Life

Bukan Cuma untuk Masak, Manfaat Serai juga Bagus Buat Kecantikan

Manfaat Serai

Serai umumnya digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah aroma khas. Tidak hanya untuk memasak, manfaat serai lainnya juga bisa Anda dapatkan.

Tidak sedikit yang menggunakan serai sebagai aroma terapi atau obat-obatan. Serai juga bermanfaat untuk membantu mencegah pertumbuhan sejumlah bakteri.

Tidak hanya itu, serai juga mengandung zat yang diduga mampu meredakan bengkak, nyeri, menurunkan demam, menambah kadar gula, meningkatkan kolesterol dalam darah dan melancarkan menstruasi.

Tidak itu saja, serai diketahui juga memiliki antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas.

Manfaat Serai

Lihat Juga: Manfaat Kunyit Putih, Cara Penggunaan – Dosis – Efek Samping

Berikut beberapa manfaat serai yang baik untuk kesehatan hingga kecantikan.

1. Mengatasi minyak berlebih di wajah

Serai dapat membantu mengurangi kulit berminyak dengan mengontrol kilau. Selain itu, minyak serai juga dapat membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Gunakan facial uap yang diberi tambahan minyak esensial serai untuk membantu mengurangi minyak, memperjelas kulit dan mencegah munculnya jerawat.

2. Mengatasi ketombe

Manfaat serai lainnya yaitu mengatasi ketombe. Tingginya kandungan anti jamur dalam serai, tumbuhan satu ini bisa menjadi obat alami untuk mengatasi kulit terkelupas dan gatal.

Lihat Juga: Tentang Daun Eucalyptus, Lengkap dengan Ciri-ciri dan Manfaatnya

3. Mencegah timbulnya jerawat

Minyak serai dapat digunakan untuk menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Serai juga punya sifat pemurnian yang membuatnya sangat baik untuk detoksifikasi kulit dan menghilangkan kotoran. Sehingga kulit terasa lebih bersih dan jernih.

4. Menurunkan tekanan darah

Mengutip All Things Health, teh serai bisa membantu menjaga tekanan darah dengan menekan peradangan dan menginduksi ketenangan. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi teh serai dapat memberikan manfaat relaksasi.

5. Mengurangi kecemasan dan stres

Manfaat serai berikutnya yaitu mengurangi kecemasan dan stres. Serai bisa membantu menenangkan saraf. Sebuah penelitian di Journal of Alternative and Complementary Medicine membuktikan bahwa orang yang mengidap kecemasan dalam kondisi tertentu mengaku mengalami penurunan emosi ketika terpapar aroma minyak esnsial serai.

Lihat Juga: Daun Kenikir, Manfaat Yang Perlu Anda Ketahui

Itulah lima manfaat serai yang bagi kesehatan hingga kecantikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

two + 6 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top