Life

Ini Alasan Mengapa Bersikap Bodo Amat Itu Penting

Ini Alasan Mengapa Bersikap Bodo Amat Itu Penting

Semakin dewasa, dunia semakin memunculkan perbedaannya. Dalam lingkup global, kita sering menemui orang-orang yang berbeda latar belakang dengan kita. Seperti di Indonesia sendiri yang kaya akan keanekaragaman budaya. Karena hal itulah sikap dan pandangan orang pun bermacam-macam. 

Saat bertumbuh dewasa, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berbeda pendapat. Bahkan, sebagian dari mereka tampak bersikap sensitif bagimu. Malah lebih buruknya lagi hal ini berdampak pada tujuan yang sedang kamu perjuangkan. Misalnya ketika mereka mengatakan hal yang menjatuhkan mentalmu. 

Mau tidak mau, kamu harus mengambil sikap. Pilihannya hanya dua, hadapi dengan tegas atau lebih memilih bersikap bodo amat. Kedua sikap tersebut bisa diterapkan semuanya asalkan tergantung situasi dan kondisi. Tak jarang banyak orang yang lebih memilih bodo amat. Sikap ini ternyata berperan penting. Nah inilah alasa mengapa bersikap bodo amat itu penting. 

Kita tidak mungkin menyenangkan semua orang 

Tak dapat dimungkiri, sebaik apapun seseorang, pasti masih saja ada yang membencinya. Bahkan artis sekalipun memiliki banyak haters yang terkadang sangat menjatuhkan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bersikap bodo amat itu penting. Kita tidak mungkin menyenangkan semua orang. 

Sebab, persepsi mereka terhadap diri kita tidak selamanya baik. Namun, kita hidup juga bukan untuk menyenangkan semua orang. Melainkan proses yang kita jalani adalah untuk mengusahakan segala pencapaian yang ingin kita raih. Semestinya ketika telah fokus pada proses ini, abaikan hal lain yang mengganggu kamu dalam berproses. 

Contoh kecilnya adalah mengurangi bermain sosial media. Sosial media menjadi agensi yang paling rawan dalam penyebaran ujaran kebencian. Jika tidak disikapi dengan baik, hal ini dapat memicu perpecahan. Nah dalam kondisi seperti ini bersikap bodo amat sangat baik untuk dijadikan pilihan. 

Hidup lebih apa adanya 

Bersikap bodo amat membuat diri kita hidup apa adanya. Pasalnya karena ada haters tersebut, tidak mungkin kita akan terus menerus menuruti komentar mereka. Rasa suka dan tidak suka pasti selalu ada. Karena hal inilah sikap bodo amat justru sangat membantu. Lebih baik berfokus pada cita-cita daripada bergantung menjadi diri sesuai yang orang lain inginkan. 

Mengikuti perkataan orang lain bahkan membuat diri kita menjadi bukan diri kita. Bisa jadi segala hal yang orang lain inginkan kita penuhi. Namun, hidup kita tidak mungkin bisa bahagia. Sebab, kehidupan tersebut berjalan atas kendali dari komentar orang lain. Pasti tidak enak. 

Bodo amat membuat diri kita menjadi lebih apa adanya. Tak perlu menghiraukan mereka yang tidak suka. Hidup apa adanya sekalu lebih baik bagi diri sendiri. Makna suksesmu jangan sampai disetir oleh penilaian orang lain. 

Jangan buang energi hanya untuk menghadapi haters 

jangan buang energi untuk menghadapi haters.
Jangan membuang energi hanya untuk menghadapi haters.

Di dunia maya ataupun nyata, haters tidak ada habisnya. Sifat tidak suka dan cenderung membenci ini sudah menjadi penyakit mental yang perlu diatasi. Oleh karenanya, bodo amat menjadi sikap pilihan demi efektivitas waktu. Bayangkan ketika kamu terlalu memperhatikan mereka, kamu tidak akan fokus dengan kehidupanmu sendiri. 

Padahal, mana yang lebih penting, hidupmu atau penilaian haters. Memang mendengar komentar orang lain sangatlah baik. Namun, masukan tersebut harus selalu positif. Dengan kata lain, jangan pernah membuang energi untuk orang yang tidak menyukai kita. 

Bekerja sama memang bagus, tetapi perbedaan karakter bisa memicu konflik. Selama kamu bekerja dengan benar, niscaya pihak rumah sakit akan memberikan kepastian. Pada intinya, manfaatkan waktu dan energi pada posisi yang tepat. 

Setiap pilihanmu, kamu sendiri yang akan bertanggung jawab. 

Hidup adalah pilihan. Semakin dewasa seseorang, ia akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Dapat disebut setiap diri kita bebas menentukan pilihan mana yang kita inginkan. Karena hal ini juga, seseorang harus bertanggung jawab terhadap kondisi diri yang bersangkutan. 

Jalani hidup menurut rencana atau skenario yang kita buat sendiri. Dalam skenario tersebut tercatat deretan tugas dan tanggung jawab yang mesti ditunaikan. Pilihan dan keputusan yang diambil dalam setiap keadaan pun perlu dipertanggungjawabkan.  

Nah, ketika kamu terlalu mengikuti komentar orang lain hal ini lebih berisiko. Sebab, keputusan tersebut bukan berasal darimu, tetapi kamu yang harus bertanggung jawab. Oleh karena itu bersikap bodo amat itu penting.  

Banyak Orang yang Lebih Menyayangimu 

bersikap bodoh amat itu penting karena orang tersayang lebih berharga.
Orang tersayang lebih berharga.

Pernahkah kamu berpikir, mengapa orang lain yang bukan siapa-siapa seenaknya saja mengomentari hidupmu. Iya memang setiap orang bebas berkomentar. Namun, jangan sampai komentar orang  tersebut menjatuhkanmu. Tidak baik ketika kamu terlalu overthinking dengan pendapat orang lain. 

Padahal, di sisi lain, masih sangat banyak orang yang menyayangimu. Contohnya saja keluarga. Dibesarkan sejak kecil dengan penuh kasih sayang perlu kamu hargai. Dengan cara melihat orang-orang tersayang tersebut agar kamu tetap fokus dengan tujuan hidupmu. Berpikirlah bahwa haters hanya mereka yang berpotensi menghentikan langkahmu. 

Mulai sekarang berfokus pada masukan dan saran dari orang-orang tersayang. Tentu mereka tidak akan menjatuhkanmu begitu saja. Dengan kata lain, dukungan dan nasihat selalu diberikan demi kebaikanmu. Sebab, orang-orang tersayang itulah yang nyatanya sangat berharga. 

Nah, kini kamu sudah punya cukup alasan untuk bersikap bodo amat bukan? Pertimbangkan kembali mana omongan yang membuatmu jatuh dan mana omongan yang dapat memicu semangatmu. Aturlah sikap bodo amat itu kepada orang-orang yang tak memberikanmu jalan yang lebih baik. 

To Top