Life

Bukan Hanya Inggris, Ternyata Ada Persemakmuran Rusia: Negara Mana Saja Anggotanya?

Negara Anggota Persemakmuran Rusia

Persemakmuran Inggris jadi sorotan setelah Raja Charles III naik takhta. Tetapi selain Inggris, sebenarnya juga ada persemakmuran Rusia. Bernama Persemakmuran Negara Independen (CIS), awal mula aliansi ini sebetulnya sudah ada sejak era Kerajaan Rusia.

Namun, CIS yang merupakan aliansi negara baru terbentuk pada Desember 1991, setelah Uni Soviet runtuh. Negara anggota Persemakmuran Rusia itu pun menyatakan jalinan hubungan mereka berdasarkan kesetaraan kedaulatan.

Mereka yaitu Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyztan, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan dan Ukraina.

Dua tahun setelah dibentuk, para pemimpin negara CIS meneken Perjanjian tentang pembentukan Serikat Ekonomi bersama-sama menyediakan ruang ekonomi. Kesepakatan tersebut terbentuk berdasarkan jasa, pasar bebas, pajak, harga, modal, tenaga kerja dan bea cukai.

Untuk memfasilitasi integrasi tersebut, pada 1995 empat anggota CIS membuat kesepakatan soal pendalaman integrasi pada bidang ekonomi serta kemanusiaan. Empat negara tersebut adalah Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan dan Rusia.

Di sisi lain, Belarus dan Rusia juga membuat perjanjian pembentukan Republik Persemakmuran dengan membentuk badan koordinasi yang sesuai. Koordinasi anggota CIS dilakukan lewat lembaga-lembaga kerja sama.

Lembaga tersebut meliputi Bank Antar-Negara, Pusat Anti-Teror, Dewan Antar-Negara Bagian untuk Metrologi dan Sertifikasi Standarisasi serta Komite Antar-Negara.

Ada juga Dewan Antar-Negara yang mengurus soal Situasi Darurat Karakter Alam dan Antropogenik. Dewan Antar-Negara soal Kebijakan Antimonopoli, Dewan koordinasi negara-negara anggota CIS tentang Informasi di bawah Persemakmuran Regional pada Bidang Komunikasi, serta Dewan Energi Listrik.

Cabang kerja sama lainnya yaitu Dewan Antar-Negara terkait Penggunaan Penerbangan dan Ruang Udara serta Dewan Kepala Layanan Kepabeanan Negara-Anggota Persemakmuran.

Lihat Juga: Sejarah Konflik Rusia vs Ukraina yang Kini Makin Memanas

Keuntungan Negara Anggota Persemakmuran Rusia

Ada beberapa keuntungan apabila menjadi anggota Persemakmuran Rusia, di antaranya akses kerja sama ke proyek-proyek di Rusia, Amerika Serikat, Inggris, Timur Tengah dan Asia Tenggara. Anggota juga mendapatkan respons cepat terkait konflik. Menurut keterangan di laman resmi, ahli CIS siap mengumpulkan dan menyediakan informasi selama 24 jam.

“Kami membangun pusat data dan laboratorium forensik yang aman di Rusia dan Eropa untuk memproses, menganalisis, dan menampung data pelanggan sesuai dengan undang-undang perlindungan data,” tulis pernyataan CIS.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top