Life

Beras Merah, Begini Cara Memasaknya

cara memasak beras merah

Mempersiapkan makanan sehari-hari tidak lengkap tanpa nasi. Apalagi di Indonesia, mayoritas orang harus memakan nasi untuk dikatakan sudah makan. Namun terkadang yang menjadi masalah adalah jika nasi yang kita buat terlalu empuk, atau terlalu keras. Atau di waktu lain, nasinya gosong di bagian yang menempel ke panci memasaknya. Di antara jenis nasi yang menyehatkan adalah yang berasal dari beras merah. Meski biasanya beras utuh ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak, tapi layak ditunggu. Beras utuh seperti ini lebih menyehatkan dan kaya vitamin dan antioksidan serta serat.

Banyak manfaat Beras Merah yang harus anda ketahui di artikel sebelumnya bisa dibaca pada tautan ini : Beras Merah,Kenali Cara Penggunaan dan Manfaatnya

Beras Merah, Begini Cara Memasaknya
Beras Merah

Ada beberapa cara bagaimana teknik memasak beras merah agar mendapatkan hasil yang sempurna. Menurut Wendy Ruopp dari dan Cassidy Tawse-Garcia dari EatingWell, berikut adalah beberapa cara untuk mencapai hal tersebut, yaitu:

Persiapkan peralatan yang tepat

Untuk memasak beras merah, gunakan panci dengan tutup yang rapat, persiapkan air dengan sedikit garam, dan atur api atau pembakaran ke yang paling kecil untuk memastikan beras didihkan secara perlahan.

Gunakan panci yang besar

Masaklah nasi dalam panci yang besar. Permukaan yang lebih besar memungkinkan panasnya menyebar secara merata, membuat tekstur nasi juga rata setelah matang.

Cermati waktunya

Beras merah biasanya matang dalam 40-50 menit, namun untuk berjaga-jaga agar tidak gosong, periksa setelah 30 menit.

Gunakan rasio yang tepat

Rasio antara air/kaldu (untuk  menambah rasa) yang tepat dapat menentukan hasil akhir nasi yang Anda buat. Rasionya untuk beras merah adalah 1 cup beras dan 2,5 cup cairan (air/kaldu), sementara untuk beras liar adalah 1 cup beras dan setidaknya 4 cup cairan (air/kaldu) minimal.

Biarkan dahulu setelah matang

Setelah nasi matang, biarkan selama 5 menit dalam kondisi tertutup. Harold McGee, seorang ahli makanan mengatakan waktu 5 menit ini mendinginkan nasi dan membuatnya pulen dan memberi hasil yang sempurna.

Selamat mencoba dan menikmati!

To Top