Life

Belalang, Santapan Unik yang Bemanfaat

Belalang, Santapan Unik yang Bemanfaat

Siapa sangka hewan satu ini memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Hewan yang kadang diabaikan begitu saja karena mereka belum tahu seluk beluk mengenai hewan satu ini. Rasanya gurih, renyah, sedikit pahit-pahit namun tetap membuat lidah penasaran ingin mencobanya. Dalam bahasa jawa sering disebut dengan walang goreng alias belalang goreng.

Di Jawa tengah, walang goreng merupakan makanan khas dari Gunung Kidul yang terletak di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Walang goreng masih menjadi menu makanan favorit para penduduk Gunung Kidul. Jika pergi ke Gunung Kidul dan melewati jalan raya di daerah tersebut, kita akan menjumpai beberapa penjual walang goreng di pinggiran jalan. Para menjual akan menawarkan beberapa rasa yang disajikan pada olahan walang goreng tersebut, seperti gurih, asin, pedas manis. Jangan tanyakan soal harga, masih terbilang makanan yang murah. Untuk satu toples kecil bisa dihargai sekitar 40.000-60.000 rupiah.

Sebelum membahas perihal manfaat belalang, perlu diketahui bahwa tidak setiap orang dapat menikmati makanan tersebut, karena ada sebagian yang alergi (gatal-gatal). Binatang tersebut seringkali di cap sebagai serangga pengganggu atau hama. Namun pada kenyataannya,menurut sebuah penelitian dinyatakan bahwa kadar protein tepung belalang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung udang windu, dan kadar masing-masing adalah 17,922% dan 9,846% (Kusmaryani, 2005)

Adapun manfaat dari belalang sebagai berikut:

1. Dibandingkan dengan sapi dan ayam, belalang merupakan sumber protein yang lebih baik. Sehingga pertumbuhan seseorang akan optimal dengan kadungan protein yang ada dalam makanan tersebut.

2. Mengkonsumsinya juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung, hal tersebut dikarenakan kadar kolesterol dan lemak yang terkandung dalam belalang sangatlah rendah.

3. Belalang mengandung beragam vitamin mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E Dan C, selain itu juga binatang tersebut mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan oleh manusia yaitu; zat besi, kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zinc, mangan dan tembaga.

4. Ramuan tepung belalang juga dapat mengurangi sesak nafas, cara mengkonsumsinya yaitu dengan mencampur tepung belalang tersebut dengan arak manis sesuai kebutuhan.

5. Untuk orang yang menderita sakit kuning, dapat memanfaatkan belalang dengan cara menghirup asap pembakaran dari beberapa ekor.

6. Bagi kaum hawa yang memiliki masalah dengan jerawat, salah satu bagian dari belalang berkhasiat mengobati jerawat yaitu pada bagian telur belalang.

7. Belalang juga dapat membantu melangsingkan tubuh jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak dan teratur. Hal tersebut dikarenakan belalang bersifat panas dan kering.

8. Selain itu, masih banyak lagi kasiat dari makanan unik ini. Belalang mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti: kejang/setip, infeksi sumsum tulang belakang,dll.

9. Kulit belalang memiliki kandungan kitosin yang sama halnya dimiliki oleh udang,pengecualiannya adalah pada musim apa belalang tersebut dipanen. Karena musim dapat menentukan kualitas belalang itu sendiri.

Mungkin bagi orang yang belum mengetahui lebih lanjut akan manfaat walang goreng, mereka akan menganggap makanan tersebut adalah makanan yang kampungan. Namun di daerah tertentu, belalang menjadi menu pokok sebagai lauk-pauk. Dan sampai saat ini, belalang bukan hanya diolah dengan di goreng saja. Beberapa orang yang kreatif sudah mulai mengkreasikan menu makanan dengan bahan utama belalang seperti nugget, sambal, bacem belalang dsb.

Itulah beberapa ulasan mengenai kandungan yang terdapat dalam belalang serta manfaat megkonsumsinya. So, jangan sepelakan makanan lokal yang unik ini, Walang Goreng bukan sekedar makanan kampungan!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top