Life

Bahaya Mengintai Dibalik Deretan Kartu Kredit di Dompet Anda

Memang menggiurkan ketika melihat penawaran yang ditawarkan oleh para sales kartu kredit yang biasanya banyak Anda temui di mall belum lagi ketika melihat senyum menawan mereka yang tak jarang membuat Anda tergoda untuk menambah daftar kartu kredit di dalam dompet Anda. Yang lebih lucunya lagi, banyak orang yang merasa bangga ketika melihat deretan kartu-kartu warna warni berlabel kartu kredit di dalam dompet mereka, bagi mereka itu seperti prestige dan ketinggalan jaman jika tidak memiliki kartu kredit. Namun kenyataannya adalah semakin banyak daftar kredit yang Anda miliki semakin miskin Anda sebenarnya karena semakin banyak hutang yang harus Anda bayar sementara mereka yang tidak memiliki kartu kredit sama sekali dan hanya hidup sesuai dengan kemampuan mereka dan terbiasa untuk membayar secara tunai justru merekalah orang kaya yang sebenarnya karena tidak adanya kewajiban untuk membayar hutang.

Bahaya Kartu Kredit Bagi Keuangan Anda

Kartu kredit diciptakan untuk memudahkan dan beberapa orang memang memanfaatkannya untuk membantu mengatur keuangan mereka dan kartu kredit juga solusi cepat dalam keadaan darurat namun di tangan orang yang salah kartu kredit bisa berbahaya bagi keuangan Anda, jadi sebelum Anda memutuskan untuk menambah daftar kartu kredit Anda sebaiknya pertimbangkan risiko-risiko yang mungkin terjadi seperti di bawah ini.

  1. Kartu kredit adalah alat pembayaran pengganti uang tunai, itu artinya seharusnya Anda memiliki uang tunai dulu sebelum membayar. Sayangnya, kebanyakan orang meanggap kartu kredit sebagai alat pembayaran utama tidak perduli di rekening mereka ada uangnya atau tidak karena menurut mereka itulah fungsinya kredit. Well, jika gaya hidup seperti ini yang Anda terapkan lama-lama dapat membahayakan kondisi keuangan Anda apalagi ketika Anda tidak lagi dapat mengingat berapa jumlah hutang kartu kredit Anda.
  2. Sistem kredit memang menggiurkan yang memungkinkan bagi Anda untuk memiliki barang yang Anda inginkan dan membayarnya belakangan. Sayangnya, harusnya sistem ini harus Anda manfaatkan hanya jika Anda benar-benar butuh sementara uang tidak ada tapi kenyataannya, kartu kredit dimanfaatkan untuk memenuhi keinginan dan gaya hidup yang sebenarnya tidak urgent. Dengan kata lain, jika Anda tidak hati-hati sistem kredit bisa sangat melenakan dan akhirnya Anda harus mengatasi hutang-hutang yang menumpuk.
  3. Walaupun banyak sekali diskon-diskon menggiurkan yang ditawarkan tapi Anda harus tahu bahwa bunga kartu kredit sangatlah besar. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit jangan hanya ingat diskon atau hadiah menarik yang Anda terima tapi harus ingat juga dengan bunga-bunga tagihan yang harus Anda bayarkan.
  4. Sebagai manusia ada masanya ketika kita lupa membayar hutang namun Anda harus rela hidup Anda terusik karena setiap bulan, jika Anda lupa atau terlambat membayar tagihan kartu kredit walaupun cuma sehari maka akan ada panggilan telpon yang tak henti-hentinya menelpon Anda sampai Anda melunasi hutang-hutang tersebut.
  5. Beberapa survey juga mengatakan bahwa dengan memiliki kartu kredit membuat kebanyakan orang menjadi lebih konsumtif. Itu artinya mereka jadi lebih suka membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan tapi karena mereka ingin dan karena sistem kredit memungkinkan mereka untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Kartu kredit tidak selalu buruk, di tangan orang yang tepat kartu kredit bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mengatur keuangan menjadi lebih baik dan bahkan kartu kredit sangat berguna di saat-saat emergency dimana tidak memungkinkan bagi Anda untuk menyediakan uang tunai. Selain itu bagi Anda yang suka berbelanja online, kartu kredit memang sangat memudahkan dan kartu kredit juga solusi keuangan terbaik ketika Anda berada di luar negeri dan tidak terlalu paham dengan sistem mata uang di negara tersebut. Namun untuk menghindari bahaya-bahaya seperti disebutkan di atas Anda harus bijak dalam menggunakannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top