Life

Apa Itu Batu Andesit? Sumber Konflik di Desa Wadas

Apa Itu Batu Andesit? Sumber Konflik di Desa Wadas

Pendirian tambang batu andesit di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, menjadi sumber konflik yang kini tengah terjadi antara aparat di lapangan dan warga.

Sebelumnya, dikabarkan aparat kepolisian mengepung wilayah Desa Wadas pada, Selasa (8/2/2022) pagi. Aparat mendatangi desa tersebut terkait dengan proses pengukuran lahan tambang andesit.

Batuan andesit adalah batuan vulkanik yang banyak ditemukan di Pegunungan Andes. Batu jenis ini mengandung silika dalam jumlah sedang, berwarna abu-abu kehitaman dan memiliki porfiritik atau butir halus.

Lihat Juga: Desa Wadas Dikepung Polisi, Warga Teriak ‘Alerta’

Andesit disebut sejajar denga batu vulkanik diorite. Batuan ini terdiri dari kuarsa, biotit, mineral plagioklas feldspar dan horenblendem. Batu andesit juga memiliki kandungan mineral ferromagnesian gelap contohnya piroksen.

Melansir Geology Science, batuan andesit terbentuk saat rongga yang ditinggalkan gelembung gas di magma yang membeku terisi. Ruang itu biasanya diisi oleh mineral zeolit.

Andesit berasal dari letusan gunung berapi dan umum ditemukan berdekatan dengan abu vulkanik atau tufa. Lebih lanjut, batuan andesit memiliki kerapatan materi yang membuatnya bisa digunakan untuk konstruksi bangunan.

Lihat Juga: Kecam Penahanan Warga Desa Wadas: Polda Yogyakarta Digeruduk Massa hingga Penerapan Wajib Swab Masuk Desa

Melansir laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), batuan andesit bisa dimanfaatkan untuk fondasi bangunan atau agregat beton. Selain itu, batu jenis ini juga bisa dipakai sebagai ubin lantai maupun ubin dinding.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kandungan batuan andesit yaitu Pegunungan Andes. Selain itu bisa dijumpai pula di Pegunungan Cordillera yang membentang di wilayah Amerika Utara dan Amerika Tengah.

Asal Batu Andesit di Desa Wadas

Andesit terbagi dalam dua macam, yaitu yang terbentuk karena letusan gunung berapi dan yang berasal dari pembekuan magma (tanpa letusan gunung berapi).

Peneliti Geologi di Pusat Riset Oseanografi – BRIN, Yunia Witasari memaparkan batu andesit di Desa Wadas termasuk dalam batuan vulkanik yang bukan berasal dari letusan gunung berapi.

Lihat Juga: Kabar Ilmuwan Eijkman Dipecat Tanpa Pesangon, Begini Penjelasan BRIN

Artinya, batuan ini berasal dari magma yang keluar ke permukaan bumi. Magma tersebut meleleh dan kemudian secara perlahan keluar lewat rekahan atau sesar di batuan yang kemudian membeku menjadi batu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top