Life

Anak Anjing, Cara Memilih dan Merawatnya

anak anjing

Akhirnya anda siap untuk memiliki teman atau hewan peliharaan keluarga. Anda telah membuat keputusan apakah anda ingin anjing atau kucing, jantan atau betina, trah atau campuran. Sekarang anda mencari hewan yang cocok. Tahukah anda apa yang perlu diperhatikan pada hewan peliharaan yang sehat? Jenis apa yang cocok dengan gaya kehidupan anda.

Keputusan terakhir berada di hati anda tetapi kami dapat memberikan anjuran sebagai pedoman pada kesehatan dan perilakunya memilih anak anjing.

Memilih Anak Anjing

anak anjing sehat
3 Anak Anjing

Umur dan bawaan

Umur yang terbaik untuk anak anjing adalah sekitar delapan minggu. Mereka telah mulai menjadi mandiri tetapi masih mengesankan. Ini juga saat terbaik untuk membangun hubungan kasih sayang dan melatih anak anjingnya. Anak anjing yang muda belajar prilaku dan bagaimana mereka berhubungan dengan lainnya dari temannya dan reaksi dari ibunya. Anak anjing yang terlalu agresif akan menjadi agresif saat dewasa. Anak anjing yang menyendiri, kurang aktif mungkin akan masih menjadi penakut sampai dewasa. Walaupun perawatan, pemberian makanan dan sosialisasi hewan peliharaan setelah pembelian sangat penting, anda dapat menentukan banyak dari prilaku mereka pada umur delapan minggu. Pilih anak anjing yang senang bermain, ingin sekali mendapat perhatian dan bereaksi positif terhadap kasih sayang.

Kepala

Periksa kondisi anak anjing. Apakah hidungnya dingin dan basah, atau adakah tanda-tanda nasal discharge? Gusi seharusnya bewarna dadu terang, warna yang pucat dapat berarti anemia atau punya masalah cacingan. Giginya bersih dan teratur? Jika gigi atas dan bawah undershot atau overshot, masalah ini tidak dapat diperbaiki dengan sendirinya. Mata harus terang dan jernih dan melihat langsung. Titik-titik putih atau garis yang terlihat pada permukaan mata juga berarti bermasalah. Periksa adanya merah atau bengkak kelopak mata ketiga atau kelopak mata yang roll masuk atau keluar. Lubang telinga harus bersih dan bebas bau. Kotoran telinga yang bertumpuk, mengerakan kepalanya atau lunak dapat menunjukan kutu telinga atau infeksi.

Badan

Rasakan perutnya. Pembengkakan pada perut dapat menunjukan makanan yang tidak benar atau mungkin perkembang-biakan cacing. Tonjolan pada pusar atau selangkangan dapat berarti hernia. Apakah detak jantungnya kuat dan teratur? Alat kelamin harus bersih dan bebas dari iritasi yang menandakan cacingan, diare atau masalah pencernaan. Buah zakar pada anjing jantan harus jelas terlihat. Bulunya harus lembut, bersih dan tidak kusut. Bengkak, gatal-gatal atau kotoran di bulunya dapat menandakan kutu atau parasit.

Tulang dan otot

Terakhir, periksa struktur tulangnya. Apakah kakinya lurus dan terbentuk baik? Apakah jari jari terbentuk dengan baik? Apakah larinya baik tanpa pincang? Hati-hati pada anjing yang kurus atau terlalu gemuk. Yang paling diinginkan adalah anjing yang terlihat proposinya benar menurut umur dan berat.

Informasi dari peternak atau lainnya

Ini adalah waktu seleksi terakhir. Tanyalah tentang riwayat vaksinasi, makanan yang dianjurkan dan surat surat silsilah untuk anjing trah. Anda telah menjalankan langkah benar untuk memastikan permulaaan yang sehat. Selamat, anak anjing yang sehat, energetik, bermata cerah akan pulang bersama anda.

Merawat Anak Anjing Agar Bisa Bertahan Hidup

Merawat Anak Anjing Agar Bisa Bertahan Hidup

Sering kali kita mengetahui bahwa anak anjing kita tidak dalam kondisi yang sehat, kita bingung apa yang pertama kali kita lakukan untuk memberikan pertolongan kepada anak anjing kesayangan kita ini.

Seekor induk sangat mengerti tentang apa yang terbaik untuk anak-anaknya. Tetapi jikalau mereka sakit, maka anda perlu tahu lebih dari sekedar yang diketahui induknya. Cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah mengawasi mereka setiap dua sampai tiga jam sekali pada hari pertama, setiap enam jam sekali pada tiga hari berikutnya, dan satu atau dua kali sehari pada tiga hari sesudahnya.

Perhatikan kondisi kulit anak anjing anda. Pada anjing yang sehat, kulitnya harus berwarna merah muda dan bulunya halus. Hidung mereka harus basah, namun lubang hidungnya harus tetap terbuka. Anak anjing yang sehat akan menangis ketika mereka lapar, kedinginan, atau terpisah dari kelompoknya. Tetapi mereka akan segera terdiam ketika kondisi – kondisi diatas dapat teratasi. Hal ini disebabkan karena mereka tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka.

Anak anjing yang sehat akan menyempatkan waktu untuk beraktifitas dan tidur. Meskipun tertidur, mereka akan terdorong untuk menyusu atau bergerak mendekati induknya. Anak anjing yang sakit tidak akan terdorong untuk menyusu, meskipun mereka didekatkan pada putting susu induknya. Mereka akan bergoyang – goyang dan berteriak ketika mereka diangkat.

Jika anda menemukan anak anjing anda sedang kedinginan, maka anda harus menghangatkan mereka secara perlahan. Jangan pernah mencelupkan tubuh anak anjing anda tersebut kedalam air hangat karena bulunya akan tetap basah, dan dia akan semakin kedinginan. Masalah juga akan timbul ketika anda menggunakan bantuan pemanas, botol berisi air hangat, atau alat bantu lainnya. Alat-alat tersebut dapat membakar kulit anak anjing tersebut.

Yang terbaik yang dapat anda lakukan adalah menempatkan anak anjing diantara pakaian dan tubuh anda, dimana tubuh anak anjing anda akan berangsur-angsur menghangat dengan aman dan lebih baik. Memberi makanan pada anak anjing yang kedinginan memang menarik tetapi jangan pernah dilakukan karena sistem pencernaan pada anak anjing yang kedinginan adalah benar-benar jelek, jadi makanan apapun yang anda berikan hanya akan bertahan diperutnya.

Menemukan masalah dan mengantisipasi adalah jenis pertolongan pertama namun jika hal itu terus berlanjut, hal yang perlu dilakukan adalh memeriksakannya ke Dokter hewan. Semoga semua anak anjing anda sehat.

To Top