Life

Benarkah? Bulan Puasa Menebar Kebaikan?

Bulan Ramadhan merupakan bulan kebaikan. Siapa saja berhak dan wajib memperbaiki dirinya sendiri. Atas kesadaran diri, seseorang dapat menebar kebaikan kepada sesamanya. Bahkan, ada yang berlomba-lomba dalam beramal baik di bulan ramadhan. Banyak kita temukan perubahan-perubahan yang terjadi ketika di bulan puasa.

Salah satu perubahan yang dialami seseorang yaitu biasanya jarang ke masjid bahkan tidak penah ke masjid jadi rajin ke masjid. Mengapa perbahan tersebut terjadi? Karena pada bulan Ramadhan, umat islam berbondong-bondong untuk melaksanakan sholat sunah Tarawih di Masjid. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada orang tua saja, bahkan dari anak kecil hingga orang dewasa semangat menjalankan ibadah ke Masjid.

Dari situlah akan muncul kebaikan lainnya, seperti halnya menghadiri kajian bersama sampai dengan tadarus atau mengaji bersama. Bagi yang kampungnya lebih maju, pasti para muda-mudinya juga lebih aktif mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan. Kegiatan-kegiatan baik yang biasana diadakan antara lain: bakti sosial, membagikan takjil, buka bersama dengan anak yatim, memberikan sumbangan kepada kaum duafa hingga mengadakan lomba-lomba keagamaan di kampong demi memeriahkan bulan Ramadhan.

Kemudian, bulan Ramadhan juga menjadikan orang lebih berempati kepada orang lain. Hal tersebut membuat seseorang dengan mudahnya mengulurkan tangan kepada orang lain. Semisal bersedekah, membeli sesuatu pada pedagang asongan (tisu, mainan, koran) meskipun tidak membutuhkannya, berbagi rejeki kepada tetangga sebelah, tolong-menolong sesama anggota keluarga dsb.

Berbuat kebaikan tidak hanya memberikan sesuatu kepada orang lain. Akan tetapi mengajak diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik juga merupakan suatu pancaran kebaikan di bulan suci Ramadhan. Menjaga diri dari perbuatan yang buruk dan lebih banyak beribadah serta menambah ilmu melalui kajian-kajian yang diikuti, hal tersebut merupakan kebaikan yang pantas didapatkan oleh diri sendiri di bulan Ramadhan.

Nah, beberapa kebaikan kecil dan perubahan di atas bisa menjaikan kita lebih semangat menjalani puasa. Yuk, tingkatkan kembali amalan-amalan sholeh di bulan ini. Coba itip kalender, tingal berapa hari kita menjalankan puasa? Semoga saja kita masih bisa mengamalkan kebaikan dan mendapat rkal di bulan puasa tahun ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top