Life

Bacaan Niat Doa Puasa dan Doa Sahur Ramadhan Sebulan Penuh

Bacaan Niat Doa Puasa dan Doa Sahur Ramadhan Sebulan Penuh

Bacaan Niat Doa Puasa dan Doa Sahur Ramadhan Sebulan Penuh, Ini Selengkapnya, Marhaban ya Ramadhan, tak terasa di tahun ini, kita akan menemui bulan Ramadhan lagi. Semua umat muslim wajib melakukan puasa Ramadhan dalam memenuhi rukun islam ketiga. Karena hukumnya wajib, maka Anda akan mendapatkan dosa ketika tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan, dimana begitu banyak keberkahan serta limpahan segala kebaikan dari Allah bagi seluruh umat muslim di dunia yang menjalankan ibadah puasa. Dan sungguhlah sebuah kesempatan besar serta keberuntungan apabila kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan yang sejatinya kesempatan ini tidak di sia-siakan sebagaimana firman Allah SWT:

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ

-“ Jika telah masuk bulan Ramadhan terbukalah pintu-pintu langit, dan tertutup pintu-pintu neraka jahannam, serta syaitan-syaitan dibelenggu”

Bacaan doa niat puasa Ramadhan sebulan:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

-Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa

-“Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala”

Setelah mengetahui niat untuk puasa, maka Anda harus mengetahui tentang doa untuk makan sahur. Niat sebelum makan sahur atau doa sahur:

ـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

-Dibaca:
Nawaitu shauma gadhin ‘an adaai fardhu syahri ramadhaan haadzihis sanati lillahi ta’aalaa.

-Artinya:
“Dengan nama Allah yg maha Pengasih maha Penyayang saya berniat berpuasa sehari penuh besok dalam bulan ini bulan Ramadhan, karena Engkau ya Allah”.

Bacaan Niat Doa Puasa dan Doa Sahur Ramadhan Sebulan Penuh
Bulan Ramadhan

Selain niat sahur atau doa sahur di atas, berikut ini juga akan sedikit dibahas mengenai bagaimana cara agar sahur kita bisa menjadi penunjang lancarnya puasa di hari esok. Niat sahur untuk berpuasa di esok hari karena Allah semata.

Niat sahur merupakan awal yang baik sebelum menyantap makanan sahur sehingga tujuan dari sahur jelas, dan insya Allah akan berkah di mata Allah SWT. Jangan makan sahur dengan porsi yang lebih banyak dari porsi makan Anda biasanya makan. Karena jika lebih banyak itu justru akan membuat perut Anda kekenyangan dan merasa tidak nyaman.

Selain itu, makanan yang masuk ke tubuh dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh Anda lebih cepat mengalami dehidrasi. Namun demikian, makan dengan porsi yang terlalu sedikit juga tidak baik, karena bisa mengurangi energi dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lemas.

Saat sahur, perbanyaklah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Oleh tubuh, karbohidrat kompleks akan dicerna lebih lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan, dengan demikian perut Anda pun akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks juga bisa mencegah dehidrasi karena fungsinya yang mampu membantu tubuh menyerap air lebih efisien.

Anda juga jangan terburu-buru saat makan sahur. Karena, mengunyah makanan terlalu cepat akan membuat kadar gula dalam darah terganggu, sehingga beberapa jam saja setelah sahur perut Anda sudah akan merasa lapar. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat kita makan terlalu cepat. Akibatnya, proses penyerapan nutrisi oleh tubuh kurang sempurna sehingga Anda pun akan cepat merasa lemas.

Baca Juga : Menu Sahur dan Buka Puasa Ala Nabi Muhammad Rasulullah SAW

Itulah uraian niat puasa dan doa sahur yang bisa Anda terapkan saat bulan puasa nanti, Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top