pintu-pintu neraka baginya dan membukakan pintu-pintu surga.

Di dalam surga terdapat sungai yang airnya hanya bisa diminum oleh mereka yang berpuasa dan membaca sholawat.

Bulan suci sebelum menyambut datangnya Ramadhan

Bulan ini bisa dikatakan sebagai permulaan untuk membiasakan diri dalam beribadah sebelum menjalani ibadah di Ramadhan.

Dengan mulai berpuasa, tentunya akan terbiasa ketika berpuasa di dua bulan berikutnya yaitu Ramadhan. Oleh karena itulah, setiap bulan Rajab tiba, umat Islam akan bersuka cita karena itu menjadi pertanda bahwa sebentar lagi akan memasuki Ramadhan.

Bulan penuh pengampunan dosa

Tidak hanya Ramadhan, bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan pengampunan. Rasulullah bersabda bahwa “Rajab adalah bulan untuk mencari pengampunan dari Allah SWT; Sesungguhnya Dia Maha Pengampun dan Maha Penyayang”. Di bulan ini digunakan oleh umat Islam untuk meminta pengampunan kepada Allah SWT.

Untuk itulah, kenapa beribadah seperti puasa, dzikir, memperbanyak bacaan istighfar di bulan Rajab sangat dianjurkan karena memang di bulan ini adalah bulan yang baik dan mulia bagi umat Islam. Dengan mengamalkan setiap amalannya, maka keistimewaan yang dimiliki bulan ini akan kita dapatkan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top