Life

Bakal Uji Coba dengan Timnas Indonesia, Ini Kuliner Khas Afghanistan

Bakal Uji Coba dengan Timnas Indonesia, Ini Kuliner Khas Afghanistan

Duel Timnas Indonesia vs Afghanistan menjadi laga persiapan sebelum Piala AFF. Di tengah antusiasme menyambut laga uji coba yang akan digelar pada Selasa (16/11/2021) malam di Stadion Gloria Sports Arena, Turki, ternyata banyak hal menarik yang patut disimak tentang Afghanistan. Bukan hanya sepak bola, berikut kuliner khas Afghanistan yang menggiurkan.

Lihat Juga: Timnas Indonesia Vs Afghanistan, Debut Shin Tae Yong Bersama Tim Senior

Sheer Khurma, Sajian Khas Idul Fitri

Secara harfiah Sheer khurma merupakan susu dengan kurma yang menjadi hidangan khas Muslim yang umum dihidangkan sebagai sarapan usai sholat subuh selama Idul Fitri. Selain itu, sheer khurma juga dihidangkan sepanjang hari untuk para tamu yang datang berkunjung. Tidak hanya di Afghanistan, sajian ini juga populer di India dan Asia Tengah.

Mantu (Manto), Pangsit Isi Daging Ala Afghanistan

Manto ialah kuliner jalanan yang umum dijumpai di Afghanistan. Kuliner khas Afghanistan satu ini terbuat dari daging cincang yang dibumbui dengan aneka rempah khas yang dibalut kulit pangsit dan dikukus. Karena sedikit mengandung minyak dan bebas gluten, Manto menjadi hidangan sehat yang mudah dicerna.

Hidangan Nasional, Kabuli Pulao

Saking populernya, kabuli pulao sampai disebut sebagai hidangan nasional Afghanistan. Dilihat sekilas makanan ini mirip dengan nasi goreng, yaitu campuran nasi, daging domba, sayuran, kacang-kacangan dan dibumbui dengan aneka rempah-rempah. Setiap daerah juga mempunyai citarasanya sendiri, hal ini tergantung pada rempah dan bahan-bahan yang digunakan.

Lihat Juga: Festival Kuliner Fenomenal Dunia

Bolani, Roti Pipih dengan Isian Sayuran

Bolani dikenal juga dengan nama lain Poraki atau Perakai yang merupakan roti pipih dengan isian sayuran. Biasanya sayuran yang dijadikan isian yaitu bayam, namun bisa juga diganti dengan sayuran lain, seperti labu, kentang atau daun bawang. Masyarakat lokal negara ini biasanya menyantap kuliner khas Afghanistan satu ini dengan mencelupkannya ke dalam yogurt.

Ashak, Dumpling dengan Cita Rasa Unik dari Kabul

Ashak sangat umum dihidangkan saat hari libur atau hari-hari besar seperti Idul Fitri. Makanan ini terbuat dari pangsit dengan isian daun bawang dan disajikan bersama saus tomat. Selain itu, ashak juga sering dimakan bersama yogurt dan sedikit daun mint kering. Hal ini membuat rasanya sedikit pedas dan asam serta unik karena adanya daun mint.

Jika berkesempatan mengunjungi negara ini, jangan lupa cicipi kuliner khas Afghanistan di atas ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top