Life

Cara Memilih Asuransi Mobil, Total Loss Only atau Comprehensive?

Asuransi mobil sejatinya dapat menjadi penunjang penting bagi kelangsungan operasional kendaraan. Kelak, dengan asuransi mobil, Anda dapat meminimalkan kerugian yang ditanggung diri sendiri jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Manfaat asuransi mobil secara umum berguna untuk meminimalkan kerugian yang ditanggung Anda jika terjadi musibah atau kecelakaan. Contohnya seperti kerugian akibat kecelakaan yang menyebabkan kerusakan ringan atau berat, mobil hilang akibat dicuri, bencana alam dan masih banyak lagi.

Saat ini begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai variasi produk dengan beragam fasilitas. Begitu banyaknya pilihan, menuntut Anda untuk lebih jeli dalam membandingkan asuransi mobil manakah yang paling cocok dan sesuai kebutuhan Anda.

Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan asuransi mobil. Selain itu, berbagai perusahaan asuransi dewasa ini juga sudah memikirkan efek dari perkembangan kepemilikan mobil yang semakin banyak, lengkap beserta berbagai kemungkinan risiko yang bisa terjadi.

Beraneka masalah seperti kendaraan yang bisa saja mogok, kecelakaan, dan risiko lainnya sudah dipikirkan oleh perusahaan asuransi, sehingga solusi terbaik dari setiap produk yang ditawarkan pun tersedia khusus bagi Anda. Secara umum, terdapat dua jenis produk asuransi mobil. Kategori tersebut adalah asuransi mobil Total Lost Only (TLO) dan all risk. Apa saja yang membedakan kedua jenis asuransi tersebut?

Asuransi Total Loss Only

Asuransi TLO cocok bagi Anda yang ingin memiliki asuransi mobil namun dengan dana yang terbatas. Jika demikian kondisi Anda, kabar baiknya asuransi yang satu ini dapat dijadikan solusi. Dapat dipastikan, premi yang ditawarkan untuk produk ini sudah tentu lebih ringan bila dibandingkan dengan yang lain.

Sementara itu, pada dasarnya nilai premi yang harus Anda bayar akan dihitung dari persentase harga mobil yang Anda miliki. Misalnya, satu persen dari harga mobil. Kendati demikian, setiap perusahaan asuransi yang memiliki produk TLO ini memberikan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, Anda bisa langsung menanyakan kepada perusahaan asuransi yang menyediakan produk ini agar lebih jelas lagi. Jangan menanyakan hanya pada satu perusahaan saja, tanyakan juga hal yang sama pada beberapa perusahaan sebagai perbandingan demi mendapatkan yang terbaik. Pastikan memilih harga premi yang jauh lebih murah dengan manfaat yang optimal. Kalau tidak mau repot serahkan pada yang ahli.

Asuransi Comprehensive

Produk asuransi mobil Comprehensive ini dulu disebut sebagai asuransi all risks. Rata-rata, biaya premi untuk asuransi komprehensif relatif jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan asuransi mobil TLO. Meski begitu, ada keuntungan yang jauh lebih banyak yang bisa didapatkan bila dibandingkan dengan asuransi TLO. Sehingga di balik harga yang mahal, benefit yang kelak Anda dapatkan pun akan sepadan.

cara memilih asuransi mobilApa saja benefit tersebut? Salah satunya yakni mendapatkan proteksi yang lebih lengkap, entah itu kerusakan ringan, kehilangan, ataupun jaminan perluasan. Misal, jika wilayah tempat tinggal Anda terkena bencana banjir, otomatis mobil Anda terendam air dan mengalami rusak yang cukup parah.

Tentunya perusahaan asuransi akan memberikan proteksi dan membiayai perbaikan mobil Anda hingga benar-benar prima seperti semula. Tapi ada juga pengecualian lain yang berlaku sehingga bisa saja klaim Anda ditolak oleh perusahaan asuransi. Merujuk hal tersebut, ada baiknya Anda cari tahu dulu secara rinci dan jelas terkait syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi jenis ini.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top