Life

Bukan Aphelion, Penyebab Hari Ini Terasa Lebih Dingin Karena..

Fenomena Aphelion

Hari ini, Selasa (6/7/2021) Bumi sedang berada di titik terjadih dari Matahari, atau biasa disebut Aphelion. Fenomena ini tak dapat disaksikan secara langsung, karena bukan berupa penampakan objek langit. Aphelion sendiri sebenarnya merupakan fenomena antariksa biasa yang terjadi tiap tahun.

Pusat Sains Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menyebut, peristiwa puncak akan terjadi pada pukul 07.27 WIT/06.27 WITA/05/27 WIB. Dikarenakan sedang berada di titik terjauh dari Matahari, kemudian banyak orang berasumsi hal inilah yang menyebabkan suhu udara saat ini terasa lebih dingin.

Suhu Dingin Bukan Disebabkan Oleh Aphelion

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN, Emanuel Sungging memaparkan suhu dingin saat ini bukan dikarenakan Aphelion, tapi karena alasan alin. Fenomena ini, sambungnya tak berdampak langsung kepada kehidupan di Bumi.

“Itu hanyalah fenomenan tahunan biasa. Artinya, sudah setengah tahun Bumi mengitari Matahari. Jika suhu lebih rendah disebabkan dinamika atmosfer,” jelas Sungging (4/7/2021).

Dilansir dari penjelasan di situs Edukasi Sains Antariksa LAPAN, suhu dingin yang belakangan ini biasa terjadi pada musim kemarau. Pada siang hari, permukaan Bumi menyerap sinar matahari dan melepaskan panas yang kemudian diserap pada malam hari. seharusnya, panas yang dilepaskan pada saat malam hari tersebut dipantulkan kembali ke permukaan Bumi oleh awan di atmosfer. Namun, pada musim kemarau, tak ada banyak awan di atmosfer, sehingga panas tidak dipantulkan kembali ke permukaan Bumi.

Lihat Juga: Aneh, Fenomena Matahari Terbit Dari Utara Di Jeneponto

Faktor lainnya yaitu posisi Matahari sekarang ini berada di sisi Bumi belahan utara dan mengakibatkan tekanan udara di bagian Bumi belahan utara lebih rendah dibanding belahan selatan. Hal ini mengakibatkan udara berjalan dari selatan ke utara, padahal di waktu bersamaan, Benua Australia yang berada di sisi selatan sedang musim dingin. Maka tak heran saat angin yang bertiup melintasi wilayah Indonesia juga akan bersuhu dingin. Khususnya wilayah Indonesia di bagian Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Jadi, disimpulkan suhu terasa lebih dingin pada pagi hari ini bukan karena fenomena Aphelion ya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top