Life

Awal Tahun Mau Ganti Warna Cat Dinding? Ini Inspirasi Gradasinya

Awal Tahun Mau Ganti Warna Cat Dinding? Ini Inspirasi Gradasinya

This post is also available in: English

Tahun 2021 telah menyapa, dan kini saatnya Anda mengubah beberapa hal misalnya seperti interior dan warna cat dinding sesuai gradasi pilihan. Ya, salah satu cara agar menciptakan suasana ruang kamar yang nyaman adalah dengan memilih warna cat dinding yang tepat. Dalam pemilihannya, hal tersebut tergantung pada selera masing-masing orang.

Selain itu juga mempertimbangkan aspek estetika ruangan. Jika dilihat dari sisi psikologis, ternyata warna cat dinding bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk tidur. Berdasarkan Healthline, warna-warna khusus bisa menjadikan penghuni kamar lebih rileks.

Sedangkan warna-warna lainnya justru merangsang pikiran serta dapat membuat pikiran lebih terjaga. Secara umum, Anda dapat memilih warna cat dinding yang lebih redup. Berikut beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Cat Dinding Warna Biru

Cat Dinding Warna Biru
Cat Dinding Warna Biru

Warna biru dapat dikatakan sebagai warna terbaik pada ruang tidur. Tak hanya karena warna ini lebih redup, terdapat penelitian di tahun 2018 yang mengungkap fakta tentang warna ini. Warna biru dapat memberikan efek menenangkan bagi otak. Dalam penelitian tersebut, warna biru pada dinding aula di sebuah universitas dapat menenangkan mahasiswa.

Semua ragam warna biru dapat memunculkan suasana tenang. Namun, untuk kamar, Anda bisa memilih warna biru yang terang agar memberikan efek terbaik.

Cat Dinding Warna Hijau

Warna kedua yang cocok diaplikasikan untuk tembok kamar Anda adalah hijau. Warna hijau memang bisa membuat banyak orang teringat pada suasana alam. Karena itu, hijau dipercaya bisa menjadikan pikiran pengguna kamar menjadi lebih rileks.

Bagi kebanyakan orang, warna hijau adalah pilihan warna yang menyegarkan dan harmonis. Jika Anda bosan dengan nuansa warna di kamar Anda dan ingin memberikan kesan baru yang fresh, Anda bisa memilih warna hijau.

Agar tidak terkesan mencolok dan memberikan ilusi ruangan tampak luas, Anda bisa memilih cat dinding warna hijau yang tergolong soft. Jika Anda memiliki jendela yang terbuka, maka variasi tanaman hijau akan semakin bisa memaksimalkan keindahan dan kenyamanan di dalam ruangan.

Cat Dinding Warna Kuning

cat dinding
Cat Dinding Warna Kuning

Meski rekomendasi warna ketiga ini tidak selalu berhasil memicu seseorang untuk tidur, Anda tetap bisa menggunakan warna ini. Kuning diyakini tergolong salah satu warna yang disarankan. Hal ini disebabkan kuning adalah konotasi warna yang memberikan kesan menyenangkan.

Namun, dalam penggunaannya Anda perlu lebih cermat dalam memilih. Warna kuning yang cenderung terang untuk ruang tidur Anda dapat mengalihkan perhatian Anda. Efeknya Anda menjadi sulit rileks dan memejamkan mata. Solusi yang bisa Anda pilih adalah dengan menerapkan warna kuning pastel atau kuning soft.

Warna Earth Tone Sebagai Alternatif

Bagi Anda pecinta warna earth tone, ini kabar baik untuk Anda. Ternyata warna-warna bernuansa tanah ini juga cocok diaplikasikan pada tembok kamar Anda. Asalkan warna yang Anda pilih tidak terlalu gelap.

Anda bisa memilih cat dinding warna soft white atau krem. Silver juga bisa menjadi alternatif lain untuk menciptakan kesan damai. Selain itu, silver bisa membuat suasana lebih kondusif agar tidur lebih nyenyak.

Ingin Tidur Nyenyak? Sebaiknya Anda Hindari Warna Berikut

Ternyata, untuk bisa membantu pikiran kita rileks dan tidur nyenyak, ada beberapa warna yang harus Anda hindari. Khususnya jika warna tersebut ada di tembok kamar Anda. Beberapa warna tersebut adalah merah dan oranye. Kedua warna tersebut bisa membangkitkan semangat dan membuat seseorang lebih energik.

Terdapat penelitian yang dilakukan pada tahun 2014. Pada penelitian tersebut diperoleh hasil warna merah bisa membuat naluri melawan atau lari (fight or flight) dalam diri seseorang meningkat. Hal tersebut memicu pengguna ruangan menjadi lebih waspada serta sadar terhadap lingkungan sekitarnya. Jadi, warna terang seperti merah dan oranye tidak cocok diterapkan pada ruang tidur. Kedua warna tersebut tidak dapat membantu Anda merasa lebih rileks.

Selain kedua warna tersebut, ternyata warna neon, merah muda, dan ungu juga terlalu membuat pikiran seseorang terangsang. Hal tersebut dapat mengganggu usaha pengguna kamar untuk tidur. Pilihan warna coklat dan abu-abu gelap pun tidak tepat untuk ruang tidur. Alasannya adalah karena kedua warna tersebut bisa memicu perasaan tidak pasti.

Apabila Anda menginginkan warna lain yang dapat menimbulkan suasana lebih hidup dalam kamar, Anda dapat mempertimbangkan warna dengan versi soft. Misalnya, daripada memilih warna ungu yang cerah, Anda bisa menukarnya dengan warna lavender. Jika Anda ingin mengaplikasikan warna merah, lebih baik Anda memilih warna salmon yang memberikan kesan lebih soft.

Utamakan Warna Cerah

Utamakan Warna Cerah
Utamakan Warna Cerah

Anda dapat mempertimbangkan penggunaan warna-warna cerah yang terkesan energik untuk diterapkan di ruangan lain di rumah Anda. Contohnya, cat dinding warna cerah untuk ruang bekerja maupun ruang bermain anak. Warna cerah dapat membuat Anda lebih fokus bekerja serta memberikan kesan playful di ruang bermain anak.

Namun, warna apapun yang Anda pilih, jenis cat juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Hal tersebut dapat Anda lakukan untuk memperoleh kualitas tidur yang lebih baik. Jenis cat yang glossy atau terlalu mengkilap bisa memantulkan cahaya lampu.

Baca Juga : Dekorasi Rumah Agar Keluarga Semakin Betah Selama Masa Pandemi

Hal tersebut dapat merangsang otak Anda untuk terus berjaga. Akhirnya Anda tidak bisa dengan mudah rileks dan terlelap. Sebagai solusi, Anda bisa memilih cat dengan finishing matte. Jenis tersebut direkomendasikan untuk kamar tidur Anda.

Nah, itu tadi beberapa pembahasan tentang warna kamar tidur yang dapat menimbulkan perasaan nyaman bagi penggunanya. Di antara rekomendasi di atas, manakah warna cat dinding favorit Anda?

Baca Juga : Langkah Mudah Menggambar Mural di Dinding Kamar

Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar ya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda. Kualitas tidur yang baik dapat membuat tubuh lebih segar ketika bangun. Anda pun menjadi lebih bersemangat melakukan aktivitas.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top