Life

Beberapa Cara Mencairkan Produk Makanan Beku

Beberapa Cara Mencairkan Produk Makanan Beku

Katakanlah saat ini Anda sedang berada di rumah, ingin memasak sesuatu dan ingat bahwa di lemari pendingin masih tersimpan beberapa bahan makanan beku. Anda keluarkan ayam serta daging sapi beku dan karena ingin serba cepat maka Anda cairkan semuanya ke dalam air panas. Atau Anda ingin langsung bisa memasak sesuatu saat pulang kerja, lalu Anda keluarkan bahan makanan beku dari freezer dan Anda diamkan diantas meja dapur sementara Anda pergi bekerja. Harapan Anda tentu saja tidak perlu menunggu bahan makanan mencair dan langsung dapat diolah sepulang Anda bekerja.

Kedua cara diatas dianggap bukan cara aman untuk mencairkan makanan, dan diperkirakan dapat memicu datangnya penyakit yang ditimbulkan dari makanan tersebut. Daging mentah atau olahan, produk dari unggas seperti misalnya telur, atau makanan yang mudah basi harus ditempatkan pada suhu aman selama proses pencairan berlangsung serta memerlukan pantauan Anda. Saat dalam kondis beku, semua produk makanan ini aman-aman saja, namun begitu suhunya sudah lebih dari 4˚C, bakteri yang telah terdapat pada makanan sebelum proses pendinginan, akan mulai berkembang biak.

Lalau bagaimana cara pencairan bahan makanan yang baik dan aman? Berikut beberapa pilihan untuk Anda.

MICROWAVE

Ini adalah paling cepat dan paling mudah dalam mencairkan daging, yaitu kurang lebih memerlukan waktu dari 5 hingga 10 menit. Namun cara ini memerlukan perhatian Anda, jangan sampai daging menjadi setengah matang atau alot. Baca dengan teliti pada buku panduan microwave Anda untuk mengetahui dengan tepat bagaimana cara mencairkan daging menggunakan alat ini. Secara periodik periksa daging dan langsung angkat begitu sudah tidak beku lagi. Tempatkan bagian dari daging yang lebih tipis pada posisi di tengah microwave supaya tidak menjadi matang.

AIR DINGIN

Beberapa Cara Mencairkan Produk Makanan Beku

Mencairkan bahan makanan beku dengan menggunakan air dingin (air biasa, bukan air es) adalah yang paling tepat. Dengan cara ini, makanan akan lebih cepat mencair dan dapat segera diolah. Namun bagaimanapun, cara ini juga memerlukan perhatian Anda, tidak bisa Anda tinggal begitu saja.

Sebelum dicairkan, yakinkan bahwa bahan makanan Anda tersimpan rapi di dalam kantong plastik rapat dan tidak bocor. Jika belum, siapkan Ziploc bag dan masukkan makanan Anda di sana sebelum dicairkan. Ambil mangkuk besar dan isilah dengan air. Tenggelamkan bahan makanan beku Anda ke dalamnya. Pastikan suhu disekitar Anda adalah suhu kamar yang normal. Proses pencairan rata-rata adalah 30 menit, namun dapat bervariasi tergantung kondisi iklim di sekitar Anda dan ukuran bahan makanan. Misalnya saja jika Anda perlu mencairkan kalkun utuh, maka bisa jadi diperlukan waktu selama 3 jam.

MESIN PENDINGIN/KULKAS

Cara ini juga merupakan cara yang mudah tetapi memerlukan waktu yang cukup lama. Bahan makanan yang semula bertempat di freezer dapat Anda pindah ke bagian pendingin biasa. Untuk bahan makanan dalam porsi kecil saja diperlukan waktu selama kurang lebih 12 jam seperti misalnya 500 gram daging, atau dada ayam tanpa tulang. Untuk item yang lebih besar misalnya kalkun utuh diperlukan waktu 24 jam.

Keuntungan dari cara pencairan ini adalah Anda tidak perlu langsung mengolah produk yang telah dicairkan. Masih ada waktu untuk berubah pikiran. Produk unggas, daging cincang dan ikan yang telah dalam kondisi tidak beku/cair, masih dapat disimpan di lemari es selama 1-2 hari sebelum diproses. Daging sapi dan domba bisa bertahan 3-5 hari setelah proses pencairan. Jika Anda berubah pikiran dan urung untuk memproses bahan makanan ini, maka Anda tinggal memindahkannya ke freezer kembali. Meskipun demikian, untuk menghentikan tumbuhnya bakteri ada baiknya jika Anda segera memproses bahan makanan yang sudah dicairkan.

TIDAK DICAIRKAN SAMA SEKALI

Jika Anda dalam keadaan sangat terburu-buru namun perlu memasak sesuatu, Anda dapat mengolah produk beku tanpa dicairkan. Memasak produk beku sangat aman, hanya saja waktu yang diperlukan sedikit lebih lama daripada mengolah produk yang tidak beku.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top