Life

Ayo Buat Sendiri Pengharum Ruangan dan Lilin Aroma Terapi

Ayo Buat Sendiri Pengharum Ruangan dan Lilin Aroma Terapi

Selain untuk menenangkan pikiran, aroma terapi pun dipercaya memberi pengaruh positif bagi kesehatan mental dan fisik. Seperti aroma melati yang dapat meringankan depresi atau aroma lavender yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan flu.

Sebagai kaum urban yang memiliki rutinitas padat sehari-hari, menghirup aroma terapi tentu akan membantu mengembalikan mood. Aroma terapi biasa dihirup sebagai lilin wangi atau pengharum ruangan. Daripada harus membeli, tidak ada salahnya Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut kami merangkum cara membuat pengharum ruangan dan lilin aroma terapi untuk Anda.

Pengharum Ruangan Aroma Terapi Citrus

Jika Anda perhatikan, aroma citrus atau jeruk sangat banyak ditemukan dalam banyak produk aroma terapi. Jika Anda tertarik menggunakan aroma ini sebagai pengharum ruangan, simak tahapan cara membuatnya berikut ini. Pertama-tama, iris lemon, jeruk dan jeruk nipis kemudian masukkan irisan ketiganya dalam wadah. Tuang cairan alkohol  secukupnya. Tutup rapat wadah dan biarkan semalaman. Biasanya, semakin lama direndam, campuran alkohol dan irisan jeruk ini akan semakin wangi. Maka, coba perkirakan waktu yang tepat hingga Anda bisa menggunakannya.

Setelah direndam, saring campuran tersebut dan tuang ke dalam botol spray. Pengharum ruangan aroma citrus siap dipakai. Semprot pada ruangan yang Anda kehendaki setiap diperlukan.

Pengharum Ruangan Aroma Terapi Mint

Anda perlu menyiapkan tiga macam minyak esensial untuk membuat pengharum ruangan aroma mint ini. Yaitu, minyak esensial peppermint, lemon dan jeruk. Cara membuatnya begitu sederhana, Anda tinggal mencampurkan 10 tetes minyak esensial peppermint dan minyak esensial lemon dan jeruk masing-masing 5 tetes ke dalam air bunga jeruk. Tambahkan air secukupnya kemudian tuang ke dalam botol spray. Aroma mint yang menenangkan siap menyegarkan ruangan Anda.

Pengharum Ruangan Aroma Terapi Mawar

Siapa yang tidak suka keharuman bunga yang identik dengan warna merah ini? Untuk mengharumkan ruangan Anda dengan aroma mawar, cara membuatnya sangat simpel. Anda hanya perlu menggunakan minyak esensial mawar sebanyak 10 tetes dan 3 sdm air mawar. Campurkan keduanya dalam botol spray kemudian tambahkan 125 ml air matang. Nikmati aroma mawar yang elegan sebagai pengharum ruanganmu.

Ayo Buat Sendiri Pengharum Ruangan dan Lilin Aroma Terapi

Gambar: Freepik.com

Lilin Aroma Terapi Kopi

Kopi dikenal dengan aromanya yang khas. Kini Anda dapat menikmati aroma kopi tersebut sebagai pengharum ruangan dengan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Caranya, siapkan potongan lilin atau wax kemudian masukkan potongan tersebut ke dalam cawan atau stoples kaca ukuran kecil. Lelehkan lilin dalam oven atau microwave selama setengah menit. Agar tidak pecah, pastikan cawan atau stoples yang Anda gunakan tahan panas. Letakkan sumbu di tengah cawan atau stoples, kemudian tuang lelehan lilin tadi ke dalamnya. Diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelahnya barulah taburkan bubuk kopi di atasnya. Anda bisa menggunakan taburan biji kopi yang Anda giling sendiri untuk mendapatkan aroma kopi yang lebih kuat. Sebelum dinyalakan, pastikan lilin telah mengeras sepenuhnya. Lilin aroma terapi kopi ini cocok bagi Anda yang menyukai aroma kopi namun tidak menyukai bentuk minumannya.

Lilin Aroma Terapi Beeswax

Anda menyukai aroma manis dari beeswax? Tidak ada salahnya menjadikan aroma ini sebagai pengharum ruanganmu. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan lilin lebah atau beeswax. Ada dua jenis lilin lebah yang dijual di pasaran. Yaitu, lilin lebah berbentuk balok dan butiran. Dalam proses pembuatan lilin ini tentu akan lebih mudah menggunakan lilin lebah berbentuk butiran.

Tuang butiran lilin lebah tersebut ke dalam wadah yang Anda kehendaki secukupnya. Pastikan Anda menuangnya dengan rata dan seimbang karena begitu dilelehkan maka lilin akan langsung tercetak di wadah. Lelehkan lilin menggunakan oven atau microwave. Letakkan sumbu dan tunggu hingga lilin kembali mengeras. Nyalakan lilin ketika benar-benar sudah kering.

Lilin Aroma Terapi Mawar

Jika tadi kami membahas pengharum ruangan aroma mawar, kini kami akan mengajak Anda membuat lilin aroma terapi mawar untuk Anda yang lebih menyukai aroma terapi dalam bentuk lilin. Seperti biasa, Anda perlu melelehkan lilin lebih dulu. Tuang lilin ke dalam wadah dan biarkan hingga mengering. Jika sebelumnya Anda biasa mencampur bahan pewangi bersama lilin, maka kali ini Anda hanya perlu mengoles minyak esensial mawar ke badan lilin untuk mendapatkan lilin aroma terapi mawar. Gunakan kapas untuk mengoles minyak.

Tips:

  • Gunakan stearin untuk membantu lilin mengeras lebih cepat.
  • Anda boleh menggunakan pewangi lain selain minyak esensial, seperti pewangi khusus lilin atau minyak pewangi. Penggunaan minyak esensial hanya untuk menambah khasiat kesehatan.
  • Pastikan Anda selalu menggunakan lilin tanpa pewangi untuk dilelehkan.
  • Letakkan sumbu dengan tegak dan posisi di tengah. Gunakan alat bantu seperti mengikat sumbu ke batang pensil dan taruh pensil tersebut di atas wadah yang sudah diisi lelehan lilin.

Bagaimana, tidak terlalu sulit untuk membuat pengharum ruangan dan lilin aroma terapi, bukan? Selain lebih hemat, membuat aroma terapi sendiri juga memungkinkan Anda leluasa memilih aroma apa yang akan Anda gunakan. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top