Life

Bikin Ngabuburitmu Asik dan Uang Saku Naik dengan 5 Hal Berikut!

Bulan Ramadhan telah tiba. Hari pertama puasa, apa yang kalian persiapkan? Bukan hanya hati yang bersih, niat yang sunguh-sungguh serta mukena baru loh, ya! Kalian juga harus mempersiapkan tubuh yang fit agar bisa menjalankan puasa dengan baik sampai hari H, hari kemenangan nanti.

Selain persiapan, hal apakah yang kalian sukai ketika bulan puasa? Buka bersama, ngaji bersama, sahur bersama, ronda bersama, tarawih bersama atau ngabuburit bersama? Banyak hal yang dinantikan ketika bulan ramadhan. Tentunya hal-hal yang tidak akan dilakukan dibulan biasa. Untuk anak muda, pastinya tidak mau menyia-nyiakan waktu luang dengan berdiam diri. Banyak dari kalian pasti menghabiskan waktu menunggu berbuka alias ngabuburit dengan nongkrong atau sekedar jalan-jalan.

Sebelumnya, harus kamu ketahui bahwa ngabuburit berasal dari bahasa sunda. Ngabuburit berasal dari kata burit yang berarti waktu menjelang sore. So, ngabuburit sama halnya dengan menghabiskan waktu di sore hari. Kata tersebut juga identik dengan bulan Ramadhan. Nah, apa yang kalian lakukan ketika ngabuburit? Ada banyak hal yang nggk bikin kamu magabut, ngabburit lebih bermakna dan uang saku akan naik. Simak 5 Hal berikut:

Bikin Usaha Jualan Takjil

Di bulan Ramadhan, takjil menjadi makanan yang paling dicari masyarakat. Untuk takjil sendiri memiliki berbagai macam olahan yang tentunya berasa manis. Hal tersebut memiliki alasan bahwa berbuka puasa harus dengan makanan yang manis-manis. Biasanya takjil yang dijual dipinggir jalan adalah kolak, sup buah, gorengan, kurma, dll. Kalian bisa join dengan teman dan memilih tempat yang ramai seperti taman atau pinggir jalan untuk usaha berjualan takjil. Ide bagus bukan, sampai nongkrong kece kita bisa menambah uang saku.

Jualan Air Mineral

Kalau kalian tinggal di daerah kota dan dekat dengan jalan raya, ide satu ini bisa menjadi pilihan kalian untuk menghabiskan waktu ngabuburit nih. Jualan aja air mineral di pinggir lampu merah, pasti banyak yang membutuhkan tuh. Apalagi menjelang buka puasa. Mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat membuat puasa kalian lebih bermakna.

Jualan Kurma

Yang ketiga ini juga ide yang sangat bagus. Jualan kurma, makanan yang dicari ketika bulan Ramadhan. Kalian bisa ambil dari produsen dengan harga yang termurah dan menjualnya kembali. Kalau tidak mau turun ke lapangan, dionline in aja guys. Sekarang kan serba canggih, upload gambar lalu ada yang order, tinggal kirim deh. Menyenangkan bukan?

Freelance Ngajar TPQ

Dibeberapa tempat biasanya TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) akan ramai ketika bulan Ramadhan saja. Kaian yang jago baca Qur’an bisa menggunakan kesempatan ini. Biasanya dibeberapa desa membutuhkan guru TPA freelance di bulan Ramdhan saja. Yuk, berbagi ilmu dan mendapat rejeki akan membuat Ramadhanmu lebih berarti.

Bikin Olshop Baju Muslim

Yang satu ini pasti akan booming, sekarang modelnya jual beli via online. Kalian bisa saja bikin olshop baju muslim, peci, sarung, baju anak. Cari saja produsen yang bisa menawarkan system dropship, jadi kalian tidak repot mikirin modal. Sore-sore waktu nunggu buka puasa, kalian tinggal duduk lalu, upload foto pakaian dan melayani customer. Asiknya lagi kalau laku banyak, saku lebaran semakin bertambah, kan?

Dari kelima tips dalam mengisi waktu ngbuburit di atas, kalian pilih yang mana, guys? Apapun itu, tetap ikhlas menjalaninya dan selalu bersyukur dengan apa yang kalian dapatkan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top