Batagor Kulit Pangsit: Resep dan Cara Masak

Date:

Saat musim hujan seperti sekarang ini, hampir setiap hari diguyur hujan. kalau sudah begini pastilah enaknya menikmati makanan camilan bersama keluarga dirumah. Karena momen berkumpul bersama keluarga sambil menikmati camilan hangat ‘Batagor” pastilah sangat menyenangkan.

Setelah beberapa saat “membongkar” kulkas, saya temukan stock kulit pangsit. Akhirnya saya putuskan buat bikin batagor kulit pangsit versi DIY. Di pusat jajanan biasa disebut gorengan.

Resepnya saya dapat dari adaptasi kalau biasa saya bikin pempek hanya ada tambahan daging ayam dan sayur sayuran di batagor saya ini. Plus bumbu kacang yang nikmat atau biasa saya lebih suka dicocol dengan mayonaise.

Yuk…. , langsung saja kita memulai membuat batagor kulit pangsit.

Bahan

  1. 2 sdm tepung terigu
  2. 100ml air
  3. 1/2 sdt gula
  4. 1 sdt garam
  5. 2 siung bawang putih dihaluskan
  6. Merica secukupnya
  7. Bahan penyedap (Optional)
  8. 3 sdm minyak goreng
  9. Kulit pangsit siap pakai
  10. 100gr daging ayam cincang
  11. 400gr tepung kanji
  12. 1 butir telur kocok lepas
  13. Daun bawang diiris iris
  14. Wortel dan kentang parut ( atau sayuran sesuai selera)

Cara Membuat

  1. Mixing Adonan: Campurkan Bahan No.1 sampai No.8 dengan daging ayam, 200gr tepung kanji aduk rata
  2. Aduk Merata: Masukkan telur, daun bawang dan sayuran nya aduk rata
  3. Masukan Tepung: Lalu masukkan sisa tepung kanji tadi aduk rata
  4. Isi Kulit Pangsit dengan adonan: Kemudian setelah bahan tercampur semua isikan kedalam kulit pangsit sedikit-sedikit sesuai selera, lalu kukus. Kira-kira 20menit.
  5. Goreng Batagor: Setelah selesai dikukus, anda dapat langsung menggorengnya. goreng batagor kulit pangsit dengan menggunakan minyak panas.

NOTES

Bumbu kacang :

  • 1 genggam Kacang goreng dihaluskan
  • 1 sdm gulmer
  • 5 biji Cabe merah (klo suka pedas bisa ditambah) dihaluskan
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 1 sdt Air jeruk limau
  • 2 siung Bawang putih dihaluskan
  • Air secukupnya

Cara membuat bumbu kacang Batagor :

  • Campur semua bahan lalu rebus hingga mendidih.

Semoga resep batagor yang saya share ini bisa bermanfaat untuk semua yang mau bikin makanan camilan yang sehat dan prosesnya cepat sehingga bisa dinikmati bersama keluarga, mudah dan ekonomis pula buat keluarga tercinta dirumah.

Selamat mencoba yaaaaa….. Hepii cooking…

FAQ

Batagor isinya apa aja?

Batagor adalah singkatan dari Bakso Tahu Goreng, makanan khas Indonesia yang terdiri dari bakso (daging bola-bola) dan tahu (kedelai yang diproses menjadi bongkahan) yang digoreng. Isi batagor biasanya terdiri dari daging ikan tenggiri yang diolah menjadi bakso, serta tahu yang diisi dengan campuran adonan ikan dan tepung.

Apa perbedaan antara siomay dan batagor?

Perbedaan antara siomay dan batagor terletak pada bahan dasar dan cara penyajiannya. Siomay berasal dari China dan terbuat dari daging ikan, ayam, atau udang yang dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu, kemudian dikukus. Siomay biasanya disajikan dengan saus kacang, saus manis, dan bumbu tambahan seperti bawang goreng. Sementara itu, batagor menggunakan bakso dan tahu yang digoreng dan disajikan dengan saus kacang.

Kenapa bisa disebut batagor?

Batagor disebut demikian karena merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Nama ini menggambarkan komponen utama dalam makanan tersebut, yaitu bakso dan tahu yang digoreng. Penyebutan singkatan ini juga memudahkan dalam pengucapan dan pengenalan makanan ini di kalangan masyarakat.

Share post:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

More like this
Related