Life

Cara Memilih dan Ciri Kucing Bengal

Kucing Bengal

Hasil persilangan antara kucing asian leopard dengan kucing american shorthair dikenal juga dengan nama kucing blacan (kucing hutan). Asal kucing ini dari California, Amerika. Walaupun masih termasuk kucing hutan, ras bengal banyak dijadikan hewan kesayangan dan sangat digemari.

Kucing Bengal memiliki tubuh dengan ukuran yang panjang dan otot-otot tubuh yang kuat. Tulang-tulang yang dimilikinya tebal dan besar, dengan bulu yang rapat, tebal dan halus. Bulu kucing ini membutuhkan perawatan khusus, yakni dengan menggosoknya memakai sikat halus. Karena populasi kucing ini belum begitu banyak, harganya masih tergolng tinggi. Untuk kucing yang baru dewasa dihargai lebih dari Rp 5 juta, sedangkan harga jual bengal yang sudah jadi mencapai Rp 10 juta-Rp 40 juta.

Kucing yang lahir pertama kali di California ini pertama kali disilangkan oleh seorang ahli genetika dr. Centerwall yang ingin memiliki kucing domestik dari jenis baru yang memiliki pola spotted wild cat. Nama bengal ini diambil dari bahasa latin leopard cat yaitu felinebengalenis dan sering disebut sebagai Bengal tiger cat.

Kucing bengal bisa dikatakan kucing yang cerdas dan aktif, berbeda dengan jenis lain, kucing ini sangat menyukai air. Bengal cat tidak keberatan bila seluruh tubuhnya terkena air, mereka juga menyukai mandi berendam bersama pemiliknya.

Ciri ciri kucing bengal

Bentuk tubuh yang gagah dan besar merupakan cirinya. Bentuk tubuh ini diturunkan dari kucing liar leluhurnya. Bengal betina dewasa mempunyai berat badan sekitar 4-5 kg, dan untuk jantan bisa mencapai 10 kg. Berat badan yang ideal dan mempunyai ekor yang panjang, badan yang atletis serta sangat panjang bila dibandingkan dengan jenis kucing lain.

Bagian kepala

Kucing bengal memiliki bentuk kepala yang agak panjang dan besar, namun akan terlihat kecil bila dibandingkan dengan ukuran badannya. Bengal juga mempunyai leher yang besar serta berotot yang seimbang dengan ukuran kepala. Hidungnya lebar besar, dan pada kulit hidung berwarna merah dengan garis luar hitam. Telinga kucing ini berbentuk runcing ke atas. Mata kucing bengal ini lebar serta bulat dan berwarna hijau atau amber.

Warna bulu

Bengal bisa dibedakan dengan kucing ras lain melalui corak warna yang ada ditubuhnya yang khas, corak ini didominasi dengan warna cokelat dan hitam. Pola warna bulu kucing ini ini sangat khas, yakni berwarna cinnamon atau coklat dengan bintik kehitam-hitaman yang menyebar pada seluruh bagian tubuh. Ada juga garis horizontal berwarna hitam pada bagian pundak, dan lingkaran berbentuk cincin pada ekornya yang panjang dengan ujung berwarna gelap.

Tips Cara Memilih Kucing Bengal

Tips Cara Memilih Kucing Bengal

Kucing bengal memiliki ragam bermacam-macam, mulai dari corak, warna, postur, hingga karakter. Bagaimana cara memilihnya yang menjadi impian para cat lover untuk di adopsi sebagai bagian anggota dari keluarga, berikut tips singkat cara memilih kucing bengal saat kita mengadopsinya baik di petshop maupun breeder:

Corak Kucing Bengal

Kenali corak yang akan kita adopsi, corak lah yang pertama kali akan terlihat oleh kita saat memilih kucing bengal. Pilihlah yang memiliki bulu lepek dan mengkilap, juga tidak terlalu tebal dan mengembang. Pilih bulu dengan warna yang kontras dan tegas, tentukan warna yang disukai seperti gold, brown, silver, melanistik, atau black.

Postur Bengal

Memilih bentuk postur tubuh juga harus dijadikan patokan kita dalam memilih bengal. Pilihlah bengal dengan bentuk tengkorak kepala bulat, rahang lebar, mata lebar dan menonjol, kuping pendek dan bulat, badan memanjang (dari ketiak hingga selangkangan), ekor panjang, kaki kecil dan ramping.

Karakter Bengal

Yang terakhir namun menjadi yang paling penting adalah karakter dari kucing itu sendiri. Seperti kita ketahui, pada dasarnya bengal berasal dari kucing hutan yang mempunyai karakter yang spontan, saat merasa takut mereka akan lari dan ketika terdesak akan melawan dengan naluri liarnya. Karena itu persilangan dengan kucing domestik sebelum melahirkan bengal menjadi bahan pertimbangan, dimana karakter kucing domestik cenderung lebih setia, jinak serta telah beradaptasi lama dengan manusia. Beberapa kucing bengal sangat takut juga sedikit galak untuk dipegang, sebaiknya dihindari.

Siapkan juga mental kita sebab memeliharanya tidak seperti memelihara kucing dimestic, sebab bengal cat akan lebih cenderung lincah dan hyper aktif. Bisa jadi banyak barang-barang dirumah yang jatuh dan pecah. Semoga beberapa tips cara memilih kucing bengal dapat membantu saat ingin mengadopsi kucing ini.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Supaya Gemuk dan Bulu Terawat

Tips terbaik adalah menyayangi dan mencintai semua jenis kucing, tidak ada kucing yang buruk semua dan juga sempurna seluruhnya. Yang terpenting bagaimana kita dapat memberi perhatian terbaik bagi kucing kita. Karena pecinta kucing sejati adalah yang mau berdamai dengan kekurangan yang dimiliki oleh kucingnya.

To Top