Life

Blue Moon Akan Terlihat Malam Ini

Blue Moon Akan Terlihat Malam Ini

Blue moon atau Bulan berwarna biru akan terlihat di langit Indonesia malam ini disemua zona waktu, Sabtu (31/10/2020).   

Kapan terjadinya Blue Moon? Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengatakan fenomena alam yang hanya terjadi dua hingga tiga tahun sekali akan mengalami puncaknya pada Pukul 21.49 WIB. Ia dapat diamati pada arah Timur-Timur Laut sebelum Matahari terbenam hingga Barat-Barat Laut setelah Matahari terbit.

Apa itu Blue Moon? Meski namanya Bulan Biru, fenomena alam yang langka ini tidak akan menampilkan Bulan dengan warna biru. Menurut penjelasan lembaga luar angkasa AS (NASA), Bulan Biru adalah istilah dari peristiwa munculnya bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan yang sama. Blue Moon tidak ada hubungannya dengan warna. Kadang-kadang, bulan purnama dapat muncul pucat kemerah-merahan.

Blue Moon Akan Terlihat Malam Ini
Blue Moon

Dalam satu tahun, biasanya kita akan melihat satu kali Bulan purnama per bulan. Jadi, total ada 12 kali Bulan purnama per tahun.

Namun, karena siklus lunar dan tahun kalender tidak sinkron secara sempurna (di mana satu bulan ada 28 hari, 30 hari, hingga 31 hari), maka setiap tiga tahun kita bisa menemukan dua Bulan purnama dalam satu bulan kalender yang sama.

Baca Juga : Teori Terkait Kehidupan Luar Bumi

Bulan ini memenuhi syarat sebagai micro-moon atau minimoon karena akan terjadi ketika Bulan berada di dekat titik terjauh dari Bumi dalam orbit elipsnya.

Pada saat Bulan mencapai fase penuh, Bulan akan berada di konstelasi Aries dan akan muncul paling tinggi di belahan Bumi utara. Bulan akan terlihat pada pukul 21.49 WIB dan berjarak 406.000 kilometer dari Bumi.

Pada bulan ini, Bulan purnama telah muncul pada 1 Oktober 2020. Adapun Bulan purnama kedua, yang disebut Bulan Biru, akan muncul pada 31 Oktober 2020. Bulan Biru sendiri terakhir kali muncul pada 31 Maret 2018. 

To Top