Life

Bagaimana Cara Orang Pintar Menghadapi Orang Yang Tidak Mereka Sukai

Sebagai makhlus sosial tentunya kita diharuskan untuk berinteraksi dengan berbagai macam karakter orang baik ketika masih duduk di bangku sekolah atau ketika sudah memasuki dunia kerja. Tentunya, akan ada banyak sekali karakter orang disekitar kita dan pastinya tak semua orang juga bisa ‘nyambung’ atau cocok dengan karakter kita dan ada beberapa karakter orang yang mungkin tidak bisa kita terima dengan baik bahkan cenderung tidak disukai. Namun haruskah kita menghindari orang tersebut padahal setiap hari kita harus berhubungan secara professional? Tentu saja tidak pelajari bagaimana cara orang pintar menghadapi orang yang tidak mereka sukai dan tetap bisa bersikap professional.

  1. Mereka Menerima Kenyataan Bahwa Mereka Tak Akan Bisa Menyukai Setiap Orang

Kadangkala kita terlalu fokus untuk menjadi ‘orang baik’ dan berusaha sekuat tenaga untuk bersikap baik terhadap semua orang namun tetap saja ada beberapa sifat atau karakter orang yang tetap tidak kita sukai. Orang pintar menerima kenyataan tersebut dan berdamai pada diri sendiri bahwa mereka tetap bisa menjadi orang baik dan ketidaksukaan itu adalah hasil dari adanya perbedaan pendapat atau pandangan saja.

  1. Mereka Bertahan dan Bukannya Menghindari Orang Yang Tidak Mereka Sukai

Bertahan disini maksudnya adalah tidak perduli betapa tidak lucunya lelucon yang dilontarkan orang tersebut atau tidak perduli seberapa buruk kritikan yang sering dia ucapkan tanpa berfikir panjang, orang pintar tetap bertahan karena seburuk-buruknya seseorang pasti ada sisi positifnya. Ingat, bahwa Anda sendiri tidak sempurna dan orang masih mau toleransi berteman dengan Anda.

  1. Mereka Tetap Memperlakukan Orang Yang Tidak Mereka Sukai Secara Manusiawi

Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda bersikap buruk terhadap seseorang tidak perduli orang tersebut memiliki sifat yang mungkin jauh lebih buruk, secara professional hal ini tidak akan baik untuk karir Anda. Hal ini dikarenakan apa yang Anda lakukan terhadap orang lain, maka hal itulah yang akan kembali kepada Anda.

  1. Mereka Mengukur Kembali Ekspektasi Mereka

Coba Anda fikir kembali apakah ekspektasi Anda terhadap seseorang terlalu tinggi. Misalnya karena berparas cantik, Anda akan bereksptasi bahwa sifatnya juga bak putri raja padahal belum tentu akhirnya Anda berubah menjadi tidak suka. Ukur kembali ekspektasi Anda dan berusaha untuk menerima kekurangan orang lain.

  1. Mereka Lebih Fokus Memperbaiki Diri

Orang pintar tidak akan terus menerus mencari kesalahan dari orang-orang yang tidak disukainya, malah sebaliknya, orang pintar akan menjadi sifat orang-orang yang tidak disukainya itu menjadi cerminan dirinya dan terus memperbaiki diri.

  1. Mereka Menyuarakan Pendapat Mereka

Dari pada memendam ketidaksukaan sendiri atau berbicara di belakang orang pintar akan menyuarakan pendapat mereka. Mereka tidak akan segan-segan menyampaikan hal-hal yang dianggap perlu disampaikan.

  1. Mereka Berhenti Sejenak dan Menarik Nafas

Jika semua hal sudah dilakukan bahkan mengkonfrontasi langsung orang yang tidak disukai terhadap sikap-sikapnya yang menurut Anda perlu diperbaiki, orang pintar tidak langsung terbawa emosi tapi memilih untuk berhenti sejenak dan menarik nafas.

  1. Mereka Membuat Jarak

Bahkan ketika setelah berhenti sejenak dan menarik nafas Anda masih bisa belum bisa menolerir sifat orang yang tidak disukai dan sepertinya orang tersebut pun tak ada niat untuk memperbaiki diri maka orang pintar akan memilih untuk membuat jarak dan berhubungan hanya jika perlu saja.

Tentu saja kita pasti lebih berharap bahwa orang yang tidak kita sukai sebaiknya pergi jauh-jauh dari hidup kita tapi kadang kala harapan hanya tinggal harapan, terutama ketika dalam dunia kerja dimana kita harus tetap bisa bersikap professional kepada semua orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top