Life

Cara Jitu Atasi Menunda-nunda Pekerjaan

Cara Jitu Atasi Menunda-nunda Pekerjaan

Siapa ini yang katanya ingin produktif, tetapi sering menunda-nunda pekerjaan? Di pikiran kita sering kali terasa mudah untuk menetapkan jadwal kerja. Ditambah lagi ketika kita telah mengetahui cara manajemen waktu dengan baik.  

Ilmu manajemen waktu itu rasanya ingin sekali kita terapkan dalam keseharian. Namun, jadwal yang dibuat terkesan tidak berguna ketika kita masih menunda-nunda pekerjaan. Benar begitu bukan? 

Begini, “mempertahankan akan jauh lebih sulit daripada memulai. Namun, bagaimana mau mempertahankan jika tidak segera memulai?” Ibaratnya mempertahankan itu merupakan arti lain daripada konsistensi. 

Nah kamu pasti mengetahui bagaimana pola orang sukses. Tidak pernah ada orang sukses yang tidak konsisten. Pasti semua orang sukses konsisten dalam berproses mencapai hasil yang mereka inginkan. 

Tantangannya, sebelum konsisten kamu harus segera memulai. Akan sangat disayangkan jika jadwal yang kamu tetapkan malah terbengkalai. Hal ini sebagian besar merupakan efek dari menunda-nunda pekerjaan. 

Nah inilah yang harus segera kamu atasi. Sebelum mengetahui cara jitu atasi menunda-nunda pekerjaan, simaklah analisis berikut ini. Yakinlah pasti kamu akan mengiyakan satu persatu. 

Faktor Utama Menunda-nunda Pekerjaan adalah Ingin Mencari Sesuatu yang Instan 

menunda-nunda pekerjaan

Sering kena deadline karena menunda-nunda pekerjaan? Mulai sekarang segeralah sepakat dengan jadwal harianmu. Menunda-nunda ini dipicu karena kamu ingin mencari sesuatu yang instan. Padahal segala yang instan akan berakibat kurang baik bukan? 

Tak dapat dimungkiri, seseorang terasa lebih bersemangat ketika deadline tiba. Karena terbiasa mendapatkan sesuatu yang instan, kita cenderung ingin semuanya selesai pada waktu yang tepat. Hal ini bisa dipicu karena kita terlalu menginginkan kesempurnaan dalam pekerjaan. 

Kita ingin bersenang-senang sebelumnya. Tanpa mau berusaha menjalani proses, kita malah menginginkan hasil yang baik. Kebiasaan ini seperti sudah melekat dalam hidup orang Indonesia bukan? 

Kalau Mau Mengerjakan Suatu Pekerjaan, Sering Kali Kita Berpikir Seperti Ini.. 

Kita tidak mau mulai membaca buku karena membaca membutuhkan waktu yang lama 

Kita sudah tahu bahwa buku merupakan jendela ilmu. Selain itu, kita pun tahu kalau membaca membuat kita dapat menjelajahi dunia. Adapun kita tahu juga bahwa manfaat membaca sangat besar, termasuk memiliki pengalaman beratus-ratus tahun.  

Namun alasan untuk membaca seakan lebih besar daripada manfaat yang akan kamu dapatkan. Padahal ketika kamu memutuskan untuk duduk dan membaca, lima menit saja, kamu akan merasakan dampaknya. 

Mau merapihkan kamar tetapi tidak jadi karena butuh effort besar dan waktunya lama 

Kamar yang berantakan bukan hal asing lagi bagi kita. Banyak para remaja yang sangat jarang membersihkan kamar mereka. Entah karena sibuk atau malas, si remaja tersebut sering menunda-nunda pekerjaan penting ini. 

Biasanya kamu akan berpikir bahwa membersihkan kamar butuh waktu lama dan effor yang besar. Anggapan waktumu panjang dan terasa melelahkan di pikiran. Padahal berawal dari pikiran yang enggan inilah tubuhmu tidak mau bekerja. 

Olahraga itu penting, tetapi melelahkan 

Satu lagi, kita pasti mengetahui bahwa olahraga itu penting dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Namun, mengapa masih sangat sedikit orang yang tidak mementingkan waktu untuk berolahraga?  

Bisa jadi hal ini karena mereka terlalu malas. Kadang kala di pikiran kita, olahraga merupakan aktivitas yang melelahkan. Jika diminta memilih, tentu kita cenderung memilih tidak berolahraga agar tidak kelelahan setelahnya. 

Mengerjakan tugas sekarang lebih baik, tetapi melewatkan drama korea menjadi tidak mungkin 

Hayo siapa lagi yang gemar nonton drakor alias drama korea? Jika kamu merupakan salah satunya, awas jangan sampai mengganggu aktivitas harianmu. Ternyata kembali ke dunia nyata sangat sulit ketika kamu telah kecanduan drama korea. 

Oleh karena itu, jangan pernah terlena ya. Meskipun subjudul tersebut sepakat dengan dirimu, semestinya kamu mampu mengatur waktu dengan benar. Sesuai skala prioritas, pilihlah bidang yang lebih penting terlebih dahulu. 

Untuk Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda Pekerjaan, Cobalah Mengubah Mindset Menjadi Seperti Ini 

Baca buku 5 menit sehari merupakan hal ringan dan gampang dilakukan 

Cobalah tips 5 menit sehari untuk membaca buku. Pertama baca buku apapun yang kamu suka dan kamu minati. Survei buku apa saja yang membuatmu bertahan karena tertarik dengan topik buku tersebut. 

Dalam lima menit setiap harinya, kamu akan terbiasa membaca buku. Cukup lima menit fokuslah selama waktu membaca tersebut. Nikmati waktumu dalam membaca dan pastikan kamu enjoy. 

Membereskan kamar, 5 menit pertama rapikan bantal, guling, dan tempat tidur 

Lima menit cukup untuk merapikan kamar tidur tahap awal. Cukup lima menit, rapikanlah tempat tidur mulai dari menggeser bantal dan guling. Selanjutnya rapikan seprai sampai terlihat lurus seperti semula. 

Langkah kecil ini jika dibiasakan akan berakibat besar. Cukup satu langkah dalam lima menit, perubahan secara berkelanjutan akan kamu dapatkan. 

Berolahraga dengan nyaman hanya butuh 5 menit untuk jogging 

Jangan berpikir bahwa olahraga itu berat. Cuku lakukan olahraga selama lima menit sehari mulai dari olahraga ringan yang tidak perlu memakan banyak energi dan gerakan organ tubuh lain. 

Contoh olahraga ringan tersebut adalah jogging. Kamu bisa mulai membiasakan jogging selama lima menit pada pagi atau sore hari. 

Drama korea 5 menit cukup untuk mengerjakan tugas 45 menit 

Jika belum bisa menahan, kamu bisa melakukan teknik lima menit juga pada bagian ini. Lihatlah cuplikan drama korea yang akan tayang. Tonton selama lima menit kemudian hentikan. Jangan sampai berlarut, ingat kamu harus konsekuen. 

Selanjutnya waktunya mengerjakan tugas dengan teknik podomoro, misalnya selama 45 menit. Jika sudah selesai, berilah reward kepada dirimu dengan melanjutkan menonton drama korea. Nah sepakat kan? 

Trik 5 Menit untuk Atasi Menunda-nunda Pekerjaan 

Untuk menghilangkan kebiasaan kurang baik ini memang butuh waktu. Mulailah dari memiliki mindset yang kuat. Dengan mengubah kebiasaan dari yang terkecil, kamu akan terbiasa dengan hal-hal yang lebih besar. 

Tidak ada yang instan, trik ini hanya meminta lima menit dari waktumu saja. Setelahnya kamu bebas memberikan reward atas keberhasilanmu tersebut. Sepakat? 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top