Life

Burung Bidadari, Ciri, Asal, dan Fakta Menarik

Burung Bidadari, Ciri, Asal, dan Fakta Menarik

This post is also available in: English

Burung Bidadari, nama latinnya adalah Semioptera Wallacii. Burung ini adalah burung endemik asli indonesia, maluku utara, halmahera.

Klasifikasi ilmiah burung bidadari halmahera

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Paradisaeidae
Genus: Semioptera
Spesies: S. wallacii
Nama binomial: Semioptera wallacii

Burung Bidadari Halmahera memang sangat pantas di sebut dengan bidadari karna memang bentuk dan warna burung ini sangatlah indah, selain bentuk yang indah burung ini memiliki tarian indah.

Ciri ciri Burung Bidadari Halmahera

Burung Bidadari Halmahera jantan dan betina
Burung Bidadari Halmahera

Ciri ciri umum yang di miliki burung bidadari halmahera ialah dia berukuran sedang sekitar 28 cm dengan warna kehijauan zaitun.

Burung bidadari halmahera jantan memiliki warna hijau zamrud pada dadanya dan mahkota dengan warna ungu serta ungu pucat mengkilat.

Burung bidadari halmahera betina memiliki ekor yang lebih panjang dari pada jantan dan ukuran tubuh lebih kecil dari jantan serta memiliki warna coklat zaitun.

Ciri Ciri Khusus atau khas burung bidadari halmahera adalah burung ini memiliki dua pasanng bulu yang memanjang dari sayapnya, yang mana bulu ini bisa di tegak turunkan sesuai keinginan burung bidadari halmahera nya.

Fakta unik Burung Bidadari Halmahera

1. Burung Bidadari, ternyata burung bidadari halmahera semakin hari semakan langka dan telah di masukkan ke Redlist oleh IUCN.

2. Tak disangka penemu burung ini adalah Alfred Russel Wallace pada tahun 1858. 

3. burung bidadari halmahera memiliki nama lain dalam bahasa inggrisnya adalah Standardwing, Standard-wing Bird-of-paradise, atau Wallace’s Standardwing. Nama latinnya Semioptera Wallacii. Dan tidak kalah masyarakat lokal pun memberi namanya weak-wake.

4. Wow, burung bidadari halmahera adalah satu-satunya anggota genis Semioptera. dan menjadi jenis Cenderawasih.

5. Makanan burung bidadari halmahera atau weak weka seperti dengan kebanyakan burung lainnya yaitu buah buahan, antropada dan serangga.

6. Fakta menariknya ternyata burung burung bidadari halmahera jantannya bersifat Poligami.

7. Fakta unik dan menarik lainnya adalah kegenitannya. Kegenitannya adalah di  saat musim kawin. Burung betina akan menari untuk menarik perhatian si betina cara menari si jantan sangatlah memukau setiap mata karna warna bulu pada tubuh dan batang sayapnya akan dipamerkan. dan kemudian betina akan memilih dari salah satu pejantan ketika musim kawin tiba.

Di musim kawin inilah kita bisa melihat tarian dan suara burung bidadari halmahera akan membuat perhatian kita menuju padanya. inilah keunikan yang memukau mata dengan tariannnya dan memukau pendengaran dengan suaranya.

8. Persebaran burung bidadari ialah di daerah paling barat maliku utara dan bisa di temukan di pulau Halmahera dan Bacan.

9. Habitat burung bidadari halmahera di hutan Domato, hutan tanah putih, hutan lolobata, hutan labi-labi, gunung Gamkonora dan di area taman nasional Aketajawe serta di pulau bacan.

10. Saat ini populasi burung bidadari tidak di ketahui secara pasti. Tapi populasi burung burung bidadari halmahera telah menurun di bandingkan pada tahun 1980an.

Hal ini di karenakan banyaknya orang yang berburu burung bidadari halmahera karna keindahan bulunya dan di karenakan habitanya yang ada di hutan mengalami deforestasi.

To Top