Life

Aneh, Fenomena Matahari Terbit Dari Utara Di Jeneponto

Matahari Terbit Dari Utara Di Jeneponto

Rekaman seorang guru sekolah soal peristiwa matahari terbit dari utara di Jeneponto, menjadi viral di media sosial, Kamis (17/6/2021). Guru tersebut mengatakan jam belum juga pukul 8 pagi waktu setempat, dan ia belum pernah menyaksikan fenomena itu sebelumnya.

Dalam rekaman tersebut, guru itu juga memperlihatkan posisi matahari. Terlihat matahari tidak berada sesuai patokan arah timur di kawasan sekolahnya yang merupakan bangunan masjid.

“Sesuatu yang sangat aneh sudah terjadi di mana letak matahari terbit di sebelah utara,” tuturnya.

Video berdurasi 3 menit 22 detik tersebut juga memperlihatkan cuaca sedang cerah. Selain itu, sorot cahaya matahari juga tampak jelas. Guru itu pun menyinggung soal tanda-tanda kiamat telah dekat sesuai keyakinannya sebagai umat Islam.

“Tanda segera terjadi kiamat yaitu saat matahari telah terbit dari barat. Sepertinya ini adalah satu isyarat suatu saat nanti matahari dapat terbit dari arah barat. Sebab saat ini sudah di utara,” ujarnya.

Lihat Juga: Berapa Jarak Matahari dari Bumi?

LAPAN (Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Thomas Djamaluddin mengatakan fenomena tersebut adalah hal wajar. Menurutnya, tak ada yang aneh dengan matahari terbit dari utara di Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Thomas menunjuk posisi matahari bergerak karena kemiringan sumbu rotasi planet Bumi. Pada bulan Juni, ia menerangkan, matahari terletak di belahan Bumi utara.

“Terbitnya bukan di sebelah timur. Tapi bergeser mendekat ke timur laut,” terangnya melalui pesan WhatsApp seperti dikutip Tempo.co, Jumat (18/6/2021).

Pada saat siang atau tengah hari, posisi matahari akan berada di utara.

“Nanti waktu terbenam bukan di arah barat, tapi mendekat ke barat laut,” tambahnya.

Thomas menerangkan, letak terbitnya matahari tepat di timur dan barat saat tenggelam hanya terjadi pada bulan Maret dan September. Pada saat itu posisi semu matahari berada tepat di atas khatulistiwa atau tegak lurur di atas Indonesia.

“Sedangkan pada Desember titik terbit matahari akan mendekati titik tenggara. Tengah hari di titik selatan, dan terbenamnya mendekati titik barat daya,” ujar Thomas menjelaskan.

Lihat Juga: Kenapa Matahari Menjadi Pusat Tata Surya?

Lalu kapan matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat pada garis khatulistiwa? Mengutip detikcom, Prakirawan BMKG, Rizky  mengatakan hal tersebut akan terjadi pada bulan Desember sampai Februari.

“Desember sampai Maret condong ke arah Selatan itu balik lagi ke tengah, posisi ekuator di khatulistiwa,” terang Rizky.

Ia menambahkan fenomena matahari terbit dari utara juga dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya di Jeneponto.

To Top