Life

Cara Mengenali Seorang Pembohong Patologis

Phatological Lier long nose

Pernah bertemu dengan seseorang yang awalnya terdengar charming dan sangat hebat atau justru sebaliknya seseorang yang sepertinya memiliki jalan hidup super tragis seperti di sinetron yang mengidap penyakit mematikan tapi terlihat baik-baik saja? Awalnya Anda pasti merasa kagum atau bersimpati tapi lama kelamaan kok ceritanya makin tambah lebay dan kadang justru saling kontradiktif dengan pernyataan-pernyataan sebelumnya, tapi ketika Anda mengkonfirmasi cerita dia malam marah-marah tanpa sebab. Well, mungkin Anda baru saja bertemu dengan seorang Pathological Liar atau pembohon patologis. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengenali seorang pembohong patologis.

Apa itu Phatological Liar?

Semua orang pasti pernah berbohong dengan berbagai alasan tapi Phatological Liar berbeda dari kebohongan yang biasanya dilontarkan karena alasan menjaga perasaan yang dibohongi atau mengatakan kebohongan-kebohongan kecil yang tidak memiliki efek apapun. Seorang Phatological Liar mengatakan kebohongan kadang tanpa adanya alasan logis dibaliknya dan kebiasaan itu terus dilakukan berulang, tanpa perduli apakah kebohongan yang dikatakannya masuk akal atau tidak asalkan mereka mendapatkan pengakuan dari sekelilingnya atau kepuasan pribadi atas dirinya sendiri. Dengan kata lain, Phatological Liar merupakan suatu kondisi gangguan mental yang perlu untuk segera ditangani. Sebenarnya ada beberapa tipe pembohong patologis:

  • Mythomania adalah tipe pembohong patologis yang mengatakan kebohongan dengan tujuan agar dirinya mempercayai hal-hal yang dikatakannya sendiri. Lebih parahnya, pembohong tipe ini tidak tahu membedakan mana kenyataan dan mana yang merupakan khayalannya sendiri.
  • Compulsive lying atau pembohong kompulsif juga merupakan salah satu tipe pembohong patologis dimana si penderita dapat dengan mudah mengatakan kebohongan bahkan cenderung tidak dapat mengendalikan dirinya karena mereka merasa nyaman dan puas diri ketika mengatakan kebohongan-kebohongan itu.
  • Pseudologia fantastica adalah suatu kondisi dimana seseorang suka menceritakan kebohongan bahwa dia menderita penyakit-penyakit parah agar mendapatkan simpati dari orang-orang disekitarnya. Kadang kondisi sederhanapun dibuat agar terlihat parah.

Cara Mengenali Seorang Pembohong Patologis

Jika Anda bertemu dengan seorang Phatological Liar Anda akan melihat beberapa karakter atau sifat-sifat seperti berikut ini. Hal ini merupakan cara mengenali seorang pembohong patologis.

  • Seorang Phatological Liar cenderung suka membesar-besarkan sesuatu terutama yang berhubungan dengan dirinya.
  • Ketika sedang berbicara tentang kesuksesan atau keberhasilan seseorang, seorang Phatological Liar akan juga ikut membangga-banggakan dirinya.
  • Kadang yang dikatakannya kemarin berbeda dengan yang dikatakannya hari ini, dan mereka mengatakan itu tanpa adanya penyesalan atau menyadari bahwa kebohongannya sudah ketahuan.
  • Ketika dikonfirmasi tentang kebohongannya, bukannya menjelaskan malah marah-marah.
  • Kalaupun mereka berusaha menjelaskan, penjelasannya malah berputar-putar tidak jelas.
  • Suka tiba-tiba berbohong tanpa alasan padahal kalaupun mengatakan kebenaran juga tidak ada masalah apa-apa.
  • Tidak menyadari bahwa apa yang dikatakannya itu terdengar tidak masuk akal di telinga orang lain.

Perlu Anda pahami adalah biasanya seorang pembohong patologis biasanya tak memiliki teman akrab dan cenderung dijauhi oleh orang-orang dilingkungannya. Jika Anda memiliki teman yang merupakan seorang pembohong patologis, cobalah untuk menyakinkan dirinya untuk menemui seorang professional yang dapat membantunya mengatasi kondisinya. Tapi perlu Anda ketahui juga sudah sifat dasar seorang pembohong patologis untuk menyangkal semua kondisinya jadi ini bukanlah perkara yang mudah. Jika dia adalah seseorang yang hanya Anda kenal sepintas lalu dan menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan dirinya, beberapa poin cara mengenali seorang pembohong patologis di atas dapat membantu Anda membuat keputusan, jika dia memang seorang pembohong patologis sebaiknya segera jauhi karena seorang pembohong patologis tak hanya membawa masalah pada dirinya sendiri tapi dia juga bisa berbohong tentang diri Anda dan merugikan banyak orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top