Life

Anti Bosan, Inilah Manfaat Menggambar Saat Me Time

Anti Bosan, Inilah Manfaat Menggambar Saat Me Time

This post is also available in: English

Menggambar pada umumnya hanya disukai oleh anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan jika para remaja dan orang dewasa pun suka. Apalagi sekarang banyak jenis dan variasi sketsa yang membuat orang yang tidak berusia anak-anak menyukai kegiatan kesenian ini.

Menggambar dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu luang, dan dapat Anda jadikan sebagai media untuk mengekspresikan perasaan.

Tetapi seiring berjalannya waktu dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, tidak sedikit juga anak-anak dan kaum remaja maupun orang dewasa yang lebih tertarik untuk bermain game online ataupun online pada media sosial dan menganggap bahwa menggambar adalah kegiatan yang membosankan dan tidak memiliki manfaat.

Manfaat Menggambar yang Tak Disangka

Namun faktanya, kegiatan yang dipandang sebelah mata ini ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak disangka-sangka. Berikut ini adalah manfaat dari menggambar:

Pertama yaitu membuat Anda menjadi pribadi yang ekspresif. Menggambar dapat menjadi media untuk mengekspresikan perasaan. Menurut Katherine Klipper Merseth, sebuah sketsabernilai lebih tinggi daripada ribuan kata. Lewat sketsa, kita dapat mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara tersirat.

Kedua, kegiatan ini dapat meningkatkan daya imajinasi. Saat menggambar, kita cenderung menggunakan daya khayalnya menggambar apa yang diinginkan. Jika dilakukan secara terus menerus, maka menggambar dapat meningkatkan daya imajinasi.

Ketiga, kegiatan ini bisa membantu mengasah kreativitas. Menurut KBBI, kreatif diartikan sebagai memiliki kemampuan untuk menciptakan. Dalam hal tersebut, kegiatan ini dapat membuat kita mampu berpikir untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Baca Juga :

Membangun keterampilan untuk memecahkan masalah. Ketika terjadi kekeliruan saat proses menggambar, maka secara tidak langsung kita dituntut untuk berpikir untuk memperbaiki kekeliruan yang terjadi. Hal ini dapat melatih kemampuan seseorang untuk  berpikir secara terampil untuk menyelesaikan suatu masalah.

Menggambar Membuat Anda Kreatif

Menggambar Membuat Anda Kreatif
Menggambar Membuat Anda Kreatif

Berpikir out of the box. Karena kebebasan berimajinasi saat menggambar, seseorang bisa jadi memiliki cara berpikir yang berbeda dari biasanya atau yang disebut dengan pikiran out of the box.

Sebagai contoh, saat kita menggradasikan warna dan membuat variasi bentuk agar berbeda dengan karya orang lain pada hasilnya.

Dengan pikiran yang out of the box, maka tidak menutup kemungkinan jika kita dapat berpikir dan memiliki beragam solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Berpikir secara teratur. Saat memikirkan rencana objek dan warna dari gambar yang akan digambar dan teknik untuk mewujudkan lukisan yang ada dalam pikiran, maka dapat dikatakan bahwa kegiatan inidapat melatih seseorang untuk berpikir secara teratur.

Mendapat penghasilan. Biasanya kegiatan ini Anda jadikan sebagai aktivitas untuk mengusir rasa bosan atau mengisi waktu luang. Namun jika Anda tekuni dengan lebih serius, maka kegiatan ini bisa menjadi sumber penghasilan. Misalnya jika Anda melukis mural dinding untuk interior maupun eksterior ruangan.

Kita dapat membuka usaha yang berkaitan dengan menggambar, misalnya membuka kursus menggambar, membuat channel youtube yang memuat berbagai tutorial perihal kegiatan ini, membuka jasa menggambar (commission),  illustrator, komikus, animator, ataupun desainer grafis.

Selain menjadi sarana penyaluran hobi, kegiatan inijuga memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan. Sejak tahun 1900-an, kegiatan inisudah menjadi salah satu sarana terapi seni yang sederhana.

Terapi Seni Saat Me Time

Terapi Seni Saat Me Time
Terapi Seni Saat Me Time

Menurut Casey O’Brien Martin, seorang ahli terapi seni sekaligus seorang konselor kesehatan berlisensi, proses menciptakan seni kerap membantu seseorang merasa tenang. Hal ini menunjukkan bahwa, kegiatan ini dapat menghilangkan rasa stress dan membuat kita menjadi lebih rileks.

Selain dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kepekaan, terapi seni juga memiliki berbagai manfaat lainnya, yaitu:

1. Membantu Mengurangi Stress

Dengan mengkreasikan bentuk dan warna yang Anda inginkan saat menggambar, maka secara berangsur perasaaan stress yang kita alami akan berkurang karena pikiran kita sudah teralihkan sejenak untuk berimajinasi tentang objek yang ingin kita gambar.

2. Merasa Lebih Bahagia

Ketika menciptakan sebuah karya seni maka kita akan merasa bangga akan diri sendiri dan mulai merasa bahagia.

3. Mengurangi Kecemasan

Kegiatan ini dapat mengurangi rasa stress yang penyebabnya adalah perasaan cemas. Pikiran kita teralihkan saat kita memfokuskan pikiran kita pada objek sketsa. Hal itu secara tidak langsung dapat membuat perasaan cemas yang sedang kita alami akan lebih berkurang.

4. Dapat Melepaskan Emosi yang Tersembunyi

Menggambar dapat membantu kita untuk melepaskan emosi yang dirasakan yang tidak dapat atau sulit dijelaskan secara verbal, seperti rasa marah, benci, frustrasi, dan berbagai macam emosi lainnya.

5. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan motorik halus. Hal ini karena saat menggambar, mata dan tangan saling bekerja sama dan Anda latih ketangkasannya.

6. Meringankan dan Memulihkan Rasa Sakit Fisik

American Cancer Society menganggap bahwa terapi seni dapat Anda gunakan sebagai pengobatan alternatif yang dapat membantu pemulihan penyakit yang serius dan masalah perilaku.

Studi telah menemukan bahwa pasien yang ikut serta dalam sesi terapi seni biasanya memiliki tingkat stress yang lebih rendah.

Kita sering beranggapan bahwa saat menggambar, kita harus menciptakan sebuah sketsa yang bagus atau sedap dipandang atau menggambar hanya bisa dilakukan oleh orang yang berbakat saja. Namun sebenarnya, tidak demikian. Tidak ada yang salah ataupun jelek dalam hal seni.

Casey O’Brien Martin mengatakan bahwa semua orang bisa mendapatkan manfaat dari seni! Anda tidak perlu khawatir dengan hasil akhirnya. Biarkan diri anda terlibat dalam proses penciptaan.

Teknik Terapi Seni Menggambar

Teknik Terapi Seni Menggambar
Teknik Terapi Seni Menggambar

Tidak ada yang salah ataupun benar dalam seni, namun kita dapat menggunakan beberapa teknik terapi seni yang bisa kita coba untuk mengekspresikan perasaan, yaitu Doodling atau mencoret-coret

Kegiatan ini dapat Anda lakukan baik secara manual menggunakan media kertas dan pensil serta penghapus sebagai alat, maupun secara online menggunakan gadget, computer, ataupun ipad. Tekniknya sama, kita bisa mencoret sesuka hati sebagai wujud pelampiasan emosi yang kita rasakan agar kita bisa merasa lebih rileks.

Membuat sketsa pun dapat dilakukan baik secara manual maupun digital. Berbeda dengan doodling yang merupakan coretan abstrak, menggambar dan membuat sketsa terkesan memiliki bentuk yang lebih rapih.

Jika misalnya dalam doodling coretan yang mereka hasilkan kurang begitu jelas, maka pada saat menggambar atau membuat sketsa, sketsa yang Anda ciptakan bentuknya terlihat lebih jelas. Misalnya untuk melampiaskan emosi, kita dapat menggambar seseorang yang sedang menangis, taman bunga, ataupun hal lain yang menggambarkan perasaan kita saat itu.

Mewarnai. Mewarnai juga memiliki dampak positif yang sama dengan menggambar yakni dapat mengurangi stress. Berbagai warna yang Anda pilih dapat membuat kita merasa lebih tenang.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top