Life

Apa Resolusi Tahun Baru Anda?

Tahun baru 2018 hanya tinggal menghitung hari dan kebanyakan teman-teman atau rekan-rekan Anda pasti sudah sibuk memikirkan apa yang akan dilakukan untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Tapi bagaimana dengan Anda? Well, dari pada pusing memikirkan harus pergi kemana atau harus melakukan apa untuk tahun baru ini, bukankah sebaiknya Anda manfaatkan waktu yang tinggal sebentar ini untuk memikirkan apa resolusi tahun baru Anda?

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Ketika Membuat Resolusi

Tahukan Anda bahwa ternyata tidak banyak orang tahu bagaimana cara membuat resolusi yang benar sehingga akibatnya justru lebih sering gagal dari pada berhasilnya.

  • Terlalu banyak resolusi sehingga bingung mana yang harus dicapai terlebih dahulu. Tidak ada prioritas.
  • Tidak relevan. Memiliki mimpi memang bukan kejahatan tapi tujuan resolusi adalah agar mimpi tersebut bisa dicapai tapi kalau sudah tidak relevan dan tidak sesuai dengan kemampuan sebaiknya jangan dijadikan resolusi jika akhirnya hanya berujung pada kegagalan.
  • Terlalu memakan banyak waktu. Tidak masalah jika memang rosolusi yang dimaksudkan adalah jangka panjang tapi untuk resolusi tahunan sebaiknya pastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk mewujudkannya.

Cara Yang Tepat untuk Membuat Resolusi Tahun Baru

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan terdahulu sebaiknya mulailah membuat resolusi tahun baru dengan cara yang tepat.

  1. Harus Spesifik

Resolusi Anda harus spesifik. Misalnya tahun ini resolusi Anda adalah untuk menyelesaikan pendidikan atau ingin mengingkatkan jejang karir atau hanya sekedar ingin menurunkan berat badan. Pilih satu yang benar-benar spesifik dan jadikan prioritas. Tidak masalah memiliki lebih dari satu resolusi yang penting spesifik dengan tujuan akhir yang jelas. Misalnya dalam hal karir, tujuan akhir Anda adalah akan naik pangkat tahun ini atau dalam bidang pendidikan, sebelum tahun ini berakhir Anda harus sudah memiliki ijazah, dan jika resolusi pribadi untuk menurunkan berat badan misalnya, tujuan akhirnya adalah menurunkan setidaknya 10 kg atau lebih.

  1. Buat Rencana

Setelah menentukan resolusi buatlah rencana bagaimana sebaiknya Anda melakukannya agar tujuan tercapai. Sebagai contoh jika Anda ingin cepat lulus, selalu sisihkan waktu setidaknya beberapa jam sehari hanya khusus untuk menyelesaikan tugas akhir Anda atau jika itu urusan karir, pastikan seluruh target pekerjaan terselesaikan atau tercapai. Tidak perlu terlalu detail yang penting Anda tahu secara garis besar apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda.

  1. Dapat Dicapai

Jangan membuat resolusi jika Anda sendiri tidak yakin bahwa Anda bisa menyelesaikan resolusi tersebut. Misalnya jika menurut Anda waktu 12 bulan kedepan tidak cukup bagi Anda untuk menyelesaikan pendidikan maka jangan dijadikan resolusi. Tapi setidaknya Anda bisa menyesuaikannya misalnya setidaknya tahun ini Anda bisa menyelesaikan 50% dari tugas akhir Anda dan sisanya bisa dikejar tahun depan.

  1. Harus Relevan

Semua resolusi harus berasal dari diri Anda sendiri jangan karena alasan gengsi atau paksaan orang lain karena hasilnya tidak akan memuaskan bagi Anda. Jadi sebuah resolusi harus relevan dengan kehidupan Anda dan akan memberikan manfaat untuk diri Anda barulah kemudian untuk orang lain.

Intinya dalam membuat resolusi haruslah realitis dan tidak hanya sekedar membuat resolusi untuk menyemangati diri ataupun mengikuti apa kata orang lain. Resolusi harus dibuat berdasarkan kebutuhan hidup Anda sendiri, tentang apa yang ingin Anda capai atau cita-citakan tanpa adanya intervensi dari orang lain ataupun pakasaan dari siapapun. Happy New Year!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top