Life

Cara Menghilangkan Noda Darah Menstruasi Kering Maupun Baru

Cara Menghilangkan Noda Darah Menstruasi Kering Maupun Baru

Noda darah menstruasi yang melekat pada pakaian atau celana dalam memang merepotkan, Ladies. Apalagi jika nodanya sudah mengering.

Untuk noda di celana dalam, meski nodanya ‘tersembunyi’ tapi rasanya tak rela bila celana dalam kita yang motifnya cantik dan unyu-unyu menjadi tidak bersih lagi.

Mengucek terlalu keras, selain bisa merusak bahan dan warna celana dalam, juga berpotensi membuat tanganmu kasar.

Daripada mengerahkan sekuat tenaga hanya untuk mengucek, sebaiknya ikuti tips-tips mudah di bawah, cara menghilangkan noda darah menstruasi baik noda yang sudah kering ataupun masih baru. Check it out!

cara menghilangkan noda darah kering di celana jeans

6 Cara Simple Menghilangkan Noda Darah :

1. Air Dingin

Cara menghilangkan noda darah yang baru menempel di serat pakaian selama 10-15 menit, cukup bilas dan rendam dengan air dingin. Biasanya kita mencampur air panas dengan detergen saat merendam pakaian bernoda. Padahal air panas malah bisa membuat noda darah semakin menyerap dan melebar ke bagian pakaian lainnya.

2. Pasta Garam

Terlambat menyadari adanya noda darah di pakaian? Sebelum noda semakin mengering, cobalah bilas dengan air dingin lebih dulu. Bersihkan noda pada air yang mengalir.

Bila noda membandel, tambahkan pasta garam pada bagian yang terkena noda. Pasta garam bisa dibuat dengan cara mencampur garam dengan sedikit air.

Oleskan pasta garam ke bagian yang bernoda, kucek kemudian bilas sekali lagi dengan air dingin. Setelah noda hilang, cuci pakaian atau celana dalam seperti saat mencuci biasa.

3. Sabun Batangan Atau Shampo

Noda darah yang masih baru, bisa dihilangkan dengan menggunakan sabun batangan atau shampo. Oleskan sabun batangan atau tuang shampo langsung pada noda yang sudah memudar dibilas dengan air dingin. Selagi mengucek bisa sedikit demi sedikit dibasuh dengan air agar noda darah mengalir dan hilang.

4. Pasta Gigi

Selain digunakan untuk menjaga kebersihan mulut, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda darah yang sudah kering. Caranya oles pasta gigi langsung pada bagian yang bernoda, diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air dingin. Cuci seperti biasa menggunakan detergen.

5. Pelunak Daging

Untuk membersihkan noda darah kering dari kain tebal seperti celana jeans, gunakan pelunak daging. Senyawa darah dan daging serupa, sama-sama dapat dihancurkan dengan produk yang mengandung enzim protease seperti pelunak daging.

Rendam lebih dulu bagian yang bernoda dengan air dingin di wadah kecil sehingga nanti saat menaburkan bubuk pelunak daging tidak perlu menaburkannya terlalu banyak. Diamkam seharian, cuci seperti biasa setelahnya.

Ingat, jangan gunakan pelunak daging untuk membersihkan noda darah di kain yang halus. Hanya untuk penggunaan kain berbahan tebal seperti jeans.

6. Air Liur

Air liur mengandung enzim yang bisa menghancurkan protein dalam darah. Maka air liur bisa digunakan untuk menghilangkan noda darah juga. Tapi, pastikan nodanya kecil atau tidak terlalu berat. Cukup ludahkan air liur ke bagian yang bernoda. Kucek, bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa.

Bahan lain seperti cuka, lemon dan baking soda juga bisa digunakan untuk melenyapkan noda darah dari pakaian.

Ingat untuk selalu menggunakan air dingin saat merendam atau membilas pakaian bernoda, karena air panas justru membuat protein dalam darah ‘matang’ hingga susah dihilangkan.

Hati-hati saat membersihkan noda darah milik penderita penyakit yang menular lewat darah seperti HIV/AIDS. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sebelum dan sesudah mencuci noda darah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top