Life

Axolotl atau Salamander dengan Sebutan Monster Air

Axolotl

This post is also available in: English

Axolotl yang juga di sebut salamander meksiko (Ambystoma mexicanum) atau sebagian menyebutnya moster air karna bentuknya yang sangat berbeda dari binatang binatang pada umumnya.

Kata Axolotl berasal dari bahasa Nāhuatl āxōlōtl (tunggal) atau āxōlōmeh (jamak) yang memiliki arti “monster air”. Spesies ini jugak mempunyai sebutan ojolote yang mana sebutan itu adalah sebutan nama umum bagi salamander yang berbeda.

Reproduksi hewan amfibi Axolotl berbeda dari jenis jenis amfibi pada umumnya. Larva Axolotl tidak mengalami metomorfosis sehingga Oxolotl dewasa bersifat akuatik yaitu tetap memiliki insang seperti Axolotl kecil.

Axolotl adalah hewan dengan kemampuan sangat luarbiasa karna dia bisa meregenerasi hampir dari seluruh bagian tubuhnya. Karna itu pula hewan amfibi Axolotl sering digunakan sebagai penelitian ilmiah selama ini.

Sayangnya Axolotl hewan unik dengan kemampuan luar biasa ini, sekarang termasuk dalam spesies yang terancam punah di karenakan pada tahun 2010 di Ciudad de Mexico terjadi urbanisasi dan polusi air. Akibatnya ikan tilapia Afroka, karper Asia dan lain lainnya dari luar meksiko memakan Axolotl muda serta sumber makanan utama Axolotl.

To Top