Life

Cara Memilih Pasangan Hidup dan Bagaimana Memutuskannya

Cara Memilih Pasangan Hidup dan Bagaimana Memutuskannya

Usia menginjak dewasa adalah waktu ketika orang mulai berada dalam masa pencarian pasangan hidup. Hampir semua orang tidak ada kesamaan mengenai tipe karakter calon pasangan hidup seseorang. Menikah bukanlah sebuah hal yang bisa dianggap remeh dalam memilih orang yang bisa diajak hidup bersama karena membutuhkan banyak pertimbangan dan pengorbanan di dalamnya.

Menikah yang baik hanya dilakukan sekali sepanjang hidup, maka berusahalah jangan sampai salah memilih pasangan hidup karena akan berdampak pada kualitas hidup di masa yang akan datang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pasangan hidup dan bisa menjadi bahan pertimbangan supaya benar-benar tepat pada saat memilihnya.

Memilih karakter yang tepat

Manusia pada umunya memiliki banyak karater yang berbeda, Anda harus benar-benar pintar memilih karakter seperti apa yang sesuai dengan karakter Anda. Jangan terlalu cepat dalam mengambil keputusan karena pertemuan pertama dan kesan pertama belum menentukan bahwa dia adalah karakter yang tepat bagi Anda.

Memilih fisik sesuai selera

Fisik adalah penentuan pertama di mana Anda nantinya memiliki kepuasan tersendiri di saat hubungan rumah tangga sudah berjalan, serta dapat berpengaruh pada keharmonisan dikesehariannya.

Pekerjaan yang mapan

Untuk hal ini ditujukan kepada para wanita supaya memilih pasangan hidup yang sudah memiliki pekerjaan tetap dan diperkirakan dapat dipegang dalam jangka panjang. Permasalahan ekonomi rumah tangga bisa menjadi masalah serius jika tidak dipersiapkan secara matang. Hindari sikap materialistis karena roda kehidupan akan selalu berputar, hal ini mempercepat Anda mendapatkan jodoh dan menjadikan Anda pribadi yang baik.

Latar belakang keagamaan

Keutamaan dalam pernikahan adalah kesamaan kepercayaan. Hal sangat ditekankan karena selain sudah ada undang-undangnya juga sangat mempengaruhi jalannya rumah tangga. Lebih baik lagi jika pasangan yang Anda pilih adalah orang yang tekun beribadah maka akan lebih bisa membuat nyaman situasi dalam berumah tangga karena dekat dengan Tuhan. Orang yang dekat dengan Tuhan akan jauh dari sikap negatif dalam menjalani kehidupannya.

Hindari nafsu dalam memilih pasangan

Hindari nafsu untuk dapat lebih optimal dalam proses pemilihan pasangan, karena jika sampai nafsu melanda perjalanan pencarian cinta Anda, maka penyesalan yang akan Anda dapatkan. Perlu diketahui bahwa nafsu akan menutup segala pemikiran positif dan pemikiran jangka panjang Anda.

Mempunyai sifat baik

Upayakan calon yang Anda pilih mempunyai sifat yang baik antara lain mempunyai kebiasaan jujur dalam tutur kata dan perbuatan, berperilaku baik, murah hati, tidak sombong, dan sopan. Dengan memiliki kebiasaan baik seperti ini juga akan berdampak positif terhadap anak yang akan dimiliki karena tidak khawatir akan mendapat keturunan dengan perilaku yang buruk.

Memilih orang yang pandai atau pintar

Orang pandai belum tentu yang berpendidikan tinggi ataupun selalu orang kota, karena yang perlu didapat adalah pandai dalam membuat suasana tenang, nyaman, pandai memasak, pandai bercanda, dan pandai mengambil hati. Pintar dalam arti pintar mengolah keuangan, pintar dalam memberikan solusi, dan pintar dalam bertukar pikiran.

Memiliki sifat dewasa

Kedewasaan dalam hal percintaan sangat dibutuhkan karena setiap pasangan belum tentu memiliki tingkat kedewasaan yang sama baik pihak laki-laki maupun perempuan. Perlu adanya keseimbangan dalam pernikahan dikarenakan setiap pasangan ada yang lembut ataupun keras, lemah ataupun tegas. Jadi dengan kedewasaan tidak akan membuat suasana semakin panas apabila sampai ada perselisihan dan juga suasana buruk akan cepat reda.

Sehat jasmani dan rohani

Setiap orang berharap kelak jodohnya bisa sempurna seperti yang mereka idam-idamkan. Pria berbadan kekar, bersih, sehat, dan enerjik merupakan kesan pertama untuk mendapat perhatian dari lawan jenisnya. Begitu juga untuk wanita yang sangat memperhatikan kebugaran tubuh akan menghasilkan cahaya yang indah dan mengundang ketertarikan pula. Untuk pokok yang diutamakan ialah baik pria maupun wanita hendaknya memiliki kerohanian yang baik dengan mengisi kehidupan yang positif dan tidak menyimpang dari agama mengenai setiap perilaku dalam kesehariannya. Dengan demikian, hubungan dalam masa penjajakan akan mempunyai kebiasaan baik yang akan dibawa sampai berjalannya hubungan rumah tangga.

Semoga artikel ini membangun motivasi dalam menilai diri sendiri dan dapat memilih pasangan hidup secara tepat dan sesuai harapan. Tentunya jangan terlalu menuntut harus sesuai keinginan karena jodoh itu bisa jadi ada di sekitar kita yang mungkin pernah kita anggap kurang sempurna. Cobalah untuk tidak terlalu perfeksionis dalam menentukan target kriteria calon pasangan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa cinta yang tulus dapat mengalahkan pikiran rasional, seperti apapun kekurangan pasangan tidak akan pernah mengurangi besar cintanya. Berserah dan memohon kepada Tuhan supaya didekatkan dengan jodoh Anda dan mendapatkan sesuai dengan karakter diri masing-masing.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top