Life

Boneka-Boneka Terkutuk

Sebuah boneka pada umumnya merupakan penggambaran dari sebuah karakter yang lucu, menarik, ceria dan menggemaskan. Mereka hadir diharapkan untuk menjadi penghibur hati bagi para pemiliknya. Posisinya merupakan pengganti kawan dan hewan piaraan dimana mereka hadir untuk menemani, serta penghilang stress. Lalu bagaimana jika sebuah boneka tercipta dengan sebuah kisah menyeramkan yang turut menyertainya?  Dalam film mungkin kamu mengenal beberapa tokoh boneka seram seperti Chucky atau Anabelle. Lalu bagaimana jika boneka-boneka seram tersebut ternyata juga ada di dunia nyata? Dibawah ini merupakan 5 sosok boneka yang terkutuk

Mandy

Konon, kisah mengenai boneka Mandy berawal tatkala pada suatu hari seorang pria mendengar suara tangisan tatakala ia melewati sebuah rumah pertanian dan memperkirakan suara tersebut berasal dari dalam rumah. Yang membuatnya merasa aneh adalah bagaimana mungkin ada suara tangisan di dalam rumah sementara orang-orang di sekitar rumah tersebut tahu bahwa rumah dalam kondisi tidak berpenghuni.

Pria itu mendatangi rumah tersebut dan mengetuk pintunya. Tidak ada jawaban

Dikarenakan suara tangisan tersebut terus terdengar, akhirnya ia memutuskan untuk membuka pintu rumah tersebut dan melihat-lihat ke dalam. Diperhatikannya suara tangisan berasal dari ruang bawah tanah rumah tersebut. Karena tidak mengetahui akses ruang bawah tanah dari dalam rumah, akhirnya ia memutuskan untuk keluar rumah dan mencari akses ruang bawah tanah dari luar. Pada saat ia berhasil membuka pintu ruang bawah tanah, sinar dari luar ruangan menyinari sehingga ia dengan jelas dapat melihat sebuah penemuan yang sangat mengejutkan. Ia melihat mayat seorang gadis muda yang telah lama tiada tampak tergeletak di lantai ruang sementara si gadis tengah memegang erat sebuah boneka.

Hingga saat ini tidak pernah diketahui dengan jelas mengapa gadis ini berada di ruang bawah tanah seorang diri, apaka karena memang karena kelalaian/kecelakaan, atau memang merupakan sebuah bentuk hukuman. Yang pasti beberapa pihak meyakini roh nya berpindah pada boneka yang ada dipelukannya. Hal ini dipicu oleh banyaknya kejadian misterius yang menyertai pada setiap kehadiran boneka ini di beberapa tempat. Akhirnya boneka yang dinamai Mandy ini disumbangkan kepada museum yaitu Quesnel Museum di British Columbia, Kanada, dan diperlihatkan dalam sebuah kotak kaca.

Pupa

Pupa, yang dalam bahasa latin berarti ‘boneka,’ dahulu dibuat untuk seorang anak di Italy yang hidup pada tahun 1920-an. Boneka ini hidup bersama pemiliknya hingga si pemilik meninggal dunia pada tahun 2005 lalu. Pupa memilik rambut yang dibuat dari rambut asli. Beberapa mengatakan rambutnya berasal dari rambut asli yang dijual kepada si pembuat boneka, tetapi ada juga yang mencurigai bahwa Pupa memiliki rambut dari si pemiliknya.  Si pemilik pernah bercerita, bahwa bonekanya adalah boneka hidup. Mereka kerap mengobrol.

Sepeninggal pemiliknya, Pupa ditempatkan pada sebuah kotak kaca, dan tampaknya sang bonek tidak menyukainya. Menurut keluarga yang dipercaya untuk menjaganya, kerap terdengar ketukan pada kaca tempat Pupa disimpan. Setelah itu, mereka melihat Pupa tidak berada pada posisi awalnya di dalam kotak kaca tersebut. Bahkan mereka kerap memperhatikan boneka ini memperlihatkan perubahan ekspresi wajah. Benda-benda yang diletakkan bersama boneka ini dalam kotak juga seringkali bergerak-gerak

Annabelle

Inilah wajah asli Anabelle. Pada masa lalu, boneka ini dimiliki oleh seorang gadis yang bernama Donna dan merupakan hadiah dari ibunya. Donna sangat menyayangi boneka ini kemudian membawanya ke apartemen kampusnya. Di apartemen tersebut boneka ini mulai memperlihatkan keanehan. Ia seringkali berpindah tempat padahal tidak seorang pun memindahkannya. Kemudian diketahui jika boneka tersebut dimasuki oleh arwah seorang gadis kecil yang bernama Annabelle, seorang anak yang ditemukan tewas beberapa tahun sebelumnya disekitar apartemen tersebut. Dikarenakan boneka tersebut berbahaya, akhirnya ia  meseumkan dan dikelola oleh pasangan paranormal terkenal bernama Ed dan Lorraine Warren dan diperlihatkan pada The Warrens Occult Museum di Monroe, Connecticut. Kedua tokoh ini juga muncul dalam karakter pda filam Conjuring dan Conjuring 2.

Robert

Boneka Robert dinamai sama dengan nama pemiliknya yaitu seorang penulis bernama Robert Eugene Otto. Konon, boneka ini merupakan hadiah dari pengasuh Robert untuknya. Yang tidak diketehui pemiliknya adalah bahwa bonekanya telah diberi mantera kutukan ilmu hitam voodoo, karena pengasuhnya tersebut menyimpan rasa dendam terhadap keluarga Otto atas perlakuan buruk mereka terhadapnya. Selama tinggal bersama pemiliknya, boneka Robert sering kali membuat keanehan. Benda-benda seperti piring, alat lukis sering kali hilang dan rusak tanpa diketahui penyebabnya. Bahkan sering kali para tetangga melihat Boneka Robert berjalan sendiri dan terkadang juga memperlihatkan wajah seramnya. Akhirnya Robert Eugene menjadi gila akibat perlakuan dari bonekanya tersebut, karena si boneka sering memperbudaknya. Saat ini, Robert dapat dilihat dalam kotak kaca pada East Martello Museum

Jelangkung

Jelangkung yang berasal dari bahasa Tiongkok yaitu “Cay Lan Gong” yang jika diartikan berarti “Dewa Keranjang”, sejatinya merupakan sebuah permainan dengan menggunakan perantara sebuah boneka yang dimainkan oleh 3-5 orang, dengan tujuan untuk  memanggil arwah atau roh yang datang. Seraya memangku dan memegang boneka jelangkung tersebut, lalu kemudian dibacakan matra. Ketika boneka tersebut mulai bergerak, itu pertanda jika boneka tersebut sudah dirasuki arwah. Biasanya para pemain mengajukan beberapa pertanyaan kepada boneka yang telah dirasuki tersebut.  Permainan boneka jelangkung sebaiknya dilakukan oleh seorang yang berpengalaman, karena terdapat resiko si pemain sendiri yang kerasukan dari permainan tersebut. Permainan ini tergolong permainan klasik yang konon telah dimainkan sejak 1.500 tahun yang lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top