Life

Black Friday Telah Dimulai, Efektifkah Berbelanja Saat Diskon?

Masyarakat Amerika memiliki satu event belanja yang dikenal dengan istilah Black Friday yaitu event belanja yang dimulai pada hari Jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving. Black Friday sendiri merupakan event belanja yang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat Amerika untuk berbelanja keperluan Natal. Event belanja ini biasanya menawarkan diskon besar-besaran untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari jadi tidak heran jika Anda bekunjung ke Amerika saat musim Black Friday dan menemukan antrian mengular di tengah cuaca dingin di depan sebuah pusat perbelanjaan yang bahkan belum buka karena memang diskon yang ditawarkan tidak main-main. Namun apakah efektif menghabiskan uang belanja satu bulan untuk mendapatkan barang-barang diskon yang mungkin bisa digunakan selama berbulan-bulan?

Efektifkah Berbelanja Saat Diskon Besar-besaran?

Semua orang pasti langsung terpesona ketika melihat papan SALE terpampang dan biasanya tidak berfikir dua kali untuk ikut memborong. Namun tahukan Anda bahwa papan SALE bisa saja menipu dan berbelanja saat diskon besar-besaran tidak selamanya efektif, maka sebagai konsumen Anda juga tetap harus bijak ketika berbelanja saat pesta diskon dan berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ingat ketika berbelanja barang diskon.

  1. Tanya pada diri Anda sendiri,

“Jika tidak diskon, apakah saya membutuhkan barang ini?”

Jika jawabannya tidak maka jangan dibeli tapi jika jawabannya iya maka lanjutkan ke poin nomer dua.

  1. Pertanyaan berikutnya adalah,

“Seberapa banyak saya membutuhkannya?”

Diskon biasanya menawarkan harga yang lebih murah ketika membeli lebih banyak namun walaupun demikian tetap hitung kebutuhan Anda belum lagi batas kadaluarsa suatu barang.  Jika memang ternyata lebih menguntungkan saat membeli dalam partai besar, poin nomer tiga adalah pertanyaan selanjutnya yang harus Anda jawab.

  1. “Apakah budget saya cukup untuk membeli tambahan item barang?”

Walaupun mungkin beberapa jenis barang bisa disimpan selama berbulan-bulan tapi kembali lagi apakah budget bulanan Anda cukup untuk mengcover tambahan item belanja Anda. Jangan hanya fokus untuk belanja satu barang lalu kebutuhan primer lainnya justru dikesampingkan.

  1. Kalaupun ada budget masih cukup untuk membeli beberapa tambahan item, maka kembali Tanya diri Anda sendiri,

“Apakah barang tersebut cukup urgent untuk Anda miliki dalam jumlah besar?”

Kemungkinan jawabannya tidak terlalu urgent karena jika benar-benar urgent tentunya Anda tidak perlu menunggu diskon untuk membelinya. Lagipula biasanya setiap bulan selalu saja ada event untuk dijadikan alasan diskon walaupun di Amerika event seperti Black Friday memang salah satu yang terbesar tapi di Indonesia biasanya justru menjelang Idul Fitri atau Natal.

Jadi jangan jadikan papan SALE atau diskon sebagai alasan untuk berbelanja dalam jumlah banyak hanya karena alasan ‘lebih murah’ karena Anda juga harus mengacu kembali kepada kebutuhan primer bulanan Anda. Selain itu Anda juga harus jeli dalam membandingkan harga barang karena salah satu trik yang biasanya dilakukan menjelang jadwal SALE adalah para penjual mulai menaikkan beberapa harga barang secara bertahap, jadi sebenarnya sale atau diskon yang ditawarkan tidak full hanya sebagian saja. Salah satu trik untuk menghindari godaan diskon adalah untuk selalu melihat label harga yang tertera dan bandingkan dengan harga barang yang sama saat tidak sedang diskon, maka Anda akan menemukan taksiran yang tepat untuk harga barang tersebut. Dengan kata lain walaupun papan diskon terpampang, tetaplah menjadi seorang konsumen yang bijak dan befikir jernih.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top