Life

Belum Tahu Bakat dan Minat Kamu? Yuk Simak Tips Mengenali Potensi Diri Berikut

tips mengenali potensi diri

Tips Mengenali Potensi Diri –  Sampai saat ini apakah kamu masih sering bertanya apa sebenarnya bakat yang kamu punya? Mengapa tidak  punya bakat yang spesial? Terus apa yang membuatku berbeda dari orang lain? Atau kira-kira aku sudah bermanfaat bagi orang sekitar atau belum ya?  

Tenang kamu nggak sendiri kok. Masih cukup banyak orang yang bertanya demikian. Tak jarang hal tersebut baru mereka lontarkan ketika telah melihat orang lain berkembang. Alhasil timbul keinginan untuk berkembang juga. 

Namun masalahnya adalah masih banyak orang yang belum mengetahui apa potensi yang mereka miliki? Sejak kecil tidak punya bakat khusus atau karena menjalani hidup yang seperti ini-ini saja? 

Masih ada waktu untuk berkembang. Salah satu langkahnya adalah dengan mengenali potensi diri terlebih dahulu. Nah berikut ini tips mengenali potensi diri agar kamu dapat berkembang. 

1. Ubah mindset Temukan Potensi Diri

Ubah mindset kalau kamu harus berkembang

Pertama, segala sesuatu berawal dari mindset. Pernahkah kamu mendengar bahwa “aku adalah apa yang aku pikirkan”. Artinya segala tentang diri kita bisa kita bangun dengan menanamkan mindset terlebih dahulu. 

Dengan kata lain, setiap mindset atau pola pikir yang kita bangun, secara tidak langsung diri kita akan mengikutinya. Hal tersebut disebabkan oleh sugesti dari pikiran kita sendiri. Sekadar informasi mindset tersebut akan tertanam dalam alam bawah sadar seseorang. Nah alam bawah sadar ini memiliki pengaruh sekitar 80% lho! 

Hal ini berarti alam bawah sadar pengaruhnya lebih besar dibandingkan kesadaran kita sendiri. Untuk itu, yuk ubah mindset bahwa kamu harus berkembang. Lihat dan belajarlah dari orang-orang yang telah sukses. Contoh mindset yang mereka terapkan. Dengan begitu niscaya kamu bisa menyusul untuk sukses juga. 

2. Tentukan target 

Tentukan target

Tips mengenali potensi diri yang selanjutnya adalah menentukan target. Target ini sangat penting dalam proses berkembang seseorang. Kalau kamu tidak memiliki target bagaimana untuk mengukur perkembangan kamu? 

Untuk itu, tetapkan dahulu target yang ingin kamu capai selama masa perkembangan diri kamu. Misalnya ketika potensimu adalah berbakat di bidang seni, target yang dapat kamu tetapkan yakni mengikuti lomba di bidang kesenian. 

Nah hal itulah yang akhirnya membuat kamu berkembang. Cobalah tinjau mana bidang yang kamu suka. Kemudian tetapkanlah target dalam bidang tersebut. Sudah siap melangkah pada tahap berikutnya? 

3. Membentuk habits atau Potensi Diri

Potensi Diri

Selain target, hal yang tidak kalah penting adalah habits. Habits atau kebiasaan adalah satu rangkaian atau upaya yang dilakukan secara terus menerus untuk membangun satu tujuan yang ingin kamu capai. 

Misalnya kamu ingin menjadi seorang yang gemar menabung. Habits untuk menjadi seperti itu kamu harus membentuk kebiasaan menabung setiap harinya. Ketika sudah berjalan minimal 21 hari, dapat dipastikan habit kamu sudah terbentuk. 

Nah habit ini sangat cocok digunakan untuk menjalankan target. Artinya target yang kamu tetapkan dapat kamu capai dengan cara membangun habit yang relevan dengan target tersebut.  

Ingat untuk menjadi habit, minimal lakukanlah pembiasaan selama 21 hari ya! Setelahnya kamu tidak perlu lagi memaksakan diri untuk melakukan aktivitas tertentu karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. 

4. Segera bertindak 

Segera bertindak

Hey kali ini sepertinya kamu sudah memiliki rencana yang jelas. Mulai dari sudah mengatur mindset mau untuk berkembang, menetapkan target, serta membentuk habit dengan segenap perencanannya. 

Namun hal tersebut tidak akan berguna jika kamu tidak bertindak. Cara terbaik adalah segera bertindak. Kalau kamu hanya tahu tetapi tidak menjalankan, sama saja dengan orang yang tidak tahu. 

Langkah terbaik setelah mengetahui ilmunya adalah dengan cara segera mempraktikkanya. Cobalah untuk bertindak hari demi hari. Jika kamu masih kesulitan, jangan berhenti terlebih dahulu. Sambil jalan sambil mengevaluasi ya! 

5. Cobalah hal baru Untuk Menemukan Potensi Diri

Potensi Dirimencoba hal baru

Tips mengenali potensi diri selanjutnya bisa dengan cara mencoba hal baru. Siapa ini yang masih mencari bakat karena minatnya kepada banyak hal? Atau siapa yang sudah bosan tiap kali mencoba sesuatu? 

Nah mungkin saja ketika kamu bosan menjalankannya, itu bukan hal yang kamu minati. Sebab, ketika berbicara mengenai passion, tidak terlepas dari segala sesuatu yang ketika kamu lakukan, kamu tidak akan merasa bosan. Atau mengenai segala sesuatu yang rela kamu kerjakan meskipun kamu sudah lelah. 

Jika kamu belum mengetahuinya, cobalah untuk mencoba hal baru. Siapa tahu hal itulah yang memang menjadi kesenanganmu. Dengan sejumlah target yang telah kamu tetapkan tadi, adakah salah satunya merupakan target untuk belajar ilmu baru setiap bulannya? 

6. Open minded 

Open minded

Satu lagi tips untuk mengiringi mindset yang sudah kamu bangun. Kamu harus bertumbuh menjadi orang yang open minded. Artinya kamu terbuka pada kesempatan baru, terbuka pada pikiran-pikiran baru yang lebih maju. 

Untuk bisa berkembang, kamu tidak bisa menjadi seorang dengan mindset tertutup. Hal tersebut justru yang membuatmu enggan untuk berkembang dan malah lebih memilih berada pada zona nyaman. 

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan belajar ilmu dari orang lain, mengamati pemikiran orang-orang, sampai dengan berdiskusi untuk menyimpulkan satu permasalahan. 

7. Find good circle 

Find good circle

Tips mengenali potensi diri tidak lengkap jika kamu belum menemukan lingkungan yang baik. Seiring berjalannya kedewasaan, kamu akan merasa bahwa lingkungan pertemanan semakin sempit. Banyak teman yang mulai menjauh karena sudah tidak satu visi. 

Sejalan dengan hal tersebut, sedikit orang yang datang karena memiliki ketertarikan yang sama. Untuk itu kamu perlu benar-benar memilah mana yang merupakan lingkungan yang baik. Jangan sampai terjebak dalam toxic relationship yang dapat menghambat perkembangan dirimu. 

Untuk menemukan lingkungan yang baik, bergabunglah dengan komunitas atau organisasi yang sejalan dengan visimu. Di sana kamu akan menemukan mereka yang bersemangat dalam mengembangkan diri di bidang tersebut. 

8. Milikilah Sebuah Komitmen

Milikilah Sebuah Komitmen

Segala sesuatu, renca, dan pelaksanaan yang dijalankan tanpa komitmen pasti tidak akan pernah sampai di ujung cerita. Mereka akan berhenti di tengah jalan tanpa kabar dan akhir yang jelas. 

Nah untuk mempertahankan tips mengenali potensi diri yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus memiliki komitmen. Tanpa komitmen kamu pasti masih bertanya kenapa kamu melakukannya. 

Melalui sebuah komitmen ini kamu berjanji pada diri sendiri untuk dapat terus bekerja keras dan belajar hingga tujuan kamu tercapai, setuju? 

Selain dapat tips mengenali potensi diri, kamu juga bisa berkembang dengan menerapkan sejumlah tips tersebut. Jangan lupa untuk dipraktikkan dan dievaluasi ya guys. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top