Life

Aneka Resep Kue Kering Lebaran

aneka kue kering lebaran

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan suci ramadhan. Tentunya bagi para kaum hawa terutama yang sudah menikah dan mempunyai suami, bulan puasa ini tugasnya bertambah banyak. Selain mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti biasanya, kali ini harus memasak pada waktu subuh dan sore hari.

Untuk mengurangi biaya pengeluaran selama bulan puasa sebaiknya para wanita membuat sendiri hidangan dan kue untuk berbuka dan sahur. Terlebih lagi menjelang akhir puasa anda akan di sibukkan dalam hal membuat kue untuk lebaran.

Resep Kue Kering Lebaran harus anda kuasai, karena selain mengurangi deposit pengeluaran biaya, anda juga bisa berbisnis kue kering untuk dijual umum. Bagaimana cara membuat kue kering lebaran yang enak, simak infonya berikut ini.

Kue Kering Keju

Kue Kering Keju

  • 150 gram margarin kemasan yang masih baru.
  • 1 btr telur ayam, yang dikocok lepas. Pilih yang kuningnya terang jika ada.
  • 1/2 sdt garam dapur halus atau pun yang kasar tapi telah dihaluskan.
  • 25 gram tepung maizena. Ini bisa di dapatkan di toko kue.
  • 110 gram tepung terigu dari jenis protein rendah
  • 50 gram keju jenis cheddar yang telah diparut kasar dan agak besar agar tidak mudah hancur.
  • 50 gram acang tanah yang telah sangrai sebelumnya (kemudian dicincang agak kasar. Usahakan jangan terlalu halus karena mengurangi tampilan kue kejunya.)
  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan mengocok margarin bersama garam kurang lebih 30 detik saja. Setelah tercampur dengan baik maka selanjutnya tinggal masukkan telur ayamnya dan terus dikocok hingga betul-betul rata.

  2. Masukkan tepung terigu dan juga tepung maizena sesuai takaran yang telah ditentukan, tapi agar kotoran kasar yang tercampur dengan tepung tidak masuk dalam adonan kue kering keju maka usahakan dituang sambil diayak di bawahnya dan terus diaduk agar rata dan tidak menggumpal.

  3. Tambahkan kacang tanah yang telah dicincang kasar dan juga keju cheddar yang telah diparut. Aduk sampai rata.

  4. Jika pencampuran dan pengadukan bahan sudah betul-betul sempurna, dalam hal ini adonan keu keju telah kalis yang bisa dibuktikan dengan dicubit, selanjutnya tinggal dibentuk, bisa dengan digulung terlebih dahulu kemudian dicetak dengan alat yang terbuat dari seng atau bisa juga kalau tidak mau repot bisa dengan menyendok adonan kue kejunya lalu taruh langsung di loyang yang dioles margarin. Baru kemudian di pipihkan dengan ditusuk-tusuk garpu agar terlihat tekstur unik di permukaannya.

  5. Terakhir, tinggal masukkan dalam Oven selama kurang lebih 30 menit dengan suhu kira-kira 140 derajat Celsius.

Kue Kering Coklat

Kue Kering Coklat

  • 150 gram mentega margarin yang masih baru.
  • 100 gram gula pasir yang berbentuk tepung atau telah dihaluskan. Sebaiknya menghaluskannya menggunakan alat agar lebih lembut.
  • 1 butir telur ayam utuh, yakni putihnya dan kuningnya digunakan bersamaan.
  • 1 butir kuningnya saja, sedang putihnya tidak dimasukkan.
  • 225 gram tepung terigu yang kandungan proteinnya sedang.
  • 25 gram coklat berbentuk bubuk, di toko kue banyak yang menyediakannya, bisa dibeli per kilogram untuk yang bentuknya curah atau langsung per bungkun untuk yang bermerek.
  • 30 gram tepung maizena. Umumnya ini dijual dalam bentuk kemasan dan hampir semua brand cocok digunakan, jadi silahkan gunakan yang mana saja
  • 1/2 sdt baking powder. In fungsinya agar kue kering terasa lebih garing saat digigit
  • 50 gram rice crispy
  • 100 gram coklat masak putih (agar memberi tampilan lebih berwarna maka cukup dengan dicincang kasar.)
  1. Awalnya mulai dengan mengocok bahan margarin bersama gula pasir bubuknya kurang lebih 40 detik.

  2. Selanjutnya, tambahkan telur ke dalamnya, baik yang menggunakan putih telur maupun yang hanya kuningnya saja. Lalu kocok hingga rata lagi.

  3. Berikutnya masukkan tepung terigu dan juga coklat bubuk sesuai takaran yang disebutkan di atas, tambahkan lagi tepung maizena, dan juga baking powder tapi sambil diayak guna menghindari kotoran kasar yang masih bercampur dengan tepungnya, dan tinggal diaduk hingga rata dan semua bahan tercampur sempurna

  4. Lalu masukkan coklat masak putih dan juga rice crispy yang telah disediakan. Aduk sampai rata lagi.

  5. Nah, jika telah terlihat kalis dan adonan kue keringnya tampak sudah menyatu semua dan tak ada lagi yang menempel di sisi baskom atau wadah pengadukannya, maka tinggal dibentuk saja dan letakkan di atas loyang.

  6. Panggang dalam oven selama 30 menit lamanya dengan suhu kurang lebih 150 derajat Celsius, tapi bila tidak menggunakan oven listrik, melainkan dengan kompor minyak maka sebaiknya gunakan api sedang saja dan lapisan oven bawahnya dikosongkan saja agar tidak mudah gosong.

Tips untuk menghasilkan kue kering yang enak dan garing

  • Agar kue kering yang telah matang tidak lengket di loyang maka sebaiknya diolesi margarin atau mentega terlebih dahulu secara merata.
  • Agar masaknya rata dan tidak ada yang gosong maka caranya dengan menukar posisi kue yang sudah terlihat hampir matang dengan yang masih tampak putih belum kecoklatan.
  • Untuk menghindari memasukkan telur rusak dalam adonan kue lebaran anda maka caranya dengan menaruh ke dalam mangkuk terlebih dahulu baru kemudian mencampurnya.
  • Dalam resep kue kering ini sangat disarankan untuk menghindari menyimpan kue dalam toples tertutup sedang kondisinya masih panas. Caranya, setelah matang letakkan terlebih dahulu di atas nampan yang telah dialasi dengan kertas, dan setelah dirasa dingin betul barulah dimasukkan dan ditutup rapat.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top