Life

Budayakan Disiplin Mengurangi Timbulnya Masalah

Dari sekian hal yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan salah satunya yaitu disiplin. Kalian bisa mencontoh budaya barat dalam hal kedisiplinan. Kedisiplinan identik dengan ketepatan waktu. Banyak hal yang membutuhkan ketepatan waktu terutama dalam masalah pekerjaan maupun tugas. Terkadang seseorang menyiakan waktu seenaknya, mereka merasa mampu mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas dengan waktu yang singkat. Pada akhirnya, mereka akan kelabakan sendiri jika waktu yang ditentukan atau deadline sudah di ujung mata. Orang yang paling aman adalah orang yang disiplin, menggunakan waktu semaksimal mungkin. Ada beberapa tips supaya bisa menggunakan waktu sebaik mungkin dan bisa membudayakan disiplin secara konsisten. Simak ulasan berikut;

Bangun Pagi

Pagi hari merupakan waktu yang sngat disukai setiap orang. Selain udaranya yang menyejukkan, bangun lebih awal juga memiliki banyak manfaat. Kalian bisa beribadah tepat waktu, menyiapkan berkas atau keperluan kalian sekolah maupun bekerja. Selain itu, masih ada waktu untuk olahraga, sarapan maupun bersendau gurau di padi hari bersama keluarga. Berangkat ke kantor maupun ke sekolah juga tidak akan tergesa-gesa jika kalian bangun lebih awal. Lakukan secara rutin supaya kalian lebih vit dan semangat dalam menjalani aktivitas berikutnya.

Mengerjakan Tugas atau Kerjaan Kantor H+1 setelah Tugas Diberikan

Bukan hanya kebiasaan bangun pagi ya, guys. Kalian juga harus terbiasa mengerjakan tugas tepat waktu. Minimal kalian mengerjakan tugas H+1 setelh tugas tersebut diberikan. Hal tersebut mengurangi resiko kelupaan, menumpuknya tugas berikutnya dan kelabakan mengerjakan tugas karena terlalu lama dianggurkan. Dengan mengerjakan tugas lebih awal membuat kalian bisa lebih lama berfikir dan tugas akan maksimal.

Mengurangi Bermain Ponsel dan Sosmed

Hal sepele ini paling banyak dilakukan baik dari kalanagan remaja hingga orang tua. Bermain ponsel maupun membuka sosial media membuat lalai dan menjadikan seseorang malas. Sebenarnya, waktu membuka ponsel untuk bermain game maupun sosial media membuat kita ketagihan. Kemudian, kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk hal tersebut dibandingkan menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan. Jika kalian dapat mengurangi bermain ponsel, kalian bisa mencegah kecanduan dan bisa lebih disiplin untuk melakukan tugas yang lebih utama dan bermanfaat. Namun, ada pengecualian untuk yang pekerjaannya menggunakan ponsel sebagai media utama misalnya jualan online.

Hindari Begadang

Sebenarnya boleh saja begadang untuk keperluan yang tertentu, seperti disuruh lembur bos atau memang pekerjaannya di malam hari misalnya satpam. Akan tetapi, jik kalian memang tidak bekerja ataupun diharuskan untuk lebur kalian harus menghindari begadang. Begadang akan membuat pola tidurmu tidak baik. Begadang selain tidak menyehatkan juga membuat pagimu tidak bugar dan susah bangun. Hal tersebut akan menimbulkan masalah di sekolah maupun tempat kerja. Masalah yang akan timbul antara lain, kalian susah untuk fokus, mengantuk dan pekerjaan tidak maksimal.

Sempatkan Berlibur dan Menemui Sahabat

Hal sepele ini juga menunjang untuk hidupmu agar lebih disiplin. Jika dalam seminggu kalian lelah bekerja selama lima atau enam hari, kalian berhak menghabiskan weekend dengan liburan. Hal tersebut guna mengurangi tingkat kesetresan. Berlibur ke suatu tempat maupun menemui sahabat akan membuat kalian memiliki energy baru dan lebih semangat untuk menjalani hari berikutnya.

Siapa saja bisa berusaha disiplin sejak sekarang, asal ada niat dan konsisten melaksanakan hal-hal kecil sebagai bentuk perubahan. Sedikit hal kecil di atas kalian juga harus makan tepat waktu dan melakukan olahraga agar kesehatan tetap terjaga. Selamat mencoba menegakkan kedisiplinan, semoga harimu lebih bersemangat dan berarti.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top