Life

Badan Golgi : Pengertian, Struktur dan Fungsi

Badan Golgi

Badan Golgi atau Golgi Apparatus tampak memiliki susunan sebagai timbunan kantong kempis yang masing-masing tak terkait. Kantong-kantong itu dimaksud sisternae. Kantong-kantong yang tengah tumbuh ada pada posisi terbawah dengan pinggir kantong yang mulai menggelembung dikatakan sebagai permukaan cis.

Sisternae yang telah lewat perkembangan dengan pinggir kantong yang menggelembung semakin besar ada pada posisi paling atas yang dimaksud permukaan trans.

Sisternae yang ada di antara permukaan cis serta permukaan trans adalah kantong-kantong yang tengah tumbuh serta bergerak sampai meraih permukaan trans.

Badan Golgi

Badan Golgi
Gambar : Struktur Badan Golgi

Apa itu Badan Golgi? (aparatus Golgi, kompleks Golgi atau diktiosom) adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel. Struktur ini dapat dilihat menggunakan mikroskop dengan cahaya biasa.

sebagai organel sel eukariotik bertindak dalam banyak sistem seluler yang tidak sama, namun yang paling utama yaitu dalam soal sekresi. Apa Fungsi dan manfaat yang lain dari Badan golgi?

Fungsi aparatus Golgi

  1. Mengemas beberapa bahan sekresi yang bakal dibebaskan dari sel.
  2. Mengolah protein-protein yang sudah disintesis oleh ribosom dari reticulum endosperma
  3. Mensintesis polisakarida spesifik serta glikolipid
  4. Pilih protein untuk beragam tempat dalam sel. Protein yang diperuntukkan untuk granular sekresi, lisosom, serta membrane plasma diantar ke cis dari badan golgi selama ada keunggulan protein membrane reticulum endoplasma. Protein reticulum endoplasma dipercaya kembali pada reticulum endoplasma oleh pembuluh kecil yang dibebaskan dari cis.
  5. Perbanyak elemen membran yang baru untuk membrane plasma.
  6. Mengolah kembali komponen-komponen membrane plasma yang sudah masuk sitosol sepanjang endositosis. Komponen-komponen membrane yang masuk ke tubuh golgi menyusul endositosis bisa diolah serta dipakai kembali dalam sekresi, dalam pembentukan lisosom, atau dalam perbaikan membrane plasma tersebut.
  7. Membuat musin. Musin adalah protein yang ditempeli karbohidrat.

Badan golgi memiliki manfaat yang terkait dengan RE. Terdiri atas dua segi, satu diantara sisinya berperan menerima kantong transpor yang dihasilkan RE. Kantong transport memiliki kandungan molekul glikoprotein.

Baca Juga : Pengertian, Struktur dan Fungsi Plastida

Sesaat segi yang lain berperan keluarkan substansi yang ketinggalan dalam RE. substansi itu dikemas dalam kantong transport serta adalah product paling akhir. Product ini bisa jadi sisi dari membrane plasma atau organel yang lain atau lisosom.

To Top